Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian dan Cara Memperbaikinya

Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang melekat pada laptop. Bisa dibilang keyboard termasuk komponen utama untuk mengerjakan sesuatu. Namun, keyboard bisa saja mengalami kerusakan, misalnya keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

Hal tersebut tentu saja bisa membuat Anda kebingungan jika memiliki tugas yang mendesak, bukan? Berikut ini adalah penyebab keyboard tidak berfungsi sebagian dan cara mengatasinya dengan benar.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Biasanya penyebab keyboard laptop tidak berfungsi sebagian adalah karena mengalami kegagalan mekanis, driver keyboard bermasalah, atau lainnya.

  1. Driver Laptop Bermasalah

Ini terjadi apabila kita melakukan instalasi atau penyetelan perangkat lunak dari pihak ketiga, sehingga berpengaruh pada kinerja laptop, salah satunya keyboard.

  1. Pengaturan Tidak Kompatibel

Penyebab keyboard tidak bisa berfungsi sebagian adalah pengaturan yang salah akibat sistem tidak berjalan dengan baik ketika masa penggunaan.

  1. Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian Karena Kotor

Ini merupakan masalah yang sering diabaikan pengguna laptop. Padahal keyboard kotor akan memberikan dampak pada kerusakan keyboard.

  1. Koneksi Buruk

Keyboard tidak bisa berfungsi sebagian bisa saja karena koneksi buruk antara motherboard dan perangkat keras. Bisa saja karena ada kabel yang longgar.

  1. Keyboard Rusak

Ini permasalahan paling umum, yaitu kerusakan pada keyboard. Jika memang ini yang terjadi, maka Anda bisa mengganti keyboard atau melakukan servis pada ahlinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Ada beberapa cara menangani keyboard laptop tidak berfungsi sebagian sebelum memutuskan untuk membeli baru, antara lain:

  1. Restart Laptop

Cara ini merupakan cara utama mengatasi suatu permasalahan jika keyboard tidak bisa berfungsi sebagian. Restart laptop biasanya menjadi cara pamungkas dan permasalahan laptop Anda bisa terselesaikan.

Restart laptop bisa Anda lakukan dengan cara:

  • Klik tombol atau menu Windows
  • Pilih tombol power
  • Klik Restart, dan laptop akan memulai ulang sistem
  1. Membersihkan Keyboard

Hal yang menyebabkan sebagian keyboard laptop tidak berfungsi bisa saja karena keyboard kotor. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan keyboard dari debu untuk menghindari masalah pada keyboard laptop Anda.

  1. Ganti dengan Keyboard Eksternal

Ini merupakan alternatif apabila Anda butuh menyelesaikan sesuatu yang mendesak, tetapi keyboard Anda tetap tidak berfungsi. Anda bisa gunakan keyboard eksternal untuk mempercepat pekerjaan. Namun, apabila keyboard eksternal tetap tidak bisa, Anda harus cek kerusakan yang mungkin terjadi pada software laptop.

  1. Memperbaharui Driver Keyboard

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa keyboard bermasalah bisa saja karena kesalahan mekanis pada driver keyboard. Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian karena masalah ini adalah dengan memperbarui driver pada keyboard.

Untuk caranya sendiri yaitu:

  • Pilih “search” pada driver keyboard.
  • Klik “search” di menu Windows.
  • Ketik “device manager”, lalu pilih.
  • Pilih menu Perluas opsi di papan ketik.
  • Klik bagian kanan atas pada menu Temukan keyboard.
  • Perbarui driver.
  • Klik tulisan “Cari secara otomatis”.
  • Ikuti petunjuk yang ada.
  • Driver keyboard akan diperbarui.
  1. Bawa Ke Tempat Servis Laptop

Ini merupakan cara terakhir apabila keyboard masih belum kembali normal. Minta bantuan kepada ahlinya akan lebih baik daripada Anda membongkarnya sendiri.

Nah itu dia penyebab sekaligus cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Namun, apabila keyboard laptop tidak berfungsi sebagian masih tetap Anda alami, segera bawa ke tempat servis untuk ditangani atau diganti keyboard baru.

Suwun adalah jasa yang tepat apabila Anda mencari jasa memperbaiki perangkat elektronik yang rusak, seperti HP atau laptop. Kunjungi website Suwun.co.id atau install aplikasi Suwun di Play Store maupun App Store.

Artikel yang Direkomendasikan