Apa Itu Mezzanine? Inilah Tips Desain Terbaik Tahun 2024!

desain-rumah-mezzanine

Mezzanine adalah platform atau biasa disebut lantai tambahan yang dibangun di antara lantai utama dan langit-langit dalam sebuah ruangan di dalam rumah. Penggunaan mezzanine tercipta untuk memaksimalkan lahan sempit.

Saat ini, tren desain rumah mezzanine sedang populer karena mengingat lahan sempit menjadi tantangan bagi pemilik rumah di perkotaan. Rumah mezzanine ini bisa membuat Anda memiliki hunian modern yang fungsional dan tetap estetis walaupun dengan keterbatasan lahan.

Untuk memiliki rumah mezzanine, yuk intip tips desain terbaik agar rumah Anda bisa terlihat indah walaupun dengan lahan yang sempit.

1. Rumah Mezzanine adalah Pemanfaatan Ruang Vertikal

Membuat rumah mezzanine berarti memanfaatkan lahan secara maksimal. Khusus rumah mezzanine yaitu memanfaatkan ruang vertikal secara efisien. Hal ini membuat Anda tidak perlu memperluas bangunan ke samping untuk menciptakan ruang tambahan. Konsep mezzanine ini menambahkan ruangan di atas ruangan yang sudah ada.

2. Pencahayaan Alami untuk Rumah Mezzanine

Menciptakan pencahayaan alami merupakan hal yang bisa membuat ruangan lebih nyaman dan terbuka. Anda bisa menambahkan jendela yang besar atau menggunakan jendela atap sehingga cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam ruangan. Cahaya alami ini bisa membuat ruangan lebih terang, segar, dan luas.

Baca Juga: Jasa Desain Arsitektur dan Daftar Harga

3. Tampilan Modern dan Minimalis

Tren desain rumah yang selalu menjadi sorotan utama adalah dengan meningkatkan nilai estetika modern dan minimalis. Untuk menciptakan rumah mezzanine adalah pemilihan material yang baik seperti beton, baja, atau kayu. Selain fungsinya yang baik, material tersebut juga memberikan kesan yang elegan dan kontemporer.

4. Perlunya Memperhatikan Keamanan dan Kestabilan

Memperhatikan kestabilan dan keamanan struktur dalam membuat rumah mezzanine merupakan hal yang paling utama. Pastikan struktur dalam membuat platform mezzanine kuat dan stabil. Tangga yang digunakan juga harus aman dan nyaman digunakan.

5. Ciptakan Gaya Mezzanine Sesuai Konsep Rumah Anda

Mezzanine bisa dibuat dalam berbagai gaya. Bisa dalam gaya modern, klasik, atau industri. Hal ini balik lagi pada konsep rumah Anda. Selain dari desain yang digunakan, untuk menciptakan gaya mezzanine tergantung dari material yang digunakan. Anda bisa konsultasikan dengan jasa arsitektur untuk membuat mezzanine sesuai kebutuhan Anda.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan