Keuntungan dan Kekurangan dari Split Level dalam Arsitektur

jasa arsitektur

Split level dalam arsitektur adalah istilah pada desain bangunan yang memiliki ketinggian lantai yang berbeda atau memiliki beberapa tingkat yang terpisah namun tetap saling terhubung. Konsep ini digunakan untuk mengatasi lahan atau topografi yang tidak rata, dan juga untuk memanfaatkan lahan secara efisien.

Penggunaan split level tentu memiliki banyak keuntungan, namun tidak dipungkiri Anda harus tahu juga apa kekurangan dari split level ini. Yuk mari kita bahas detailnya.

Keuntungan Split Level dalam Arsitektur

Ada beberapa keuntungan split level. Berikut ulasannya.      

1. Split Level untuk Memaksimalkan Ruang

Split level mampu memanfaatkan ruang secara efisien pada lahan yang strukturnya tidak rata. Split level memungkinkan penggunaan ruang tanpa harus memperluas bangunan ke samping, hanya dengan memanfaatkan perubahan ketinggian dari tanah.

2. Pemisahan Fungsi

setiap level dalam desain split level ini bisa difungsikan sesuai dengan kebutuhan. Jika terdapat ruangan antara lantai pertama dan lantai kedua, Anda bisa gunakan ruang tersebut untuk kebutuhan Anda seperti ruang santai atau ruang lainnya.

3. Menciptakan Ruang Terbuka

Konsep split level menciptakan keterbukaan dalam ruangan karena adanya tangga atau level yang menghubungkan setiap tingkat. Oleh sebab itu, split level dapat memberikan aliran udara dan cahaya yang alami dalam bangunan.

4. Menciptakan Estetika Ruangan Lebih Baik

Tampilan desain split level ini membuat suasana lebih unik dan menambah nilai estetika suatu rumah. Karena split level ini tidak monoton seperti rumah yang dibangun dua lantai pada umumnya.

Baca Juga: Jenis Layanan dan Daftar Harga Arsitektur

Kekurangan Split Level

Ada juga beberapa kekurangannya sebagai berikut.      

1. Tangga yang Bisa Membatasi Aksesibilitas

Desain split level ini membutuhkan tangga untuk menghubungkan setiap tingkat. Hal ini justru bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki mobilitas terbatas, seperti lansia atau orang dengan disabilitas.

2. Kurangnya Privasi penggunaan split level dalam arsitektur

Split level memiliki memiliki keuntungan dalam meningkatkan keterbukaan ruang, namun hal itu bisa mengurangi tingkat privasi antar ruangan. Suara dari tingkat satu dengan yang lain mungkin akan terdengar.

3. Resiko Terjadi Kecelakaan

Split level dalam arsitektur terdapat tangga untuk menghubungkan antar tingkatan, hal ini bisa menjadi rawan kecelakan jatuh dari tangga apalagi bagi Anda yang memiliki balita.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan