Manfaat Akupresur dan Metode untuk Kesehatan Tubuh

jasa-akupresur

Para peneliti berhasil menemukan akupresur bisa menghilangkan gejala nyeri kronis di punggung bagian bawah. Akupresur sendiri adalah teknik pengobatan tradisional China yang untuk mengobati sakit di persendian. Teknik ini mirip dengan akupunktur, namun tidak menggunakan jarum.

Akupresur mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti membantu meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, serta membuat tubuh menjadi rileks dan lebih bertenaga.

Sesak Napas, Coba Metode Akupresur dan Ramuan Herbal Ini : Okezone ...

“Dalam banyak kasus, akupresur bermanfaat untuk nyeri ringan di tubuh yang meliputi nyeri punggung bagian bawah juga karena berhubungan dengan memberikan tekanan pada tubuh yang meliputi pijatan, peregangan dan teknik lain yang menghasilkan relaksasi,” ujar Sumit Bhushan Sharma, Associate Director, Departemen Ortopedi dan Penggantian Sendi di Rumah Sakit Jaypee di Noida.

“Akupresur mirip dengan akupunktur, tanpa jarum. Ibu jari atau perangkat ke titik-titik tertentu pada tubuh,” papar pemimpin penelitian Susan Murphy, Associate Professor di Michigan University.

“Relaksasi akupresur dianggap efektif dalam mengurangi insomnia sementara merangsang akupresur dianggap efektif dalam pengurangan kelelahan,” tambah Murphy.

Gaya Hidup | 7 Kebiasaan Sehat yang Wajib Dicontohkan Orang Tua ...

Manfaat Akupresur Untuk Tubuh

Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, ada teori yang menyebutkan bahwa penyebab munculnya adalah adanya gangguan aliran energi, “chi” di dalam tubuh. Akupresur bekerja dengan cara membebaskan sumbatan energi tersebut.

Teknik akupresur yang menekan titik-titik tertentu pada tubuh dipercaya bisa mengatasi penyumbatan aliran energi dan mengembalikan keseimbangan energi di tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat akupresur yang perlu Anda ketahui:

1. Meredakan stres dan rasa cemas: Manfaat Akupresur

Kecemasan, stres, dan depresi adalah gangguan psikologis yang umum terjadi. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat mengganggu kesehatan, serta mengurangi kualitas hidup.

Pada suatu penelitian, diketahui bahwa pasien yang menjalani pengobatan untuk mengatasi depresi dan cemas, mengalami perbaikan gejala setelah mendapatkan terapi tambahan berupa akupresur selama beberapa bulan.

Akupresur juga terlihat dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada pasien yang akan menjalani prosedur medis tertentu, seperti cuci darah.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Susah tidur dapat membuat tubuh terasa tidak berenergi, sulit berkonsentrasi, dan mengantuk saat bekerja. Untuk membantu mengatasinya, terapi akupresur mungkin dapat membantu. Saat akupresur, endorfin lepas dari tubuh sehingga Anda bisa lebih mudah berkonsentrasi.

3. Meredakan rasa sakit: Manfaat Akupresur

Akupresur bisa meredakan rasa nyeri, seperti nyeri punggung, sakit kepala, atau nyeri pasca operasi, dengan cara memancing tubuh untuk memproduksi  hormon endorfin. Hormon inilah yang akan mengurangi rasa sakit, sekaligus menimbulkan perasaan positif.

4. Membantu meringankan efek samping kemoterapi

Pasien yang menjalani kemoterapi sering kali merasakan mual, lemas, mudah lelah, atau bahkan stres.

Akupresur bisa meringankan stres, mual, meredakan rasa sakit, meningkatkan energi, dan mengatasi konstipasi yang mungkin terjadi sebagai efek samping kemoterapi.

Selain beberapa manfaat di atas, akupresur juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri otot dan sendi, seperti pada penyakit arthritis.

Metode akupresur

Pertama, untuk meningkatkan daya tubuh. Anda bisa menekan empat jari di bawah tempurung lutut sebanyak 30 kali. Kemudian punggung tangan antara telunjuk dan ibu jari.

Kedua, untuk meningkatkan vitalitas. Letak titiknya di empat jari bagian atas mata kaki.

Terakhir, untuk mengurangi merokok. Anda bisa menekan di empat titik, yaitu Pertama ada di punggung tangan antara telunjuk dan ibu jari. Kedua lokasi yang letaknya dua jari di atas pergelangan tangan segaris dengan ibu jari, ketiga lokasi yang terletak di telinga, dan keempat di atas punggung kaki.

Cara-cara ini memang terlihat sederhana, namun sesungguhnya dapat memberikan banyak keuntungan bagi tubuh. Khususnya untuk membugarkan tubuh Anda.

Yuk, cari jasa akupresure JABODETABEK di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan