Penyebab Kulkas Mengembun dan Cara Mengatasinya

penyebab-kulkas-mengembun

Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang penting dimiliki, terutama untuk menyimpan bahan makanan atau membuat persediaan makanan dan minuman menjadi lebih dingin. Sayangnya, ada saja berbagai masalah yang sering terjadi, terutama yang menjadikan penyebab kulkas mengembun.

Inilah Penyebab Kulkas Mengembun

Embun pada kulkas sebenarnya cukup wajar, namun jika terlalu banyak tentu akan menjadi suatu masalah tersendiri. Berikut sejumlah penyebab yang seringkali terjadi dan tentu saja perlu Anda hindari supaya tidak berlanjut ke kerusakan yang lebih parah.

1. Bagian belakang kulkas yang rusak

Karena letak motornya, bagian belakang kulkas biasanya memang terasa lebih hangat dibandingkan bagian lain seperti depan atau samping. Akan tetapi, jika panas yang dikeluarkan terasa berlebih, ada kemungkinan motor kulkas tersebut bekerja terlalu keras. Salah satu kemungkinan kelanjutannya, yakni bisa membuat kulkas mudah mengembun dan cepat rusak.

Jika masih dalam masa garansi, Anda bisa langsung mereparasinya pada tim service resmi. Namun, jika kerusakan motor terjadi pada kulkas yang usianya sudah lebih tua, maka biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan maupun penggantian bisa jauh lebih besar sehingga Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli kulkas yang baru.

2. Penyebab kulkas mengembun karena sirkulasi udara yang buruk

Sebagai sebuah aturan umum, biasanya harus ada setidaknya ada ruang di sekitar dinding kulkas sekitar satu inci untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Jika tidak ada sirkulasi udara yang baik, sudah pasti akan membuat kendala pada kulkas seperti pengembunan yang berlebihan.

Sebagai contoh, dengan memasukkan kulkas pada area yang terbatas atau di antara lemari ternyata bisa menyebabkan terjadinya keringat embun yang muncul di dinding luar. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali pemasangan kulkas di tempat yang tepat.

Tidak jarang, mode pemanas dan pendinginan hemat energi juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan pengembunan terjadi. Jika berlangsung terlalu sering, tentu Anda perlu segera mengatasinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kulkas Baru

3. Segel gasket mengalami kerusakan

Tahukah Anda jika ternyata segel pintu kulkas yang retak atau bahkan pecah bisa menyebabkan air di bagian luar lemari es tersebut? Nah, supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih serius, periksa kembali segel karet dari pintu kulkas tersebut apakah sudah terhindar dari kerusakan maupun korosi.

Jika kerusakan dan penyebab pintu kulkas mengembun ini cukup parah, Anda dapat menggantinya. Namun kalau Anda ragu, Anda bisa langsung menghubungi teknisi untuk melakukan penggantian meskipun kerusakan masih cenderung kecil, atau jika segel masih bagus namun embun muncul pada bagian dalam kulkas.

4. Freezer yang dibiarkan bekerja terus menerus

Umumnya, freezer akan menghasilkan sedikit embun beku yang dapat diatasi dengan mematikan freezer sementara waktu sampai embun tersebut mencair. Akan tetapi, jika embun tersebut terus menumpuk dan membuat kinerja kulkas menjadi kurang maksimal, tentu saja hal ini perlu diperhatikan lebih lanjut.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda coba menghubungi pihak jasa teknisi terbaik jika ada masalah pada kulkas yang tidak wajar. Anda dapat menghubungi pihak teknisi dari toko di mana Anda membeli kulkas tersebut, namun tidak ada salahnya juga memesan jasa teknisi dari Suwun.co.id.

Suwun juga mempunyai Aplikasi yang dapat membantu Anda menemukan teknisi terbaik untuk mengatasi berbagai penyebab kulkas mengembun secara tepat, mudah, dan cepat. Langsung saja download aplikasi Suwun dan dapatkan harga spesialnya!

Artikel yang Direkomendasikan