Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Untuk Android

unlock imei

Jika HP Android Anda tiba-tiba mati dengan sendirinya, pasti akan membuat panik. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi HP mati sendiri untuk mengatasi masalah tersebut agar HP bisa segera aktif kembali untuk digunakan, apalagi jika dibutuhkan untuk sesuatu yang penting.

Ada beberapa faktor yang membuat HP mati sendiri, misalnya overheat, update tidak selesai, dan beberapa lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara sesuai penyebab HP Anda mati sendiri.

Beberapa Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Ada beberapa cara mengatasi HP yang sering mati dengan sendirinya. Misalnya membersihkan cache, reboot, atau servis HP. Sebelum membawa HP Anda ke tempat servis, coba beberapa cara mengatasi HP mati sendiri berikut ini!

  1. Istirahatkan HP Jika Suhu Terlalu Panas

Pada umumnya, suhu yang normal untuk HP saat digunakan adalah pada kisaran 40 derajat celcius. Namun, jika lebih dari itu, berarti HP Anda mengalami overheat atau terlalu panas.

Jika Anda mengalami hal ini pada HP Android Anda, misalnya pada HP Oppo, cara mengatasi HP OPPO mati sendiri karena overheat adalah segera istirahatkan HP Anda hingga suhunya turun, baru digunakan kembali. Suhu yang terlalu panas pada HP bisa menimbulkan banyak kerusakan pada hardware dan software.

  1. Menggunakan Charger Original

Cara selanjutnya adalah mengisi daya menggunakan harger yang original, terutama jika baterai Anda adalah baterai tanam. Jadi, jika Anda ingin tahu cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam, maka Anda bisa gunakan charger bawaan atau original dari merek HP yang Anda miliki. Hindari penggunaan charger sembarang yang berisiko menyebabkan kerusakan pada prosesor dan baterai.

  1. Menghapus Cache dan File Sampah

Cache dan file sampah dapat menyebabkan HP Anda memiliki kinerja yang lambat bahkan mati sendiri. Biasanya ponsel yang mudah mengalami masalah pada ruang penyimpanan adalah HP Samsung. Maka dari itu, jika Anda ingin tahu bagaimana cara mengatasi HP Samsung mati hidup sendiri, Anda bisa rutin menghapus cache dan file sampah.

Baca juga: 10 Cara Memilih Jasa Service HP Terdekat Bisa Ditunggu

  1. Cara Mengatasi HP Mati Sendiri dengan Update Sistem Android

Baterai masih banyak, tetapi ponsel mengalami freeze lalu mati sendiri? Bisa jadi karena sistem Android belum selesai update.

Sistem Android adalah salah satu komponen paling penting, maka dari itu Anda harus rutin melakukan update. Jika HP Anda tiba-tiba mati sendiri, coba lakukan update pada sistem Android sebagai salah satu cara mengatasi HP mati sendiri padahal baterai masih banyak.

  1. Atur Ulang Menjadi Setelan Pabrik

Cara untuk mengatasi HP mati sendiri selanjutnya adalah mengembalikan pengaturan HP ke setelan pabrik. Ini dilakukan ketika upaya sebelumnya gagal, terutama HP masih tetap mati sendiri ketika sudah dilakukan root dan gagal.

  1. Melakukan Servis HP

Jika kerusakan sudah parah dan HP sudah susah untuk dihidupkan kembali, maka bawalah ke tempat servis. Ini adalah solusi terakhir sebagai cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup. Anda bisa meminta tolong pada teknisinya untuk mencari tahu penyebab sesungguhnya.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi HP yang mati sendiri. Jika cara di awal berhasil, maka Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih banyak. Namun, jika semua cara mengatasi HP mati sendiri dan HP justru tidak bisa hidup, bawalah ke tukang servis HP untuk segera ditangani.

Jika Anda membutuhkan jasa servis barang elektronik, kunjungi Suwun.co.id. Suwun menyediakan berbagai kebutuhan jasa, Anda tinggal mencarinya di kolom pencarian. Bisa juga download aplikasi Suwun lewat Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan