Daftar Menu Selamatan Bangun Rumah Tradisi Jawa

Hingga saat ini, masyarakat Jawa masih melestarikan adat dan tradisi yang ada turun temurun, salah satunya adalah tradisi selamatan bangun rumah.

Orang Jawa biasanya setelah membangun rumah akan mengadakan slametan atau selamatan dengan membagikan makanan kepada tetangga sekitar dan menjadi hidangan ketika doa bersama. Untuk menu selamatan bangun rumah juga ada beberapa pilihan dan memiliki filosofi.

Tujuan Hidangan Menu Selamatan Bangun Rumah Untuk Syukuran

Bagi orang Jawa, di semua kejadian atau momentum yang berkesan perlu dilakukan selamatan. Misalnya kelahiran, kematian, pernikahan, khitanan, perayaan Islam, bersih desa, membeli kendaraan, membangun rumah, dan lain-lain.

Tradisi selamatan bangun rumah tidak hanya dilakukan ketika rumah sudah jadi berdiri kokoh dibangun. Bahkan saat awal membuat pondasi, orang Jawa biasanya mengadakan selamatan khusus.

Prosesi dalam pembuatan pondasi di tengah-tengah masyarakat Jawa memiliki istilah, “Nduduk Pondasi”. Di sini, “nduduk” mempunyai arti menggali, yang dimaksud yaitu menggali tanah untuk pondasi rumah.

Saat membuat pondasi rumah, ada tradisi tertentu yang dilakukan oleh masyarakat Jawa misalnya di Kabupaten Tulungagung, yaitu mengadakan selamatan bangun pondasi. Jadi, pada umumnya masyarakat Jawa mengawali membangun rumah dengan selamatan.

Bagaimana Proses Slametan Bangun Rumah?

Selain merupakan tradisi orang Jawa, mengadakan selamatan bangun rumah juga berisi doa bersama agar proses pembangunan rumah dari pembuatan pondasi hingga selesai berjalan lancar dan berkah.

Biasanya, dalam prosesi selamatan bangun rumah ini, seluruh warga sekitar akan datang ke rumah yang memiliki hajat.

Dalam bahasa Jawa ini disebut dengan seserawung (berbaur) sehingga mempererat kehidupan sosial dengan tetangga. Ini juga menjadi salah satu ciri khas dari tradisi selamatan yang ada di Jawa.

Prosesi selamatan ini tidak terlalu mewah, karena lebih tepatnya seperti tasyakuran biasa. Para tetangga yang datang hanya berkisar 10 sampai 30 orang duduk mengelilingi berkat (menu makanan selamatan) dan berbagai properti dengan duduk bersila.

Daftar Menu Selamatan Bangun Rumah Tradisi Orang Jawa

Pada setiap selamatan nduduk pondasi dan selamatan bangun rumah, pihak yang punya hajat akan menyajikan beberapa menu menu selamatan bangun rumah khusus.

Ada beberapa orang yang menganggap itu sebagai sesajen, padahal bukan. Setiap makanan dan properti memiliki filosofi tersendiri yang dibaliknya terdapat petuah-petuah dari leluhur Jawa.

Berikut ini merupakan beberapa macam menu selamatan setelah bangun rumah.

1. Sego Gureh

Sego gureh merupakan nasi putih dengan cita rasa gurih karena ditanak menggunakan santan kelapa. Nasi putih dalam hal ini merupakan simbol kehidupan yang sejahtera.

2. Jenang Sengkolo

Jenang sengkolo merupakan bubur beras yang diberi gula merah di bagian tengahnya, atau sering disebut juga sebagai bubur merah putih. Sebagaimana namanya, jenang sengkolo sebagai lambang untuk menolak bala.

Baca juga: Merasakan Lezatnya Makanan Asli Jogja Saat Berkunjung ke Jogja

3. Lodho (Ingkung)

Lodho atau sering juga disebut dengan ingkung merupakan ayam utuh yang dimasak dan hanya diambil isi perutnya. Hal ini melambangkan keutuhan dari wujud artinya semua keinginan dan harapan dapat tercapai atau terwujud.

4. Pala Kependem

Pala kependem merupakan menu makanan jenis umbi-umbian seperti telor rambat, ganyong, suweg, uwi, dan lain-lain. Umbi-umbian merupakan akar tumbuhan sehingga dianalogikan sebagai lambang agar pondasi rumah kuat seperti akar.

5. Gedang Rojo

Gedang rojo atau pisang raja merupakan salah satu menu selamatan yang sering disuguhkan. Pelafalan kata “gedang” dekat dengan pelafalan kata “padang” yang artinya terang. Jadi diharapkan semua proses pembangunan rumah dari awal hingga akhir bisa dijalankan dengan terang.

Itulah beberapa menu selamatan bangun rumah yang sering disuguhkan. Untuk mendapatkan jasa catering terdekat, silakan kunjungi Suwun.co.id dan Anda bisa langsung memilih jasa katering mana yang diinginkan.

Anda tinggal menghubungi jasa catering tersebut serta memilih menu untuk kemudian diantar di waktu yang telah dijadwalkan. Jangan lupa juga untuk download aplikasi Suwun di HP Anda untuk pemesanan jasa atau layanan lebih mudah.

Artikel yang Direkomendasikan