Ciri Katup Ekspansi AC Rusak

jasa service ac sekolah

Sebagai salah satu komponen penting dalam pendingin udara, katup ekspansi AC menjadi komponen yang sangat penting. Fungsinya terbilang sangat vital karena komponen ini dapat mengontrol aliran pendingin yang akan mengubah wujud dari cairan menjadi uap.

Mengenal Tanda-Tanda Katup Ekspansi AC Rusak

Jika AC tidak digunakan secara baik, katup ekspansi bisa saja mengalami kerusakan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mewaspadai sejumlah ciri khusus dari kerusakan komponen tersebut sehingga dapat menentukan perbaikan yang tepat:

1. Katup ekspansi AC tidak menghembuskan udara dingin

Katup ekspansi harus memungkinkan adanya aliran refrigeran cair menjadi gas pada evaporator. Dengan demikian, sistem AC akan membantu meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Apabila udara yang dikeluarkan cenderung hangat, tentu harus diwaspadai.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya kerusakan pada katup ekspansi. Jika katup tersebut tersumbat atau retak, zat pendingin cair akan sulit berubah menjadi gas sehingga udara dingin tidak dapat dihembuskan.

2. Aliran udara yang kurang maksimal

Ciri lain yang bisa diketahui yakni adanya aliran udara yang tidak konsisten. Hal ini terjadi karena katup ekspansi yang tidak berfungsi secara maksimal hingga adanya kerusakan parah yang terdapat pada komponen tersebut.

Kerusakan pada katup ekspansi akan membuat unit AC tidak mengalirkan zat pendingin secara cukup. Dengan demikian, udara sejuk juga tidak akan mengalir secara konsisten. Bisa saja udara yang keluar cenderung dingin, namun tiba-tiba aliran udara terasa lebih hangat.

Baca Juga: Aplikasi Jasa Service AC dan Tipsnya

3. Sistem pendingin yang tidak berfungsi

Proses pendinginan pada AC seringkali terhambat dengan adanya filter udara yang kotor hingga kebocoran zat pendingin. Meski demikian, katup ekspansi yang rusak juga dapat menyebabkan sistem pendinginan menjadi kurang maksimal.

Katup ekspansi yang rusak dapat menyebabkan zat pendingin tetap stagnan. Udara yang ada di dalam unit cenderung akan tetap dan tidak mengalir, bahkan jika dibiarkan akan membuat komponen lain menjadi mudah rusak.

Itulah beberapa ciri kerusakan pada katup ekspansi AC yang harus diwaspadai. Pastikan Anda mengecek secara berkala komponen tersebut dan selalu menggunakan pendingin udara secara bijak untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Mau order jasa service AC secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di area Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, perbaikan AC dan kulkas bisa Anda dapatkan semudah klik aplikasi Suwun, serta mengunjungi media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Dapatkan juga informasi seputar tips dan trik di Blog kami,  lho!

Artikel yang Direkomendasikan