Mengenal Orifice Tube atau Pipa Kapiler AC

cuci-ac-6-bulan-sekali

Pendingin ruangan memiliki berbagai komponen penting dengan fungsi yang beragam, salah satunya orifice tube atau pipa kapiler AC. Bagian ini juga perlu dilakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin guna memastikannya berfungsi secara maksimal.

Apa Itu Orifice Tube atau Pipa Kapiler AC

Orifice tube atau yang juga sering disebut dengan pipa kapiler menjadi salah satu komponen penting yang banyak digunakan dalam proses pendinginan suhu ruangan. Oleh karena itu, komponen ini harus selalu dipastikan terjaga dan tidak mengalami kebocoran.

1. Mengenal Orifice Tube atau Pipa Kapiler AC

Sesuai namanya, komponen ini merupakan bagian dalam AC yang berbentuk seperti pipa penyambung dengan ukuran tertentu. Umumnya, pipa kapiler ini berukuran antara 90-100 cm dengan diameter antara 0,54 sampai dengan 0,8 mm.

Pipa penyambung ini digunakan dalam mengalirkan refrigerant yang berasal dari kondensor menuju ke evaporator. Dari sinilah, evaporator akan bekerja untuk mengalirkan udara dan membuat suhu ruangan menjadi dingin sesuai dengan kebutuhan pengguna AC.

Sebagai bagian yang penting pada AC, pipa kapiler atau orifice tube perlu dirawat dengan melakukan pembersihan atau melakukan penggantian jika diperlukan. Apabila memerlukan penggantian, pastikan Anda memilih pipa dengan ukuran dan spesifikasi yang sama.

Baca Juga: Aplikasi Jasa Service AC dan Tipsnya

2. Fungsi Orifice Tube atau Pipa Kapiler pada AC

Secara umum, pipa kapiler pada AC digunakan untuk mengatur aliran refrigeran dari unit outdoor ke unit indoor. Pipa ini memiliki diameter yang cukup kecil, namun fungsinya cukup besar dalam menciptakan tekanan pada kondensor dan evaporator dalam proses pendinginan.

Pipa kapiler AC juga membantu menjaga kecepatan aliran refrigeran yang masuk ke bagian evaporator guna memastikan aliran dan efisiensi pendinginan. Dengan diameter yang kecil, komponen ini dapat membatasi refrigeran yang masuk untuk membantu pengaturan suhu.

Fungsinya yang cukup beragam membuat komponen tersebut wajib dijaga kinerjanya. Apabila mengalami kerusakan, efisiensi pendinginan akan menurun dan kinerja AC menjadi tidak konsisten. Bahkan jika semakin parah, komponen lain pada AC juga akan rawan rusak.

Demikian beberapa hal mengenai orifice tube atau pipa kapiler AC dan fungsinya yang sangat vital. Pastikan Anda merawat dan memperbaikinya dengan cara yang profesional, termasuk menggunakan jasa service yang terpercaya dan berpengalaman.

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di area Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, perbaikan AC dan kulkas bisa Anda dapatkan semudah klik aplikasi Suwun, serta mengunjungi media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Dapatkan juga informasi seputar tips dan trik di Blog kami,  lho!

Artikel yang Direkomendasikan