Tips Fotografi dengan Kamera HP agar Hasil Keren

jasa-fotografi

Saat ini hp sangat mendukung kamu untuk menjadi fotografer. Ponsel pintar ini didesain dengan resolusi kamera yang sangat mumpuni. Jika kamu memahami cara foto yang bagus hanya dengan hp Android, hasilnya bisa setara dengan foto-foto yang dihasilkan oleh fotografer profesional.

Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa mendapatkan foto yang bagus dan berkualitas hanya dengan ponsel?  Yuk coba ikuti tips fotografi di HP berikut ini! Dijamin bikin foto kamu gak kalah sama fotografer andal.

Tips Fotografi di HP

Berbicara soal memotret di HP, kendala yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah tentang kualitas kameranya. Hal ini terjadi karena hasil foto tidak sejernih kamera DSLR atau mirrorless.

Sebenarnya bisa saja kamu membeli ponsel dengan spesifikasi kamera yang memiliki megapixel tinggi, akan tetapi opsi tersebut dirasa kurang pas buat kamu yang sedang menghemat budget.

Sekarang kamu gak perlu resah lagi, karena kami akan membagikan tips fotografi di HP khusus buat kamu. Dimulai dengan langkah-langkah sederhana, kamu bisa membuat foto layaknya profesional. Berikut ini beberapa cara memotret yang baik yang perlu kamu pahami.

1. Pahami Konsep Dasar Fotografi Menggunakan Kamera Handphone

Walaupun menggunakan kamera smartphone, kamu tetap harus memahami konsep dasar fotografi. Salah satunya adalah konsep tentang komposisi foto. Cara paling mudah adalah jangan ragu buat aktifkan mode grid di kamera smartphone kamu supaya kamu bisa tau posisi yang tepat dari objek foto yang kamu ambil.

Perhatikan grid yang ada di tampilan kamera handphone punya kamu, letakkan objek foto yang gambarnya mau kamu ambil itu di salah satu titik yang ada di layar. Posisikan juga objek tersebut sesuai dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Komposisi gambar yang baik juga tentunya bakal membuat hasil foto yang kamu ambil lebih enak dipandang. Soalnya, kadang sebuah gambar dengan pemandangan yang ciamik dan pencahayaan sempurna jadi kurang enak untuk dilihat karena komposisi fotonya yang gak pas.

2. Sesuaikan fokus dan pencahayaan

Salah satu fitur yang umumnya ada di semua smartphone adalah mengatur fokus dan exposure gambar. Kamu dapat melakukannya secara manual maupun otomatis. Tinggal tap pada layar ponselmu, maka lensa langsung menangkap titik fokus gambar.

Pastikan objek tidak blur saat dipotret. Ini merupakan langkah dasar yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang jernih. Trik kamera HP yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, tapi seringkali terlupakan. Karena kebanyakan orang lebih berfokus pada proses mengedit ketimbang proses memotret itu sendiri.

3. Jangan Gunakan Digital Zoom, Mendekatlah ke Objek

Jadi gini, di dalam dunia fotografi – terutama jaman kamera pocket – ada yang namanya digital zoom dan optical zoom. Digital zoom sebenarnya zoom bohong-bohongan yang merupakan fitur gimmick dari produsen kamera. Digital zoom “memaksa” objek mendekat dengan cara memperbesar foto secara digital, hasilnya foto bakal buram dan pecah.

Berbeda dengan optical zoom, foto diperbesar menggunakan mekanisme optic yang ada di lensa, hasilnya foto tetap bagus dan tidak pecah. Jadi, jangan sekali-kali gunakan digital zoom tapi cobalah mendekat ke objek foto.

Optical zoom ada di beberapa tipe smartphone high end seperti iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8. Smartphone ini memiliki kamera kedua yang memiliki fitur 2x optical zoom.

4. Supaya Hasil Fotonya Keren, Coba Berbagai Angle Yang Gak Biasa

Sebenernya sebuah foto emang idealnya menggunakan angle yang eye level alias sebagaimana pandangan yang ada di depan mata seseorang. Tapi coba mainkan angle yang berbeda untuk mendapatkan nilai lebih dalam hal estetis pada foto yang kamu ambil. Seperti contohnya foto mengambil gambar gedung tinggi.

Mungkin kalau membayangkan gedung tinggi, orang-orang membayangkan juga foto-foto yang terlihat dari atas dan menunjukkan gedung tersebut menjulang di antara bangunana lain di sekitarnya. Tapi kamu bisa memainkan angle dengan mengambil gambar tersebut dari bawah untuk menciptakan kesan yang berbeda dari gambar yang kamu ambil. Mencari angle yang gak biasa juga bakal melatih insting kamu dalam mengambil objek foto

5. Perlu atau tidaknya menggunakan flash

Tips fotografi di HP yang berikutnya adalah dengan menentukan perlu atau tidaknya menggunakan flash ketika memotret. Tidak berarti di semua tempat yang redup kamu harus menggunakan flash, karena ada yang namanya low light photography. Sehingga penggunaan flash dirasa kurang diperlukan.

Akan tetapi, ada juga beberapa jenis fotografi yang sengaja menggunakan flash untuk menghasilkan foto yang memukau. Contohnya adalah hasil foto polaroid yang identik dengan objek yang terkena sorot flash. Ini membuktikan bahwa foto yang memiliki dark mood juga bisa lebih menggungah daripada foto yang dibanjiri cahaya terang.

6. Jangan Goyang, Pegang HP Sestabil Mungkin atau Gunakan Tripod

Hampir semua lensa kamera DSLR memiliki fitur IS (Image Stabilizer) atau VR (Vibration Reduction). Fitur ini berguna untuk meminimalisir getaran atau guncangan saat pengambilan foto agar foto tidak kabur atau goyang (shake).

Sebagian kamera HP high-end ada yang menyematkan fitur ini meski hasilnya tentu tidak semaksimal DSLR/Mirrorless. Jadi, metode utama untuk menghindari foto kabur, usahakan pegang HP sestabil mungkin.

Jangan memegang HP terlalu jauh dari posisi tubuh, tapi dekatkan sedikit ke dada agar tangan ada topangan atau penyangga. Jika perlu, jangan segan-segan untuk menggunakan tripod atau gimbal jika punya dana lebih.

7. Pada Kondisi Tertentu, Gunakan HDR

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, kalau diartikan secara sederhana artinya ada perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap.

cara foto yang benar

Pemotretan dengan mode Standard, hasil yang didapat bakal seperti gambar sebelah kanan di atas, sementara jika mode HDR diaktifkan, maka perbedaan gelap terang foto bisa diminimalisir sehingga hasilnya akan lebih detail seperti gambar sebelah kiri.

Mode ini juga biasa digunakan saat pemotretan sunset atau sunrise.

8. Pintar memilih angle gambar

Pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar menjadi tips fotografi HP yang berikutnya. Kamu harus kreatif saat memilih angle, karena setiap angle yang kamu pilih untuk memotret akan memberikan cerita yang berbeda pula pada hasil foto. 

Salah satu teknik sudut pandang pengambilan gambar yang masih menjadi tren sampai saat ini adalah perspective photography. Teknik ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan gambar yang unik dan out of the box. Contoh pengaplikasian teknik ini yang paling populer adalah wisatawan yang bersandar pada Menara Pisa di Italia. Sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi mungkin dengan ilusi sudut pengambilan gambar yang satu ini. Keren banget!

tips fotografi terbaik

Gimana, sekarang sudah ada gambaran kan? Silahkan berkreasi agar hasil foto kamu terlihat bukan asal-asalan. Demikian 8 Tips Motret dengan Kamera HP demi Hasil Terbaik.

Booking jasa Fotografer melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan