Trik Menghindari Keluar Biaya Servis Kompresor Kulkas

jasa-service-kulkas

Kulkas bisa menjadi peralatan rumah tangga dengan tugas yang sangat penting. Perangkat ini merupakan bagian penting dari ketahanan pangan karena memungkinkan bermacam bahan makanan disimpan dalam durasi lebih lama. Maka pemenuhan biaya servis kompresor kulkas yang rusak merupakan hal penting karena berkaitan langsung dengan salah satu kebutuhan pokok.

Bagian kompresor merupakan elemen yang cukup sering menjadi sumber permasalahan pada kulkas yang rusak. Ketika bagian tersebut rusak maka umumnya akan dibutuhkan bantuan profesional untuk memperbaikinya. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia pakai kulkas, termasuk bagian kompresornya.

Trik Menghindari Biaya Servis Kompresor Kulkas

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk merawat kulkas agar terhindar dari beragam kerusakan yang ujung – ujungnya adalah keluar biaya tambahan. Mempelajari perawatan kulkas jauh lebih mudah dari belajar cara servis kompresor kulkas ataupun perbaikan kerusakan lain. Berikut ini beberapa tips perawatan mandiri yang bisa langsung Anda praktikkan untuk memperpanjang usia pakai kulkas.

1. Membersihkan Koil Kondensor

Salah satu perawatan yang dibutuhkan oleh kulkas adalah pada bagian koil kondensor. Elemen ini memiliki peran penting untuk menyebar dan menetralisir panas yang dihasilkan oleh kulkas atau freezer. Koil kondensor ini berbentuk kumparan besar yang terlihat seperti radiator.

Kotoran dan debu yang menempel pada bagian kumparan tersebut bisa menyebabkan proses melepas panas menjadi kurang efektif. Kondisi tersebut bisa menyebabkan beragam kerusakan pada kulkas.

Membersihkan koil kompresor dari kotoran setidaknya setiap 6 bulan sekali bisa memperpanjang usia pakai kulkas dan mencegah kerusakan kompresor yang tidak diinginkan sehingga Anda harus mengeluarkan biaya servis kompresor kulkas atau kerusakan yang lain.

Baca Juga: Biaya Service Kulkas Sesuai Kerusakan

2. Membersihkan dan Mengganti Segel Karet Pintu

Segel karet atau gasket pintu memiliki peran yang besar dalam memerangkap suhu dingin di dalam kulkas dan mencegah suhu yang lebih tinggi dari luar kulkas untuk masuk. Segel karet yang kotor bisa menyebabkan perannya sebagai isolator menurun dan bahkan membuat lapisan karet menjadi tidak lagi rapat.

Segel karet yang sudah rusak karena berubah bentuk atau pecah harus segera diganti. Kondisi tersebut akan menyebabkan pendinginan di dalam kulkas menjadi kurang efisien dan mesin bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu karena udara hangat dari luar yang masuk. Efeknya berupa tagihan listrik yang meningkat dan tentu saja kulkas Anda akan lebih cepat rusak.

3. Melakukan Pencairan Secara Berkala

Pemeliharaan lain yang tidak kalah penting adalah pencairan. Ketika lapisan es menumpuk di freezer atau elemen pendingin, maka dibutuhkan pencairan secara berkala. Langkah ini bisa dilakukan dengan mematikan kulkas atau mencabut aliran listrik, membiarkan seluruh es mencair dan menyalakan kembali kulkas.

Perkiraan Biaya Servis Kompresor Kulkas dan Kerusakan Lain

Kulkas yang mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan tentu saja akan membutuhkan biaya. Biaya servis kompresor kulkas ataupun mengisi ulang freon bisa beragam dan tergantung dari seberapa parah kerusakan atau kebutuhan pergantian komponen yang harus dilakukan.

Biaya ganti filter dan isi freon kemungkinan ada di kisaran 200 hingga 400 ribu untuk kulkas 1 pintu ataupun 2 pintu. Biaya pemasangan kompresor baru bisa mencapai 300 ribu. Sedangkan biaya service serta pemasangan komponen yang diganti ada di kisaran 100 hingga 200 ribu. Belum lagi kebutuhan membeli komponen baru jika ada yang rusak dan harus diganti.

Jika Anda kini sedang mengalami permasalahan berupa kulkas yang rusak tanpa tahu apa yang menyebabkannya. Anda bisa langsung menghubungi https://suwun.co.id/ untuk mendapatkan solusi profesional layanan servis kulkas.

Setelah masalah Anda terselesaikan, lakukan perawatan teratur pada kulkas Anda. Perawatan yang baik bisa menjadi cara terbaik menghindari pengeluaran karena biaya servis kompresor kulkas atau perbaikan bagian lain dari kulkas yang rusak sekaligus memperpanjang usia pakai sebuah kulkas.

Artikel yang Direkomendasikan