Teknik Fotografi yang Perlu Dipelajari bagi Pemula

jasa-fotografi

Teknik fotografi untuk pemula menjadi salah satu topik cukup dicari oleh sebagian orang yang baru memulai di dunia foto. Belajar foto secara baik tentu saja akan membuat seseorang menjadi lebih paham di dunia tersebut.

Sebenarnya, memotret bisa dilakukan oleh semua orang, baik menggunakan kamera DSLR, Mirrorles, Kamera Handphone maupun jenis kamera lainnya. Namun, tidak kalah penting adalah Anda dapat mempelajari komposisi dalam sebuah foto.

Untuk fotografi pemula, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum Anda memotret, terutama masalah eksposure atau banyak sedikitnya cahaya yang diterima oleh sensor kamera.

Sehingga, dengan cahaya yang sesuai akan menghasilkan foto yang baik dan tentunya sesuai dengan harapan.

Selain eksposure, memahami segitiga eksposure yang terdiri dari shutter speed, ISO dan aperture juga tidak kalah penting bagi pemula. Bahkan, belajar ini wajib bagi yang baru memulai belajar memotret.

Teknik Fotografi Untuk Pemula

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum memotret objek. Dengan memahami kondisi objek dengan baik akan berpengaruh terhadap hasil foto yang diambil, termasuk dengan memahami dari mana cahaya itu datang.

Baca Juga: Tips Fotografi dengan Kamera HP

Beberapa tips sederhana di bawah ini bisa Anda lakukan ketika Anda baru memulai motret dengan berbagai alat yang Anda miliki. Jadi, teknik pemotretan sangat penting dalam bidang seni mengukir cahaya ini.

1. Gambar yang Tajam

Dalam hal ini, Anda setiap memotret diusahakan pengambilannya objeknya benar-benar tajam. Sebab, itu berpengaruh terhadap hasil, apakah foto itu bagus atau tidak.

Sehingga, saat Anda memotret diusahakan dalam keadaan steady atau stabil, tidak goyang atau pun objeknya blur. Agar tidak bergetar tangannya saat memotret, biasakan menggunakan 2 tangan atau memanfaatkan tripod.

teknik fotografi

Dalam masalah ini, Anda juga bisa menyesuaikan shutter speed atau pun ISO agar foto yang diambil benar-benar tajam.

2. Memperhatikan Garis Horizon

Setiap objek yang akan diambil, biasanya akan ada garis horizon yang tercipta secara alami. Keberadaan garis ini sangat mempengaruhi hasil foto kita. Maka dari itu, pemula harus benar-benar peka terhadap garis horizon yang ada pada objek.

teknik fotografi dengan mudah

Saat hasil foto Anda tidak benar-benar lurus sesuai garis horizon, kemudian bisa dilakukan pengeditan di berbagai aplikasi editing foto, baik di handphone maupun di PC atau laptop.  

Ketika Anda memotret menggunakan tripod, jadi sudah tidak alasan lagi bila hasil fotonya tidak lurus dengan garis imajiner tersebut. Apalagi di kamera biasanya sudah tersedia fiturnya agar foto tetap lurus, seperti fitur grid.

3. Memperhatikan White Balance (WB)

Belajar fotografi untuk pemula selanjutnya adalah dengan memahami WB. Diketahui, WB adalah metering yang diciptakan oleh kamera berdasarkan pencahayaan yang ada di sekitarnya.

Mengatur Custom White Balance Di Kamera Kamu Itu Sangat Mudah ...

Artinya, pencahayaan dalam hal ini bisa diukur oleh kamera sesuai dengan pencahayaan yang ada di lokasi pemotretan. Meski pilihan di kamera yang Anda gunakan bermacam-macam, lebih baiknya Anda menggunakan Auto saja atau AWB.

4. Komposisi dan Cropping

Saat belajar fotografi untuk pemula, memperhatikan komposisi dan cropping (pemotongan) yang benar akan menghasilkan kesan tersendiri.

Misalnya, ketika Anda memotret objek teman bisa diposisikan di pinggir kanan atau kiri daripada di tengah agar terlihat lebih enak, karena akan ada space (ruang) yang menambah enak ketika dipandang.

2. Komposisi Fotografi (Part - 1) — Cerita Wira

Termasuk saat melakukan pemotongan dari sebuah foto dengan harapan hasilnya menjadi lebih baik, maka pemotongannya pun harus benar dan tepat agar gambarnya bagus.

5. Memperhatikan Eksposure Sebelum Memotret

Sebagaimana disebutkan di awal tulisan, Anda bisa mengatur eksposure sesuai dengan keinginan dengan mode manual. Namun bagi Anda yang tidak mau kehilangan momen karena proses pengaturannya memakan waktu, Anda bisa memilih mode Apperture Priority (AP).

Hal lain yang bisa menjadi patokan bagi Anda yang sedang belajar fotografi untuk pemula,adalah dengan melihat metering pada layar. Usahakan tandanya berada di tengah atau di sekitarnya. Selanjutnya, terus melakukan eksplorasi dengan berbagai komposisi adalah kunci sukses belajar fotografi.

Yuk, cari jasa fotografi wedding dan pre-wedding di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan