5 Cara Buat Denah Rumah Simpel dan Mudah

cara buat denah rumah

Setiap orang pasti memiliki desain rumah impian yang sangat diidamkan. Tidak hanya desain rumah yang nyaman saja namun rumah juga harus memiliki konsep denah yang bagus. Beberapa orang mungkin ada yang memimpikan bentuk rumah sesuai dengan denah yang diinginkan.

Membuat denah rumah ini memang cukup penting dalam pembangunan rumah oleh karena itu Anda juga harus mengerti cara buat denah rumah yang benar dan terkonsep. Hal tersebut karena kebanyakan orang apalagi orang yang sangat awam dengan desain interior atau eksterior akan kesulitan dan tidak tahun membuat denah rumah yang benar.

Tips Cara Buat Denah Rumah yang Mudah untuk Pemula

Jika Anda menginginkan rumah dengan denah yang sesuai dengan keinginan Anda maka Anda perlu mengetahui cara membuat denah rumah.

–   Tentukan model rumah yang diinginkan

Ketika bikin denah rumah hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan model rumah yang diinginkan. Ketika membangun rumah, pasti Anda sudah merencanakan akan bagaimana rumah yang akan Anda tinggali. Maksud dari model rumah ini adalah rumah dengan lantai 1 kah atau lantai 2 dan sebagainya.

Hal tersebut karena rumah dengan lantai 1 dan bertingkat tentunya akan memiliki sketsa yang berbeda jika digambar dalam bentuk denah. Oleh karena hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan model rumah yang diinginkan. Jadi di denah rumah ini Anda akan menentukan apa saja yang ada di lantai bawah maupun lantai atas.

–   Menentukan banyak ruangan

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan cara membuat denah ruangan. Hal tersebut karena Anda harus menentukan banyaknya ruangan yang akan ada di rumah Anda. Alasannya karena hal ini berkaitan dengan konsep rumah yang akan Anda bangun.

Jumlah ruangan ini tentunya akan menyesuaikan jumlah penghuni rumah yang Anda miliki. Ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dapur atau ruangan lainnya perlu Anda perhatikan secara mendetail apalagi jika rumah Anda cukup luas dan membutuhkan ruangan yang jumlahnya banyak.

–   Mengukur setiap ruangan

Cara membuat denah bangunan juga harus memperhatikan ukuran dari masing-masing ruangan. Hal tersebut karena setiap ruangan yang ada di rumah pasti memiliki ukuran yang berbeda. Bagian ini juga akan berpengaruh pada proses pembangunan rumah dengan mengikuti skala yang tertera pada denah.

Baca Juga: 5 Inspirasi Plafon Kamar Mandi Sederhana

–   Melakukan zonasi ruangan

Setelah menentukan jumlah dan ukuran dari ruangan tersebut, pada denah ini Anda juga harus melakukan zonasi ruangan. Jadi di denah ini Anda dapat mengatur dimana letak masing-masing ruangan tergantung keinginan Anda sendiri sehingga denah ini juga nantinya sebagai gambaran rumah Anda akan seperti apa nantinya.

–   Menggabungkan ruangan pada denah

Cara yang terakhir adalah menggabungkan semua ruangan yang sudah ditentukan pada denah.

Itulah beberapa tips cara buat denah rumah yang bisa Anda gunakan untuk membuat denah yang sifatnya masih mendasar, Anda bisa bebas dalam menentukan konsep rumah.

Cara Buat Denah Rumah dengan Jasa Profesional

Bagi Anda yang masih kebingungan untuk menemukan arsitek atau desainer profesional di wilayah terdekat, Anda bisa menggunakan jasa di situs Suwun.co.id untuk mencarinya.

Anda juga bisa download aplikasi Suwun untuk kemudahan mencari arsitek yang cocok dan bisa melakukan konsultasi terhadap denah rumah yang telah Anda buat. Pada aplikasi dan website ini Anda akan menemukan berbagai referensi arsitek profesional dan terbaik!

Artikel yang Direkomendasikan