Suwun.co.id
jasa-service-kulkas

15 Cara Merawat dan Menggunakan Kulkas Baru dengan Benar

Selama ini, banyak yang menganggap bahwa cara merawat kulkas dengan benar berlaku ketika kinerja kulkas telah berjalan.

Padahal, justru penggunaan kulkas saat masih baru itulah yang perlu untuk diperhatikan.

Bukan tanpa alasan, karena disadari atau tidak cara penggunaan pertama inilah yang menjadi kunci utama seberapa awet kulkas nantinya.

Pada dasarnya, cara menggunakan kulkas baru merk sharp, LG, panasonic, aqua, atau merek-merek lainnya hampir sama.

Pentingnya Merawat Kulkas Baru dengan Tepat

1. Pindahkan Posisi Kulkas dengan Cara Tepat

Bentuk kulkas yang persegi panjang seringkali dijadikan alasan untuk memindahkannya dengan posisi horizontal. Jika Anda tahu, sebenarnya posisi pemindahan semacam ini salah.

Hal itu karena, pada saat kulkas dalam posisi tidur oli pada kompresor kulkas bisa tumpah dan mengenai pipa dalam kulkas.

Anda bisa menaruh kulkas dengan memberi jarak minimal 10 cm dari samping kiri, kanan, dan juga belakang, maka dari itu mengetahui ukuran kulkas.

Cara menggunakan kulkas baru ini bertujuan agar sirkulasi di sekitar kulkas bisa berjalan lancar.

2. Jangan Langsung Menggunakan Kulkas Baru

Meskipun tidak semua, kebanyakan seseorang akan langsung menggunakan kulkas yang baru dibeli. Padahal cara tersebut sebetulnya salah.

Alih-alih menggunakannya secara langsung, seharusnya kulkas harus berada di tempat yang aman minimal selama 8 jam atau hingga 24 jam.

Hal lain yang tak kalah penting yaitu, setelah kulkas nyala, usahakan jangan langsung mengisi kulkas.

Biarkan kulkas belum berfungsi selama 3 jam terhitung setelah kulkas dihidupkan. Adapun untuk pengisian awal, Anda bisa mengisinya dengan muatan yang tidak terlalu banyak terlebih dahulu.

Misalnya dengan mengisi makanan, minuman, atau buah dan sayur dalam jumlah yang sedikit.

3. Atur Suhu Kulkas Baru dengan Tepat

Setelah kulkas hidup, Anda juga harus mengatur suhu tepat kulkas baru, yaitu dengan cara bertahap.

Tahapan pengaturan suhu ini bisa Anda lakukan dengan memberi jeda 30 menit, mulai dari suhu terkecil hingga suhu terbesar.

Tips Sederhana Merawat Kulkas dengan Benar

Cara Merawat dan Membersihkan Kulkas dari Bau, Jamur, Serta Karat ...

4. Tidak Memaksa Kulkas Bekerja Terlalu Keras

Jangan mengisi kulkas Anda dengan makanan yang masih panas karena hal itu akan membuat kulkas Anda harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mendinginkan. Sebaiknya menunggu hingga suhu makanan menjadi dingin dengan meletakannya sementara di atas meja sebelum dipindahkan ke kulkas untuk didinginkan atau dibekukan.

5. Cara Menggunakan Kulkas Baru dari Segi Pembukaan

Cara menyalakan kulkas baru dan merawat kulkas selanjutnya yaitu hindari terlalu lama membuka pintu kulkas saat memasukkan atau mengambil sesuatu. Untuk itu supaya lebih mudah dan cepat, kelompokkan barang-barang seperti minuman, sayur, makanan, dsb. Jika lampu kulkas mati sebaiknya diganti supaya tidak terlalu lama dalam mencari atau meletakkan bahan-bahan.

6. Cara Merawat Kulkas dengan Menyetel Suhu yang Tepat

Menyetel suhu yang tepat dan tetap menjaganya agar stabil, tidak saja akan menghemat listrik, tapi juga akan memperpanjang umur simpan bahan makanan terutama seperti buah dan sayuran segar. Sayuran-sayuran seperti ini akan lebih awet jika suhunya stabil, tidak berubah. Suhu kulkas yang baik adalah 37°F atau 0° pada frezzer.

7. Mengisi Kulkas Lebih Banyak Bahan

Jika kulkas Anda kosong, maka akan menyisakan ruangan kosong yang akan diisi oleh udara, sehingga ini akan mengurangi efisiensinya. Simpan barang-barang yang memiliki sifat bisa menyerap dingin lebih baik misalnya botol-botol minuman, kaleng makanan, dsb karena ini akan menyerap udara hangat yang masuk ketika Anda membuka pintunya.

