Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Kenali Penyebabnya

Laptop merupakan perangkat elektronik dengan banyak bagian yang bekerja saling mendukung satu sama lain sehingga bisa berfungsi normal sebagaimana mestinya. Selain bisa mengalami kendala tak bisa dinyalakan atau dimatikan, laptop juga bisa mengalami kendala pada bagian keyboard.

Lalu apa penyebab dan  solusi keyboard laptop tidak berfungsi? Kami akan membahasnya pada artikel ini. Beberapa solusi keyboard laptop tak berfungsi bahkan bisa Anda coba sendiri di rumah.

Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi yang Terbukti Berhasil Sukses

Sebelum membahas tentang solusi keyboard laptop tidak berfungsi normal, penting untuk mengetahui apa penyebab keyboard tak berfungsi. Secara umum, penyebab keyboard tak bisa digunakan adalah tombol keyboard yang tak merespon saat di klik yang bisa terjadi ketika ada kerusakan atau kotor karena debu.

Keyboard bisa juga tak berfungsi karena sudah mencapai batas maksimal kapasitas klik yang dimiliki, jika ini terjadi maka solusinya hanya satu yaitu menggantinya dengan yang baru. Berikut beberapa solusi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian maupun tak bisa berfungsi secara menyeluruh.

  1. Restart laptop

Cara pertama merupakan yang paling simpel dan mudah dilakukan, yaitu restart laptop Anda. Hampir sama ketika smartphone tak berfungsi, umumnya efektif untuk mengembalikan fungsinya menjadi normal kembali. Begitu juga dengan menyalakan ulang laptop, diharapkan bisa menghilangkan bug atau eror di laptop sehingga keyboard bisa berfungsi kembali.

  1. Bersihkan keyboard laptop

Cara berikutnya adalah membersihkan bagian keyboard laptop dengan baik dan benar. Debu atau kotoran bisa membuat keyboard terhalang tombolnya sehingga tak berfungsi dengan baik. Ketahui cara membersihkan keyboard laptop yang benar dan aman.

Keyboard yang terpasang di laptop tentunya berbeda dengan keyboard PC. Untuk membersihkan keyboard laptop Anda bisa memiringkan terlebih dahulu laptop kemudian goyangkan laptop secara perlahan sehingga debu serta kotoran yang tertinggal di sela keyboard bisa jatuh.

Solusi keyboard laptop tidak berfungsi dengan proses pembersihan keyboard bisa menggunakan kuas atau lap kecil untuk menjangkau bagian dalam keyboard sehingga bisa bersih maksimal kemudian cek apakah keyboard sudah bisa berfungsi atau belum.

Baca juga: Mudah! Intip Cara Mengatasi Keyboard Laptop Huruf Tidak Bisa Sebagian

  1. Lakukan perbaikan pada driver keyboard

Langkah ketiga adalah melakukan perbaikan pada driver keyboard terutama jika penyebabnya dikarenakan error atau bug. Cara melakukannya yaitu dengan membuka device manager. Anda harus membuka menu Control Panel terlebih dahulu untuk kemudian memilih opsi Hardware and Sounds.

Setelah itu klik Device Manager yang terletak di Devices and Printers, lalu pilih menu Keyboard untuk klik menu Update Driver Software. Jika langkah ini berhasil Anda lakukan, maka selanjutnya akan ada notifikasi yang menginformasikan bahwa driver keyboard Anda sudah diperbarui.

Keyboard On-Screen Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jika semua cara untuk mengatasi keyboard laptop yang tak berfungsi di atas sudah dicoba namun belum menunjukkan hasil memuaskan maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan keyboard On-Screen sebagai alternatif solusi keyboard laptop tidak berfungsi.

Keyboard On-Screen merupakan jenis keyboard virtual yang muncul di layar laptop Anda jika diaktifkan. Cara mengaktifkannya pun mudah yaitu dengan klik Start Menu lalu cari menu Windows Ease of Access lalu pilih opsi On-Screen Keyboard untuk mengaktifkannya.

Keyboard laptop Anda masih tak berfungsi? Jangan khawatir, kunjungi laman situs Suwun.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap tentang layanan jasa service laptop terdekat dari tempat tinggal Anda. Ada banyak layanan jasa yang tersedia sesuai kebutuhan dan langsung terhubung via online.

Aplikasi Suwun juga tersedia di Play Store dan App Store yang bisa diunduh di smartphone Anda untuk kemudahan informasi tentang layanan jasa kapan saja Anda membutuhkannya. Yuk download Suwun sekarang juga.

Artikel yang Direkomendasikan