Merasakan Lezatnya Makanan Asli Jogja Saat Berkunjung ke Jogja

makanan-asli-jogja

Yogyakarta dikenal dengan julukannya sebagai Kota Pelajar karena banyak perguruan tinggi yang ada di sana. Namun, Yogyakarta juga merupakan destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung dan dikenal karena makanan asli Jogja.

Lingkungannya masih kental dengan budaya Jawa dari segi bentuk bangunan dan logat bahasanya menjadi daya tarik sendiri, apalagi dengan adanya Candi Prambanan sebagai destinasi wisata utama wisatawan yang berkunjung.

Bicara mengenai wisatawan di Jogja, tentu tidak jauh dari kegiatan berburu makanan asli Jogja. Biasanya para wisatawan dengan sengaja mencari makanan tersebut untuk merasakan cita rasa yang lebih bermakna karena langsung menyantapnya di kota asalnya. Tidak heran, banyak penjaja makanan berlomba-lomba menyajikan menu terbaik makanan khas dari Jogja.

Daftar Makanan Asli Jogja

Berikut rekomendasi makanan murah asli Jogja yang bisa Anda cicip saat berkunjung ke Jogja.

1. Bakpia Pathuk

Ketika berkunjung ke Jogja, tentu Anda akan sering melihat banyak sekali pedagang yang menawarkan kuliner satu ini, yaitu bakpia pathuk. Makanan khas Yogyakarta ini memiliki cita rasa yang manis dengan bentuk bulat bertekstur krispi di luar dan lembut di dalam, Anda bisa membeli bakpia pathuk sebagai oleh-oleh. Karena ada banyak merek dagang, Anda bisa memilih harga yang sesuai dengan budget yang tersedia, ya!

2. Gudeg, Makanan Asli Jogja

Hampir semua orang ketika mendengar kata gudeg langsung mengetahui bahwa makanan satu ini merupakan asli Yogyakarta. Anda bisa dengan mudah menemukannya ketika beristirahat sejenak setelah berkeliling kota Yogyakarta sebagai makanan untuk mengisi energi. Terbuat dari nangka muda yang direbus lama menggunakan santan, gudeg cenderung memiliki cita rasa manis gurih.

Baca juga: 6 Makanan Kuliner Indonesia Yang Terkenal Sampai Di Negara Lain

3. Bakmi Jawa

Jika Anda menyukai makanan dengan bahan utama mi, Anda bisa mencicipi bakmi Jawa ketika berkunjung ke Yogyakarta. Bakmi Jawa di Yogyakarta terkenal dengan keunikan cara memasaknya yaitu dengan arang. Biasanya bakmi Jawa disajikan dengan potongan kembang kol dan irisan besar daging ayam, setelah itu akan ditaburi dengan bawang goreng yang gurih.

4. Sate Klatak

Bagi penggemar sate, Anda bisa menyantap sate klatak khas Jogja. Sate klatak terbuat dari daging kambing yang diberi garam dan ketumbar, lalu sate klatak akan disajikan bersama nasi, kecap, atau baluran kuah gulai dan irisan cabai rawit untuk menambah cita rasa pedas. Keunikan sate klatak terletak di tusuk satenya yang berbahan besi seperti jari-jari roda, bukan tusuk sate yang terbuat potongan bambu.

Warung sate klatak yang bisa Anda kunjungi yaitu warung sate klatak Pak Pong, berlokasi di Pasar Jejera, Jalan Imogiri Timur. Buka dari pukul 10.00-24.00 WIB.

5. Tiwul

Nasi tiwul menjadi makanan murah asli Jogja yang perlu Anda coba ketika berwisata ke Yogyakarta. Kuliner dengan olahan singkong dan taburan parutan kelapa ini berasal dari Kabupaten Gunung Kidul dan menjadi primadona makanan khas di Blitar, Wonogiri dan Pacitan. Asal-usul nasi tiwul bermula pada zaman penjajahan Jepang di mana harga beras sangat mahal sehingga tiwul dijadikan makanan pengganti nasi bagi masyarakat zaman itu.

Demikian daftar makanan asli Jogja yang bisa Anda coba ketika berwisata ke Yogyakarta. Setelah mengetahui referensi yang kami sampaikan, jangan sampai bingung ketika ingin mencicipi makanan khas Yogyakarta, ya!

Anda bingung mencari jasa kursus memasak agar masakan Anda semakin enak? Suwun bisa menjadi solusinya, kunjungi Suwun.co.id untuk menemukan berbagai layanan jasa sesuai kebutuhan kamu. Selain situs, Anda bisa unduh aplikasi Suwun di Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april