Apa Itu Kompresor AC dan Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

jasa pemasangan ac

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan AC, mengetahui apa itu kompresor AC merupakan hal yang penting. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perawatan secara lebih efektif guna memastikan kondisinya prima.

Mengetahui Lebih Detail Apa Itu Kompresor AC

Secara garis besar, kompresor atau yang juga sering disebut dengan power unit memiliki peran yang cukup sentral pada alat elektronik seperti AC. Oleh karena itu, perawatannya harus dilakukan secara lebih efektif supaya AC dapat berfungsi secara maksimal. 

1. Pengertian Apa Itu Kompresor AC

Kompresor AC merupakan komponen paling penting pada AC yang dapat dianalogikan sebagai jantung dari sebuah AC. Bagian ini akan mengubah gas dari tekanan yang rendah ke tekanan yang tinggi untuk membuat udara ruangan menjadi lebih dingin.

Saat AC dinyalakan, kompresor akan memompa freon yang berbentuk cair dari kondensor ke evaporator. Freon cair ini akan diubah menjadi uap dari jumlah panas yang diserap. Uap panas inilah yang kemudian akan terkumpul dan disalurkan pada kompresor.

Saat freon sudah ada di kondensor, kompresor akan menghisap freon kembali untuk dijadikan uap panas yang kemudian disalurkan menjadi lebih dingin. Proses ini dilakukan secara berulang oleh kompresor sehingga udara ruangan mencapai suhu tertentu.

Baca Juga: Aplikasi Jasa Service AC dan Tipsnya

2. Fungsi Penting Kompresor AC

Secara umum, freon memang berfungsi layaknya jantung pada perangkat AC. Bentuknya cukup besar untuk memompa dan mengalirkan freon. Dengan demikian, kompresor berperan dalam proses sirkulasi udara untuk memberikan efek dingin.

Kompresor juga bermanfaat dalam membentuk dua tekanan, baik yang rendah atau yang tinggi. Saluran hisap pada kompresor yang terhubung pada evaporator memiliki tekanan rendah, sementara untuk saluran buang memiliki tekanan yang cukup tinggi.

Dikarenakan fungsinya sangat penting, Anda harus menjaga dan merawat kompresor secara seksama. Misalnya dengan memberikan pelumas secara rutin hingga mengecek sumbatan yang terjadi. Kompresor yang rusak akan membuat AC tidak dapat digunakan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai apa itu kompresor AC dan fungsinya yang sangat penting. Pastikan Anda memahami kinerja dan cara perawatannya sehingga memastikan AC dapat berfungsi secara lebih optimal.

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di area Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, perbaikan AC dan kulkas bisa Anda dapatkan semudah klik aplikasi Suwun, serta mengunjungi media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Dapatkan juga informasi seputar tips dan trik di Blog kami,  lho!

Artikel yang Direkomendasikan