Patio Adalah: Pengertian, Fungsi dan Kriterianya

patio-adalah

Menurut Wikipedia, istilah patio adalah diambil dari bahasa Spanyol ‘patjo yang memiliki pengertian taman yang letaknya ada di bagian tengah atau di dalam rumah.

Adapun penggunaan ruang patio umumnya dilakukan oleh negara yang memiliki iklim padang pasir. Patio menjadi satu tempat yang terlindung dari panas dan keringnya iklim padang pasir sekaligus untuk memberikan kesegaran alami ke dalam bagian rumah.

Pengertian Patio Adalah Taman Dalam Rumah, Berikut Fungsinya

Beberapa orang memahami ruang patio sebagai halaman atau teras rumah, padahal bagian tersebut memiliki fungsi yang beragam. 

Konsep pembuatan patio sendiri berfokus pada ruang terbuka yang berciri khas dengan gaya natural dan alamiahnya. Untuk membangun patio, Anda bisa membuatnya menjadi satu dengan bangunan rumah maupun terpisah karena desainnya memang cukup fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta selera.

Berikut ini adalah fungsi dari patio dalam sebuah rumah:

1. Menjadi pusat hunian

Biasanya pusat dari sebuah rumah adalah ruang tengah yang sering digunakan untuk berkumpul keluarga. Anda juga bisa membuat patio menjadi pusat hunian rumah tinggal dengan cara membuat desain patio yang menarik sekaligus nyaman.

2. Penghubung antar ruang

Patio juga bisa menjadi bagian rumah yang menghubungkan antara ruangan luar menuju ruangan dalam rumah. Selain bisa memberikan efek menyenangkan, patio juga bisa menjadi satu bagian rumah yang memberikan keindahan tersendiri.

Baca juga: Tips Merawat Taman Rumah agar Tetap Indah

3. Rumah menjadi lebih nyaman

Patio yang terletak di bagian belakang rumah bisa menjadikan hunian terlihat lebih semarak dan hangat. Anda bisa memilih beragam desain patio yang disukai untuk diletakkan di bagian belakang rumah.

4. Memaksimalkan lahan yang ada

Pembuatan patio juga bisa dilakukan untuk memaksimalkan lahan kosong yang tak termanfaatkan dengan baik. Selain bisa menambah keindahan, adanya bangunan juga menjadikan lingkungan terlihat lebih rapi.

Kriteria bangunan patio adalah sebagai berikut :

  • Patio didesain sebagai ruang hijau nan sejuk yang bisa memberikan efek sejuk sekaligus teduh dalam sebuah rumah
  • Tak harus memiliki ukuran yang besar, yang penting desain patio sesuai kebutuhan penghuni rumah
  • Umumnya untuk jenis lantai yang digunakan adalah lantai khusus bangunan outdoor
  • Untuk bangunan atap biasanya bisa dibuat dengan model terbuka, tertutup atau setengah tertutup sesuai kebutuhan

Sekian informasi yang dapat diberikan. Singkatnya, patio adalah bagian rumah yang memiliki fungsi sebagai ruang hijau. Semoga bermanfaat.

Mau order jasa arsitektur rumah secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!                  

Artikel yang Direkomendasikan