Lakukan 5 Hal Ini Jika Kulkas Tidak Nyala

kulkas-tidak-nyala

Bagi Anda yang mengalami kulkas tidak nyala, tidak perlu cemas karena bisa diatasi dengan beberapa cara. Suhu dingin di kulkas bisa menjaga makanan lebih awet dibandingkan berada di ruangan dengan suhu ruangan. Sayangnya, terkadang kulkas memiliki masalah sehingga tidak dapat digunakan secara optimal.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kulkas tidak menyala atau tidak dingin sehingga tidak bisa digunakan untuk menyimpan makanan. Masalah seperti ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kabel listrik terlepas, sekring putus, ada masalah pada pengontrol suhu dan lainnya. Nah, di bawah ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan saat kulkas bermasalah atau tidak dingin dengan tepat.

Tips Mengatasi Kulkas Tidak Nyala

Tips jitu mengatasi kulkas lampu nyala tapi tidak dingin dengan tepat adalah :

1. Memastikan Kulkas Mendapat Cukup Daya

Salah satu tips mengatasi kulkas tidak menyala adalah dengan memastikan kulkas mendapatkan cukup daya listrik. Apabila kabel listrik longgar pada bagian stop kontak akan menyebabkan kulkas mati dan tidak dapat beroperasi dengan baik.

Cara mengeceknya adalah dengan memastikan apakah kulkas memperoleh cukup daya dengan membuka pintu kulkas. Apabila lampu kulkas dapat menyala artinya lemari es masih memiliki daya dan jika lampu tidak nyala, maka kemungkinan ada gangguan di aliran listrik.

2. Memeriksa Pengatur Suhu Kulkas

Cobalah mengatur suhu kulkas untuk mengatasi kulkas tidak nyala dengan baik. Umumnya lemari es disetting suhu sekitar 16 sampai 27 derajat celcius sehingga cukup optimal untuk menjaga kualitas makanan. Kemungkinan Anda tidak sadar telah mengubah pengaturan suhu sehingga menyebabkan kulkas jadi tidak menyala.

Cara mengatasinya adalah cobalah mengatur ulang suhu kulkas dengan cara mengembalikannya ke suhu normal. Biasanya ada pengaturan suhu di bagian dalam kulkas yang dapat diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Menguji Segel Pintu Kulkas

Tips mengatasi kulkas nyala tapi tidak dingin berikutnya adalah dengan cara menguji segel pintu kulkas. Dikhawatirkan segel atau karet pintu kulkas rusak atau kotor sehingga menyebabkan udara dingin di dalam kulkas dapat keluar. Hal inilah yang memicu kulkas jadi tidak dingin karena segel pintu rusak sehingga Anda perlu mengeceknya.

Baca Juga: Tarif Bengkel Kulkas Terdekat

4. Bersihkan Kumparan Kondesor

Tips mengatasi kompresor kulkas tidak nyala adalah dengan membersihkan kumparan kondensor pada kulkas. Anda harus membersihkan kondensor menggunakan alat penyedot debu untuk mengatasi kulkas tidak dingin. Hal ini dapat terjadi karena kondensor kotor dan sebaiknya dibersihkan secara berkala supaya kulkas dapat bekerja secara optimal.

5. Tempatkan Kulkas di Permukaan Rata

Tips terakhir adalah pastikan Anda menempatkan kulkas di permukaan yang rata. Penempatan kulkas yang tidak rata akan membuat segel pintu menjadi rusak. Kulkas baru memang masih memiliki segel pintu lentus, namun jika tidak ditempatkan di permukaan tidak rata akan menyebabkan pintu tidak dapat tertutup dengan rapat.

Akibatnya kulkas jadi tidak dingin karena udara dingin dari kulkas bisa keluar melalui celah pintu yang terbuka akibat segel pintu sudah mulai rusak.

Nah, itulah 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulkas tidak nyala dengan tepat.

Tips Mengatasi Kulkas Tidak Nyala dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin mengatasi kulkas jadi tidak menyala dan dingin bisa kunjungi Suwun.co.id. Di sana ada banyak informasi tentang jasa service kulkas terpercaya.

Jangan lupa download juga aplikasinya bernama aplikasi Suwun dan manfaatkan banyak fitur menariknya di sana.

Artikel yang Direkomendasikan