Kerusakan yang Mempengaruhi Harga Servis Mesin Cuci

jasa-mesin-cuci

Ada cukup banyak peralatan yang bisa memudahkan tugas Anda di tingkat rumah tangga. Salah satu peralatan tersebut adalah mesin cuci. Kondisi mesin cuci yang bebas masalah tentu akan memudahkan dan meringankan tugas mencuci pakaian. Sedangkan mesin cuci yang rusak kemungkinan besar akan membebani Anda sebesar harga servis mesin cuci ketika diperbaiki.

Mengenal Kerusakan dan Harga Servis Mesin Cuci

Kerusakan pada mesin cuci bisa menyebabkan perangkat tersebut tidak bekerja sempurna atau sama sekali tidak bisa digunakan. Setiap jenis atau tipe mesin cuci memiliki komponen dan fungsi yang beragam dan umumnya mempengaruhi biaya yang dibutuhkan ketika terjadi perbaikan. Seperti harga servis pengering mesin cuci saja yang berbeda dengan harga perbaikan pencucinya.

Akan tetapi ada rentang harga service yang umum untuk jenis – jenis kerusakan yang sering terjadi pada beragam merek mesin cuci. Berikut ini beberapa masalah umum yang terjadi pada mesin cuci dan cara memeriksa kerusakannya.

Mesin Mati dan Tidak Berputar

Mesin cuci yang mati atau sama sekali tidak bisa memutar cucian umumnya terjadi karena permasalahan pasokan daya listrik. Kerusakan lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut adalah kerusakan kopling motor penggerak ataupun tabung yang tidak seimbang sehingga tersangkut pada dinding dalam mesin cuci.

Pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah pada bagian kabel apakah ada bagian yang putus atau terkelupas. Jika ada kerusakan pada kabel maka bagian ini harus diganti, akan tetapi jika mesin cuci tetap tidak berputar setelah menggunakan kabel baru maka pemeriksaan harus berpindah pada bagian saklar atau timer.

Pemeriksaan tersebut harus memakai taspen untuk mendeteksi ada tidaknya daya listrik. Ketika terdeteksi ada daya listrik, tetapi mesin tetap tidak berputar maka kerusakan kemungkinan besar terjadi pada motor penggerak. 

Jika Anda mengalami kerusakan mesin cuci dan tidak tahu penyebab serta cara memperbaikinya, maka sebaiknya segera menghubungi tukang service kulkas terdekat untuk mendapatkan solusi.

Pembilas Tidak Bekerja Sempurna

Kerusakan lain yang sering terjadi adalah bagian pembilas yang tidak bekerja sempurna sehingga pakaian yang dibilas tidak bisa benar – benar bersih. Masalah ini bisa terjadi karena muatan yang terlalu banyak sehingga pembilas tidak mampu bekerja secara sempurna.

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah aliran air yang terhambat. Gangguan ini bisa terjadi karena sumbatan atau selang yang tertekuk baik pada bagian untuk memasukkan ataupun membuang air. Selang yang tersumbat bisa diperbaiki dengan bantuan air bertekanan.

Jika selang ternyata sudah rusak maka dibutuhkan penggantian dengan selang baru. Jika terjadi kesulitan mengganti selang maka Anda sebaiknya meminta bantuan profesional dengan memanggil tukang servis mesin cuci.

Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Tabung dengan Mudah

Beberapa Hal Yang Berpengaruh Pada Harga Servis Mesin Cuci

Faktor merek dan tipe mesin cuci umumnya mempengaruhi jenis masalah apa yang sering muncul. Merek yang berbeda umumnya juga mempengaruhi tarif servis sehingga antara satu merek dengan yang lain akan memiliki harga servis yang berbeda. Sehingga  harga servis mesin cuci Samsung juga berbeda dengan merek mesin cuci lain.

Faktor lain yang mempengaruhi harga servis adalah lokasi karena umumnya tukang servis mesin cuci harus datang ke lokasi konsumen. Pilihan ini umumnya dilakukan untuk mempermudah aktivitas perbaikan karena tidak perlu solusi transportasi untuk memindahkan mesin cuci.

Mengingat faktor jarak dan lokasi berpengaruh pada harga layanan perbaikan, Anda yang berada di area Surabaya mencari solusi service mesin cuci Surabaya yang lokasinya berdekatan dan tidak mencari tukang servis yang jauh jika tidak siap membayar dengan harga lebih mahal.

Hal lain yang juga mempengaruhi harga servis mesin cuci adalah kebutuhan komponen yang membutuhkan penggantian. Anda umumnya akan dibebani biaya pembelian komponen dan ongkos pemasangan ketika hal tersebut terjadi.

Anda yang mengalami permasalahan berupa mesin cuci rusak dan kesulitan mengidentifikasi sumber masalah ataupun menemukan solusinya, bisa langsung mencari bantuan profesional. Salah satunya dengan mencari layanan servis mesin cuci di https://suwun.co.id/.

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april