Titik Saraf Batuk Pilek agar Segera Reda

Batuk pilek termasuk penyakit ringan yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Ada beberapa titik saraf batuk pilek yang dapat membantu meringankan gejala bahkan menyembuhkan batuk pilek. Berikut ini titik-titik saraf yang bisa Anda pijat ketika terserang batuk pilek.

Titik Saraf Batuk Pilek yang Wajib Diketahui

  1. Bladder 1

Yasuko Kawamura, seorang pakar akupressure menjelaskan beberapa titik tubuh yang bisa dipijat untuk mengatasi batuk pilek. Akupresur bisa dikatakan sebagai metode akupuntur tanpa jarum. Salah satunya adalah menggunakan titik saraf yang disebut sebagai bladder 1.

Titik pijat batuk pilek anak maupun dewasa ini berada di tengah-tengah kedua mata atau di jembatan hidung. Anda bisa pijat dan tekan daerah tersebut sekitar sepuluh detik. Kemudian lepaskan dan lakukan lagi setidaknya sepuluh kali.

Cara mengatasi batuk pilek dengan pijat saraf ini biasa disebut sebagai metode akupresur. Salah satu metode non-farmakologi yang dapat meringankan gejala batuk pilek, termasuk pada anak-anak.

Setidaknya ada 13 titik akupresur yang ada di permukaan kulit. Titik-titik ini memiliki kepekaan bioelektrik yang dapat merangsang hormon endorphin yaitu hormon untuk mengurangi rasa sakit.

Baca juga: Titik Akupuntur Kaki yang Wajib Diketahui

  1. Large Intestine 20

Anda mungkin sudah mengetahui tentang pijat kaki untuk batuk pilek dengan menekan beberapa titik saraf yang ada di telapak kaki. Selain kaki, ada juga bagian lain dari tubuh Anda yang merupakan titik akupresur.

Dari 13 titik akupresur, ada bagian yang disebut Large Intestine 20. Titik akupresur ini berada di pinggir dari lubang hidung, kanan maupun kiri. Anda bisa melakukan pemijatan seperti sebelumnya untuk meredakan gejala batuk pilek.

Tekan titik akupresur ini sekitar 10 detik, lalu lepas dan selama beberapa detik. Lakukan lagi dengan cara yang sama sampai 10 kali. Berikan pijatan dan penekanan jari di permukaan kulit tersebut agar batuk pilek sembuh.

  1. Titik saraf batuk pilek Large Intestine 19

Jika Anda sering menggunakan pijatan kaki, gambar titik pijat batuk dapat membantu Anda menemukan titik saraf yang tepat untuk mengatasi batuk pilek. Selain kaki, ada titik tubuh lainnya yang bisa dipijat agar batuk pilek reda.

Titik tubuh yang dapat Anda pijat adalah titik akupresur yang disebut sebagai Large Intestine 19. Bagian ini bisa ditemukan di antara hidung dan bibir. Anda hanya perlu memberikan penekanan secara lembut pada permukaan kulit tersebut.

Tahan dengan lembut sekitar 10 detik dan lepas beberapa detik. Ulangi lagi hingga 10 kali di titik yang sama. Cara ini dapat menghalangi sinyal rasa sakit yang dikirim saraf spina ke otak.

Selain rasa sakit yang diblok, metode akupresur ini juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen di sekitar titik pijatan. Hal ini membuat otot yang tadinya tegang menjadi lebih rileks dan batuk pilek bisa sembuh.

Itulah beberapa titik saraf batuk pilek yang bisa dipijat sesuai yang dikemukakan oleh pakar akupresur. Metode pijatan seperti ini memang tidak sembarang memilih titik pijatan. Hanya pada titik-titik tertentu yang lebih sensitif dan berhubungan dengan saraf spina.

Anda butuh jasa pijat untuk mengatasi pegal-pegal atau sakit otot? Kunjungi situs Suwun.co.id dan masukan jasa pijat atau jenis layanan jasa lainnya yang dibutuhkan. 

Silahkan hubungi penyedia jasa pijat dari beberapa pilihan yang sudah muncul. Anda juga bisa menggunakan fitur ini di versi aplikasi Suwun yang dapat didownload di Play Store dan App Store.

Artikel yang Direkomendasikan