6 Cara Merawat Mobil Berkala yang Harus Dilakukan

perawatan-mobil-berkala

Merawat mobil merupakan hal yang paling utama ketika Anda memiliki mobil impian. Selain untuk memperpanjang masa guna mobil, merawat mobil juga diperlukan untuk memastikan agar harga jual mobil tetap bernilai tinggi dan selalu nyaman ketika dikendarai. Berikut perawatan mobil berkala yang harus Anda lakukan, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel.

Cara Merawat Mobil Berkala

1. Periksa Semua Lampu Mobil

Tentu saja semua lampu mobil adalah bagian yang harus di cek secara rutin. Baik dari headlamp, lampu sen serta lampu bagian belakang.

Memang terkadang banyak orang meremehkan hal ini, tetapi lampu yang rusak dapat mengakibatkan kesalahpahaman antar pengemudi mobil dijalanan sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Periksalah dengan rutin lampu mobil ini untuk menjaga kualitas kenyamanan Anda saat berkendara di jalanan, termasuk berkendara di malam hari.

2. Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin merupakan bagian terpenting dari sebuah mobil yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antarkomponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin.

Namun, oli mesin yang bekerja keras secara terus menerus akan mengalami penurunan daya pakainya, sehingga mengharuskan untuk diganti dengan yang baru. Lakukan penggantian oli mesin setiap 5.000 km sekali untuk merawat mobil Anda agar performa mesin tetap optimal.

3.  Pastikan Cairan Pada Mobil Selalu Tercukupi

Mobil mengandung beberapa jenis cairan yang harus diperhatikan, mulai dari air pada radiator atau coolant yang berfungsi sebagai pendingin mesin, power steering yang berfungsi sebagai pelumas, dan cairan pada rem yang berfungsi sebagai sistem hidrolik saat proses pengereman.

Luangkan waktu Anda ketika merawat mobil untuk memeriksa cairan-cairan tersebut, terutama air radiator atau coolant yang sering berkurang pada ruang radiator. Dan pastikan bahwa mobil Anda selalu menggunakan coolant yang direkomendasikan, karena memilki kandungan yang dapat menjaga suhu ruang bakar.

4. Bersihkan Mobil untuk Menghindari Karat

Masih banyak pengendara mobil yang kurang peduli terhadap kebersihan ketika berkendara. Padahal sebenarnya mencuci mobil merupakan salah satu hal yang mudah dalam merawat mobil agar tetap awet.

Cucilah mobil minimal seminggu sekali setelah bepergian, apalagi dengan mobilitas yang tinggi kendaraan kerap melewati jalanan yang banjir dan juga kotor. Cucilah hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil untuk menghindari terjadinya karat pada beberapa komponen mobil.

5. Perhatikan Kondisi Aki

Salah satu tips perawatan mobil berkala adalah dengan rutin mengganti aki. Sumber kelistrikan mobil, aki merupakan komponen yang vital. Bila terjadi kerusakan atau penurunan daya, akan menyebabkan kendaraan tidak bisa beroperasi secara normal.

Lakukanlah pengecekan dengan memastikan air aki selalu berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Selain itu, pengecekan juga bisa Anda lakukan dengan melihat tegangan aki menggunakan voltmeter, namun bila Anda tidak yakin untuk melakukan pengecekan sendiri, sebaiknya selalu lakukan pengecekan minimal satu bulan sekali ke bengkel terdekat.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Secara Berkala

6. Servis Rutin atau Tune Up

Ketika mobil dirasa sudah sering digunakan, saatnya Anda merawat mobil dengan membawanya ke mekanik andalan untuk melakukan peremajaan agar kondisinya tetap bugar.

Lakukan servis rutin atau tune up setiap 10.000 km sekali (sesuai buku manual merek mobil Anda) di bengkel yang sudah teruji kualitasnya dan terpercaya. Bila terdapat masalah pada mobil Anda, jangan ragu konsultasikan kepada mekanik untuk mendapatkan perawatan ekstra agar kondisi mobil kembali prima.

cara merawat mobil

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat mobil Anda agar tetap memiliki kondisi yang bagus dan prima ketika berkendara. Selain bisa dilakukan sendiri, Anda juga dapat meminta bantuan mekanik di bengkel untuk melakukan perawatan tersebut.  Jangan ragu untuk melihat buku panduan kendaraan merek mobil Anda untuk mengetahui cara perawatan yang benar lainnya.

Cari jasa service mobil JABODETABEK? Yuk, cari di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan