Tips Membangun Kamar Mandi Tanpa Bak Air yang Unik dan Nyaman

Saat ini banyak orang yang tertarik dengan kamar mandi tanpa bak air karena terkesan sederhana dan tampak luas. Kamar mandi merupakan salah satu ruang yang sangat penting untuk menunjang kebersihan diri anggota keluarga. Untuk rumah minimalis, biasanya menggunakan kamar mandi minimalis sederhana tanpa bak. Sebelum membangun kamar mandi tanpa bak, Anda perlu pahami kelebihannya terlebih dahulu. Yuk, simak!

Kelebihan Desain Kamar Mandi Tanpa Bak Air

1. Penyimpanan yang Lebih Efisien

Desain tanpa bak air memungkinkan pemanfaatan ruang yang lebih efisien. Lemari penyimpanan dan rak dapat disusun dengan cerdas untuk menyimpan perlengkapan mandi, handuk, dan produk perawatan pribadi tanpa terlihat berantakan.

2. Tampilan Minimalis

Kamar mandi tanpa bak air menciptakan tampilan minimalis yang menawan. Desain yang bersih dan sederhana memberikan kesan luas, membuat ruangan terasa lebih lega dan modern.

3. Pemeliharaan yang Mudah

Tanpa bak air, membersihkan kamar mandi menjadi lebih mudah. Tidak ada area yang sulit dijangkau atau sulit dibersihkan, sehingga waktu dan usaha untuk perawatan harian dapat diminimalkan.

Kenapa Memilih Desain Kamar Mandi Tanpa Bak Air?

Saat memilih desain untuk setiap ruangan tentunya harus disesuaikan dengan fungsinya, begitu pun kamar mandi. Kini tersedia berbagai desain menarik yang bisa diaplikasikan untuk kamar mandi Anda, salah satunya desain tanpa bak.

Lalu mengapa kamar mandi dengan desain tanpa bak diminati banyak orang? Pasalnya, season yang satu ini cukup simple tetapi elegan. Bahkan umumnya hotel pun menggunakan kamar mandi dengan desain tanpa bak air.

Selain itu, pembuatan kamar mandi model ini juga menyesuaikan luas lahan yang tersedia. Untuk rumah minimalis model kamar mandi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan karena bisa lebih menghemat lahan, tidak butuh ruang untuk membuat bak mandi.

Dari sisi biaya, membuat model kamar mandi rumah tanpa bak juga jauh lebih hemat. Pasalnya, tidak butuh material tambahan untuk membuat bak, cukup menambahkan beberapa peralatan mandi yang mendukung sebagai pengganti bak seperti shower.

Berapa Ukuran Desain Kamar Mandi Tanpa Bak Air?

Dibandingkan kamar mandi dengan bak air, rumah yang menggunakan desain kamar mandi tanpa bak air hanya membutuhkan beberapa meter lahan saja.

Anda bisa memilih rekomendasi ukuran kamar mandi 2 x 1 meter. Meskipun memiliki ukuran yang tidak begitu luas, tetapi kamar mandi Ini bisa memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Jika ingin membuat kamar mandi yang sempit terkesan luas, Anda bisa menggunakan keramik kamar mandi yang berwarna putih atau terang. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan kamar mandi yang fungsional sehingga dapat tercipta ruang kamar mandi yang nyaman dan berfungsi secara tepat.

Lakukanlah penataan kamar mandi dengan baik jadi meskipun kecil tetap tidak pengap dan merasa nyaman, bahkan jika Anda lebih suka model kamar mandi tanpa bak air sekalipun. Anda bisa menggunakan shower dan kaca atau tirai pembatas untuk area mandi.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern

Cara Menciptakan Desain Kamar Mandi Minimalis Tanpa Bak

  • Gunakanlah peralatan yang simpel

Untuk kamar mandi minimalis tanpa bak, Anda perlu menggunakan perabotan yang simple unik dan menarik. Anda juga tidak harus menggunakan material marmer yang mahal, karena saat ini juga banyak pilihan perabot kamar mandi yang menarik misalnya perabot material beton dan kayu.

  • Keramik dan tembok warna netral

Kini ada banyak pilihan material untuk toilet tanpa bak air sehingga terlihat mewah. Untuk pemilihan keramik dan tembok pada kamar mandi minimalis tanpa bak gunakanlah yang berwarna netral. Keramik warna netral bisa dikombinasikan dengan perabotan jenis apa pun. Selain itu, warna ini juga menciptakan kesan luas dan terang untuk ruang kamar mandi.

  • Menggunakan shower

Kamar mandi minimalis tanpa bak dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Untuk mengganti bak air, Anda dapat menggunakan shower. Jadi di sudut atau sisi kamar mandi lainnya bisa diletakkan rak dinding untuk meletakkan perabotan kamar mandi sehingga lebih rapi.

Ide Desain Kamar Mandi Tanpa Bak Air

1. Pilih Material yang Tahan Air

Meskipun tanpa bak air, pastikan menggunakan material yang tahan air untuk mencegah kerusakan akibat kelembaban. Pilih ubin keramik atau bahan anti air untuk lantai dan dinding.

2. Permainan Pencahayaan yang Efektif

Pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan kesan mewah dalam kamar mandi. Gunakan kombinasi antara cahaya alami dan buatan untuk menciptakan atmosfer yang nyaman dan terang.

3. Pilih Peralatan Sanitasi Berdesain Modern

Pilih peralatan sanitasi yang memiliki desain modern dan sesuai dengan tema keseluruhan kamar mandi. Ini dapat menjadi poin fokus yang menarik perhatian.

4. Pertimbangkan Privasi

Meskipun desain kamar mandi terkesan terbuka, pertimbangkan privasi dengan menggunakan kaca berdesain atau partisi yang elegan.

Jangan khawatir jika ingin membangun atau merenovasi toilet rumah Anda menjadi toilet tanpa bak air. Saat ini banyak jasa renovasi ruangan yang bisa dipesan secara online. Untuk memilih jasa renovasi kamar mandi, silakan kunjungi website Suwun.co.id.

Ada berbagai pilihan jasa renovasi ruangan dan Anda bisa memilih lokasi terdekat. Setelah itu Anda bisa membuat jadwal kapan tukang akan datang ke rumah. Untuk kemudahan pemesanan download juga aplikasi Suwun di HP karena fiturnya jauh lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan