Jangan Tunggu Mesin Pendingin Rusak! Ini Biaya Vacum AC

vacum-ac

Supaya nantinya AC bisa terus bekerja dengan baik, jangan lupa untuk selalu melakukan servis secara berkala.  Jika Anda masih tidak tahu berapa biaya vacum AC rumah yang harus dipersiapkan, kali ini kita akan membantu Anda untuk merangkumnya. Seiring waktu berjalan pastinya AC juga akan mengalami kerusakan dan juga penurunan kualitas secara perlahan.

Jika terus dibiarkan, kerusakan AC akan semakin parah dan bisa membuat kita kurang merasa nyaman bila di dalam rumah. Agar kerusakan tidak tambah parah periksa secara rutin Anda dapat menggunakan jasa service AC https://suwun.co.id/ yang memiliki teknisi terpercaya.

Vakum dan Biaya Vacum AC Rumah 

Apa arti Vacum AC ini memiliki fungsi untuk melakukan penyedotan di bagian AC sehingga nantinya pipa tersebut bisa bebas dari uap dan air sehingga tidak akan menyebabkan AC mati sendiri. Pipa pada AC yang tidak kering karena tidak di vakum, maka akan memiliki banyak uap air yang bisa menganggu dalam proses pendinginan.

Menggunakan mesin vakum, bisa dilakukan pemvakuman sehingga pipa AC menjadi kering dan juga bersih dari uap air. Pipa AC yang keadaannya lembab ini bisa membuat kompresor dan juga evaporator lama mudah sekali mengalami pengaratan yang disebabkan oleh uap air yang tinggal dan lambat laun akan menyebar ke seluruh bagian sistem pendingin dan AC mati sendiri.

Kisaran Biaya Vacum AC Rumah

Biaya vacum AC rumah yang ada di bawah ini hanya dilihat dari rata – ratanya saja karena setiap jasa service akan memberikan tarif yang berbeda – beda dan tergntung dengan apa yang akan ditanganinya:

JasaBiaya
Cuci AC  Rp 60.000 – Rp 70.000
Tambah FreonRp 150.000 – Rp 250.000
Isi FreonRp 250.000 – Rp 450.000
Bongkar ACRp 100.000
Pasang ACRp 250.000 – Rp 325.000
Bongkar Pasang ACRp 350.000 – Rp 425.000
Cek AC Rp 750.000
Las Perbaikan untuk Kebocoran Pipa + Isi FreonRp 500.000
Las Sambung Pipa Freon Per TitikRp 100.000

Penjelasan dari Layanan dan Biaya Vakum AC Rumah

Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan penjelasan layanan service AC yang ada di atas sehingga nantinya Anda lebih paham bila akan menggunakan jasa service AC rumah terdekat:

1. Penambahan Freon

Freon ini menjadi komponen paling penting yang ada di dalam AC dan dipakai untuk melakukan pengaturan pada suhu ruangan. Bila nantinya kadar pada freon ini berkurang, AC tidak akan berubah menjadi dingin. Oleh sebab itu sangat penting untuk dilakukan penambahan pada freon. Pada dasarnya, penambahan freon ini akan dilakukan pada setiap satu tahun sekali.

Baca Juga: Cara Memilih Jasa Instalasi Listrik Terpercaya

2. Isi Pada Freon

Berbeda dengan penambahan freon, melakukan pengisian freon dilakukan ketika adanya indikasi kebocoran di saat instalasi AC. Jenis freon ini juga tidak hanya ada satu tapi terdiri dari R22, R32 dan R410A. 

3. Melakukan Pengecekan AC

Pengecekan AC ini akan dibutuhkan agar bisa memastikan kondisi AC, mengalami masalah atau tidaknya. Harus Anda ketahui, pengecekan AC ini akan dikenakan biaya jika Anda memakai jasa yang lainnya.

4. Service AC

Jasa service AC rumah terdekat  yang satu ini memiliki tujuan untuk membersihkan AC di bagian luar dan juga dalam. Perawatan yang satu ini memang harus dilakukan secara berkala karena memang AC di pakai secara terus menerus dan juga sangat rentan terkena debu. Waktu paling ideal untuk membersihkan AC ini adalah 3–4 bulan sekali.

Artikel yang Direkomendasikan