Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

cara-memperbaiki-keyboard-laptop

Keyboard laptop yang tidak berfungsi tentu sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, semua pekerjaan dengan laptop sudah pasti akan terhambat sehingga pekerjaan tidak segera selesai. Meskipun ada sejumlah cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, namun jika dibiarkan terus menerus tentu kerusakan ini bisa merembet dan sangat menyusahkan.

3 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Umumnya, kendala yang seringkali dialami adalah keyboard alternatif copy-paste yang tidak berfungsi. Namun, tidak jarang tombol-tombol lain juga mengalami hal yang serupa. Oleh karenanya, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan seperti berikut.

1. Restart laptop terlebih dahulu

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian yakni dengan merestart laptop. Tidak jarang, cara ini menjadi salah satu solusi dari berbagai masalah yang terjadi pada laptop dan sistem operasinya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan restart laptop jika ada kendala pada keyboard. Anda dapat mengklik menu restart pada Start Menu, namun juga dapat menekan tombol daya pada laptop selama beberapa saat sampai perangkat tersebut tidak menyala, lalu tekan ulang sekali untuk menyalakan laptop kembali.

Tidak jarang cara ini dilakukan beberapa kali sampai masalah tersebut terselesaikan. Akan tetapi, Anda juga perlu coba untuk mematikan laptop selama beberapa menit sebelum digunakan kembali, terlebih jika laptop tersebut sudah dipakai selama berjam-jam lamanya.

2. Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan Device Manager

Perbaikan keyboard juga dapat dilakukan dengan memperbaiki driver perangkat tersebut, terutama jika Anda sebelumnya memasang suatu perangkat lunak pihak ketiga, mengalami serangan virus komputer, dan kendala lainnya.

Oleh karenanya, melakukan pengecekan secara berkala wajib dilakukan. Adapun caranya juga cukup mudah, yakni dengan membuka Device Manager dan cek bagian Keyboard. Jika ada tanda segitiga berwarna kuning, maka tandanya driver tersebut mengalami kerusakan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengklik dua kali pada driver yang bermasalah tersebut, kemudian klik Update Driver. Atau, Anda juga bisa men-download driver keyboard terbaru sesuai dengan produsen laptop tersebut. Kedua cara ini sama-sama dapat dipakai sebagai alternatif cara memperbaiki huruf keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Baca Juga: 10 Penyebab Komputer Rusak dan Cara Memperbaikinya

3. Menjalankan fungsi system restore

Seringkali kita tidak menyadari jika masalah pada keyboard laptop dapat terjadi ketika kita telah melakukan instalasi sebuah program (software). Apabila hal ini terjadi, maka Anda dapat coba melakukan system restore.

System restore ini dapat ditemukan di menu “Recovery” yang ada di kolom pencarian Start Menu. Atau bisa juga ditemukan di menu Pengaturan yang ada di laptop. Meski demikian, untuk menggunakan menu ini perlu dilakukan secara cermat dan hati-hati.

Hal ini karena menu System Restore ini akan membuat laptop kembali ke keadaan semula sebelum instalasi program bermasalah tersebut. Dengan begitu, secara otomatis program bermasalah akan hilang dari sistem. Back up data Anda untuk mengantisipasi hilangnya data penting.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Jasa Service Laptop Terbaik

Apabila semua cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi di atas sudah dilakukan namun masih bermasalah, tentu Anda harus segera menghubungi teknisi. Anda dapat langsung ke service center atau menghubungi teknisi dari Suwun.co.id.

Ada juga aplikasi dari Suwun yang dapat di-download langsung dari Play Store atau App Store. Anda sudah bisa memanggil teknisi handal untuk datang ke rumah guna memperbaiki laptop Anda tersebut hanya dengan download aplikasi Suwun. Selamat mencoba fitur yang lengkap ini ya!

Artikel yang Direkomendasikan