Pijatan untuk Perut Kembung dan Begah

Kentut dan sendawa dapat meredakan perut yang kembung dan tidak nyaman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pijatan untuk perut kembung untuk mengatasinya.

Perut kembung dapat disebabkan karena masuknya udara dari luar dan meningkatnya produksi gas di dalam perut. Dengan pijatan, tubuh bisa lebih rileks dan udara atau gas ikut keluar. Apabila Anda belum pernah mencobanya, simak dulu ulasannya berikut ini.

Pijatan untuk Perut Kembung agar Kembali Nyaman

  1. Manfaat pijatan

Manfaat pijatan untuk perut kembung dan mual tentu untuk meredakan gejala perut yang tidak nyaman tersebut. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kembung dan mual selain menggunakan obat.

Metode pijatan pada titik saraf tertentu atau yang disebut akupresur ini dibedakan berdasarkan penyakit. Untuk masalah perut kembung yang ringan, Anda bisa melakukan pijatan secara ringan. Akupresur ini dapat memberikan beberapa manfaat seperti berikut.

  • Meredakan gangguan saluran pencernaan
  • Mengobati sakit perut
  • Mengatasi perut tidak nyaman
  • Meredakan gejala perut kembung dan begah
  • Merileksasi otot-otot di sekitar perut
  • Memperlancar aliran darah

Di sekitar perut terdapat beberapa titik saraf yang terhubung dengan meridian kandung kemih. Titik pijatan saraf inilah yang diyakini dapat membantu mengatasi gangguan ringan pada perut seperti kembung, begah, dan mual.

Baca juga: Titik Saraf di Kaki untuk Pijat Refleksi

  1. Titik pijatan untuk perut kembung

Adanya titik refleksi pada kaki untuk perut kembung dapat menstimulasi saraf-saraf yang terhubung ke organ tubuh yang nantinya memberikan pengaruh pada fungsi organ tersebut. Salah satu titik pijatan untuk mengatasi gejala perut kembung atau begah yaitu di bagian atas tulang pinggul sebelah kanan.

Titik pijatan yang disebut sebagai Weishu (BL21) ini dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan. Pijatan ringan yang dilakukan pada bagian ini juga dapat membantu menghilangkan gas di dalam perut penyebab kembung dan begah.

  1. Langkah tepat pijat perut

Pijat untuk perut kembung anak dan dewasa diyakini dapat meredakan rasa tidak nyaman pada perut. Lakukan pijatan dengan tepat seperti langkah-langkah berikut.

  • Letakan kedua tangan tepat di bagian atas tulang pinggul di sebelah kanan.
  • Kemudian lakukan pijatan dengan gerakan memutar
  • Beri tekanan ringan ke sisi kanan pada bagian tulang rusuk
  • Lanjut pijat lembut dengan mengarah ke bagian perut atas
  • Pijat perlahan ke arah tulang rusuk di sebelah kiri
  • Lanjutkan dengan memijat bagian bawah perut menuju tulang pinggul sebelah kiri

Ulangi gerakan yang sama seperlunya hingga perut merasa lebih nyaman. Perhatikan untuk memijat dengan lembut dan hanya memberi tekanan pada titik-titik yang sudah disebutkan.

Lakukan dengan tepat, apabila kondisi tidak kunjung membaik, hentikan pijatan. Anda bisa mencoba metode perawatan lainnya jika pijatan justru memperparah perut kembung.

Jika tidak yakin, Anda dapat menggunakan jasa pijat profesional untuk membantu mengatasi perut kembung atau masalah kesehatan lainnya. Pijatan dapat memberikan efek relaksasi pada otot dan memperlancar aliran darah sehingga fungsi organ tubuh lebih baik dan sehat.

Itulah beberapa informasi mengenai pijatan untuk perut kembung yang perlu diketahui. Biasanya dengan pijatan yang tepat, gas akan keluar dari perut dan kembung bisa reda. Jangan tahan kentut maupun sendawa agar perut kembung tidak semakin parah.

Bagaimana, Anda ingin mencoba pijatan relaksasi seperti ini? Kunjungi situs Suwun.co.id dan Anda bisa cari jasa pijat, akupresur, dan layanan jasa lainnya dengan mudah. Download juga aplikasi Suwun untuk bisa menggunakan fitur yang lebih lengkap dari smartphone Anda.

Artikel yang Direkomendasikan