Tips Pasang CCTV yang Harus Dipertimbangkan

jasa-pasang-cctv

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan CCTV yang akan digunakan. Kamu tidak bisa sembarang memilih CCTV tanpa pertimbangan apapun. Berikut beberapa tips pasang CCTV.

1. Perhatikan ruang lingkup yang wajib diawasi

Saat memilih CCTV, tentu saja kamu ingin seluruh area rumah terpantau oleh kamera. Untuk itu, kamu bisa memilih produk CCTV yang dijual secara paket di mana tersedia beberapa kamera sekaligus. Dengan memasang kamera di berbagai titik, maka pengawasan akan dilakukan lebih detail.

Penting untuk diperhatikan, bahwa sebaiknya kamu memilih untuk meletakkan CCTV yang sulit dijangkau dan tersembunyi tetapi bisa menjangkau seluruh wilayah. Dengan begitu kamera CCTV tidak akan dirusak.

2. Menentukan Lokasi Peletakkan Kamera

Selanjutnya, pilih kamera CCTV sesuai dengan tempat kamera tersebut akan dipasang. Kamera CCTV luar ruangan atau outdoor memiliki spesifikasi khusus yang berbeda bila dibandingkan dengan kamera CCTV untuk di dalam ruangan atau indoor.

Kamera CCTV outdoor dapat mengatur eksposur dari cahaya matahari sehingga gambar yang diambil tetap jelas. Selain itu, juga memiliki jumlah LED infra merah yang lebih banyak daripada CCTV indoor. Fungsi LED infra merah adalah agar gambar tetap jernih dan jelas pada waktu malam hari.

Kamera CCTV outdoor bersifat weatherproof serta dilengkapi dengan pelindung berbentuk topi untuk menahan sinar matahari atau air hujan. Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli housing khusus untuk CCTV.

Penjuru Kota Pekanbaru Bakal Dipasangi 1.000 CCTV

Jika kamu ingin membeli CCTV untuk dalam ruangan, kamu harus menyesuaikan bentuk CCTV dengan lokasi dipasangnya CCTV tersebut. Kamera CCTV yang dipasang pada plafon, tembok, dinding, atau tempat tersembunyi memiliki bentuk kamera yang berbeda.

Kamera CCTV indoor ada yang dilengkapi infrared dan ada yang tidak. Jika ruangan yang ingin dipantau lumayan terang, kamu cukup memilih kamera non-infrared saja. Namun, sebagian besar kamera CCTV saat ini sudah dilengkapi teknologi ICR (IR CUT Filter) yang dapat merubah gambar gelap menjadi lebih terang.

Baca Juga: Cara Memilih Kamera CCTV

3. Menyesuaikan fungsi kamera dengan tujuan dan lokasinya

Fungsi dari CCTV ada bermacam-macam, tergantung dari tempat kamu memasangnya. Untuk CCTV yang dipasang di rumah, kamu harus memperhatikan ada tidaknya fungsi perekaman, fungsi backlight, maupun fungsi jarak jauh. Selain itu, perhatikan juga jumlah piksel dan warna yang dihasilkan.

4. Pilih kamera dengan spesifikasi yang sesuai

Pastikan kamera CCTV yang kamu pilih memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Spesifikasi tersebut seperti resolusi gambar, daya tahan, kekuatan kamera, dan aksesoris yang melengkapi kamera CCTV tersebut.

Macam-Macam Jenis Camera CCTV | NUSA KOMPUTER

Spesifikasi kamera CCTV menentukan hasil rekaman nantinya. Dengan memilih kamera CCTV yang sesuai, kamu akan merasa puas dan tidak merasa dirugikan.

5. Konektivitas dan Power Source

Beberapa kamera CCTV beroperasi menggunakan jaringan Wi-Fi rumah atau kantor. Oleh karena itu, jika kamu ingin menggunakan CCTV tersebut, kamu harus memperhatikan lokasi kamera dengan router atau wireless access point agar kamera bisa berfungsi dengan baik.

Mencegah Tindakan Kriminal dengan Pemasangan CCTV

Pemasangan CCTV di area-area kritis seperti perumahan, kantor, atau bisnis dapat secara signifikan mengurangi risiko tindakan kriminal. Kemampuannya untuk merekam aktivitas secara terus-menerus memberikan bukti yang berharga dalam menyelidiki kejahatan yang terjadi. Ini tidak hanya memberikan keamanan fisik tetapi juga memberikan rasa aman psikologis kepada penghuni atau pekerja.

CCTV dan Pengawasan 24/7

Salah satu keunggulan utama CCTV adalah kemampuannya untuk melakukan pengawasan secara terus-menerus selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan kamera yang terpasang strategis, pemilik atau pengelola dapat memantau kegiatan dengan mudah dari jarak jauh. Ini membantu dalam mendeteksi potensi ancaman atau kegiatan yang mencurigakan secara real-time.

Meningkatkan Pengawasan di Tempat Publik

Di tempat-tempat umum seperti stasiun, mal, atau kawasan wisata, pemasangan CCTV menjadi langkah penting untuk meningkatkan pengawasan. Hal ini tidak hanya memberikan perlindungan bagi pengunjung tetapi juga memfasilitasi tanggapan cepat terhadap situasi darurat.

Menerapkan CCTV untuk Bisnis yang Aman

Bagi pemilik bisnis, penggunaan CCTV bukan hanya tentang keamanan tetapi juga tentang meningkatkan efisiensi operasional. Dengan memantau proses bisnis, manajemen dapat mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan atau peningkatan.

Hal tersebut berarti bahwa jika ada gangguan terhadap konektivitas Wi-Fi, misalnya karena pemadaman listrik, maka kamera CCTV akan tidak berfungsi.

Cari jasa pasang CCTV terdekat? Di Suwun aja!

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april