Cara Perbaiki TV LCD Rusak

perbaiki-tv-lcd

Salah satu masalah TV LCD adalah layar gelap sehingga Anda harus coba cara perbaiki TV LCD dengan baik. Umumnya cara memperbaikinya berbeda-beda sesuai dengan penyebab dan juga merek televisinya. Meskipun gratis, namun biasanya tidak jauh berbeda dan hampir sama sehingga bisa Anda coba sendiri di rumah.

Sebelum Anda mencoba semua caranya harus memastikan dahulu apakah lampu belakang tidak menyala atau menyala, namun hanya menampilkan warna hitam saja sehingga mengakibatkan gambar tidak ada dan suara tetap normal. Umumnya kerusakan seperti ini disebabkan karena di lampu belakang atau backlightnya jadi perlu diganti. Nah, cara memperbaiki LCD TV selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Perbaiki TV LCD Layar Gelap

Cara perbaiki LCD TV LG layar gelap dengan mudah dan tepat adalah :

Mengganti Lampu Backlight

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki TV LCD layar gelap adalah dengan cara mengganti lampu backlight jika permasalahannya karena lampu belakang mati. Sebelum Anda mencoba untuk mengganti lampu backlight sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu. Anda harus menerika tegangan DC untuk penyuplai panel yang akan dihasilkan oleh Boost converter sehingga menghasilkan tegangan DC 135 volt.

Tegangan 135 volt ini untuk suplai kurang lebih 45 lampu LED backlight dengan rangkaian seri. Itulah sebabnya apabila salah satu lampu LED mati, maka semua lampu akan ikut mati juga. Anda bisa menggunakan AVO meter untuk mengukur tegangan tersebut. Apabila tegangan diukur dengan menunjukkan angka 230 volt, maka rangkaian lampu LED tersebut rusak.

Baca Juga: Ini Dia Cara Memperbaiki Laptop Mati

Apabila sudah pasti jika lampu LED rusak, maka Anda bisa mulai proses pembongkaran TV untuk cara perbaiki TV LCD. Cara pembongkaran TV harus dilakukan dengan baik dan hati-hati supaya tidak merusak panel karena panel yang rusak akan lebih sulit diperbaiki bahkan bisa jadi tidak dapat diperbaiki lagi. Panel yang sudah terlanjur rusak harus diganti dan harganya cukup mahal.

Jika sudah berhasil membongkar TV, selanjutnya mencari lampu yang mati dan menggantinya dengan yang baru. Cara mengganti lampu backlight tidak harus semuanya atau satu set, namun ganti lampu yang mati saja sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Apabila Anda sudah berhasil menggantinya silahkan melakukan pengetesan apakah lampu sudah menyala atau belum. Jika ada lampu lainnya yang redup sebaiknya diganti juga yang baru.

Memperbaiki Layar LCD Pecah

Layar TV LED gelap juga bisa disebabkan karena layar pecah sehingga terkadang terlihat ada garis-garis hitam di layar. Nah, cara perbaiki LCD TV pecah memang cukup sulit dan hanya bisa dikerjakan oleh orang yang berpengalaman. Disamping itu, memperbaiki layar TV LED pecah akan membutuhkan biaya yang cukup mahal karena Anda harus membeli LED TV yang baru sesuai dengan tipe dan merek TVnya.

Memperbaiki IC

Kerusakan TV LCD layar gelap, namun suara ada dapat disebabkan oleh masalah IC maupun IC short. Anda dapat mengeceknya dengan menyentuh IC yang ada di modul Tcon. Jika IC bermasalah akan terasa panas bahkan sampai panas sekali saat disentuh. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara mengganti IC yang baru dan harus sesuai dengan tipenya.

Seperti itu cara perbaiki TV LCD dengan mudah yang boleh Anda coba di rumah.

Cara Perbaiki TV LCD dengan Jasa Service Terpercaya

Khusus bagi Anda yang mengalami kerusakan LCD TV layar gelap dan kesusahan untuk memperbaikinya sendiri, Anda bisa mempercayakannya ke jasa service TV terbaik dan Anda bisa menemukannya hanya di Suwun.co.id.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba download aplikasi Suwun untuk merasakan fitur terlengkap yang tersedia.

Artikel yang Direkomendasikan