8. Memastikan Pintu Kulkas Bisa Tertutup Rapat

Jika pintu kulkas sudah tidak bisa lagi menutup dengan sempurna, misalnya kotor menyebabkan udara dingin keluar dan tergantikan oleh udara hangat dari luar. Hal ini tentu akan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya, sehingga bisa memperpendek usia optimalnya atau setidaknya menyebabkan pemborosan listrik.

  • Cara merawat kulkas selanjutnya yaitu dengan bersihkan pinggiran pintu kulkas dengan baking soda setidaknya 6 bulan atau 1 tahun sekali.
  • Jika pintu sudah rusak tidak bisa menutup sempurna, sebaiknya segera perbaiki kulkas dengan jasa service kulkas.

9. Menghilangkan Bau

Mungkin Anda telah menyimpan makanan di lemari es yang memiliki aroma yang kuat sehingga lama-lama baunya membuat tidak nyaman. Anda bisa menghilangkan bau di lemari es  dengan cara menaruh wadah berisi soda kue didalamnya. Soda kue memiliki kemampuan mengisap bau dan menjaga lemari es berbau segar.

Baca Juga: Cari Jasa Service Kulkas Terdekat? Ini Harga dan Kisarannya!

10. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas Anda Secara Teratur

Memang bukan pekerjaan yang mudah membersihkan kulkas jika isinya sedang penuh. membersihkan kulkas bisa 1 bulan sekali dengan cara mengeluarkan dulu semua isinya. Kemudian Anda bisa menatanya kembali, sortir bahan/makanan yang sudah tak layak konsumsi lagi. Bersihkan bagian dalam kulkas dengan pembersih spons yang lembut supaya tidak menggores dinding,  dan jangan lupa untuk menyeka permukaan luarnya juga.

Defrost kulkas untuk mencairkan bunga-bunga es yang menempel kuat pada dinding-dindingnya, hindari menggunakan benda logam. Jangan pernah mencongkel gumpalan es yang tersisa karena bisa merobek dinding kulkas, karena bisa menyebabkan kerusakannya. Untuk itu defrost sampai benar-benar cair. Hindari membeli makanan yang perlu penyimpanan di kulkas.

11. Makanan Cepat Rusak dan Berbau?

Masalahnya mungkin kulkas Anda tidak bisa mendinginkan dengan benar, atau bisa juga karena makanan tidak disimpan dengan cara yang benar. Bagian kulkas yang paling dingin adalah rak di dekat pintu, sehingga menjadi tempat terbaik untuk menyimpan makanan yang mengandalkan pengawet alami seperti selai. Simpanlah makanan yang tidak perlu dimasak lagi di bagian atas kulkas. Sementara di lapisan bawah / tengah, simpan bahan makanan seperti mentega, susu, yoghurt, telur, dan susu.

Lapisan bawah kulkas juga merupakan tempat yang terdingin, sehingga makanan mentah seperti daging dan ikan bisa disimpan. Hal ini juga akan membantu mengurangi kontaminasi silang, karena jika daging ditempatkan di bagian atas kulkas, maka kemungkin cairannya akan menetes ke barang-barang lain sehingga mencemari makanan.

12. Membersihkan Kondensor Kulkas

Mungkin setelah 2 tahun bagian kondensor ini akan kotor oleh penumpukan debu yang tersedot. Anda bisa membersihkan kotoran dan debu yang menumpuk/menyumbat menggunakan sikat. Koil kondensor adalah komponen kulkas yang bekerja menghilangkan panas dari dalam lemari es dan freezer.

Debu atau kotoran yang menyumbat kondensor akan ini akan mengurangi Efisiensi penggunaan energi listrik. Hal ini akan menyebabkan kompresor menjadi lebih panas daripada ketika koil kondensor dalam keadaan bersih. Kotoran pada kompresor ini juga akan mengurangi umur kerja kulkas.

13. Tutup Rapat Kulkas

Menutup kulkas rapat bermanfaat untuk merawat benda ini. Selain menghemat listrik, menutup rapat kulkas akan membuat makanan dan minuman lebih dingin. Kotoran pun tak akan masuk dalam pintu kulkas.

14. Rutin Bersihkan Freezer

Bagian freezer wajib dibersihkan supaya suhu kulkas terjaga. Hindari mengikis bagian es di dalam freezer. Hal ini bisa menyebabkan pelapis kulkas rusak.

15. Cegah Menyimpan Minuman dan Makanan yang Panas

Menyimpan makanan dan minuman panas akan membuat kulkas bekerja ekstra. Aliran listrik akan bekerja maksimal sehingga akan boros.

Booking jasa service Kulkas JABODETABEK melalui Suwun

Kembali ke Atas