Beeping Adalah: Penjelasan Singkat Arti Bunyi Beep

beeping-adalah

Ketika menyalakan komputer Anda mungkin pernah mendengar ada suara beep atau tit. Anda mungkin tidak sadar jika ada bunyi-bunyi tersebut. Bunyi beeping adalah bunyi yang didapat dari BIOS ketika melakukan pengecekkan pada perangkat yang tersambung dengan komputer ketika komputer tersebut dinyalakan.

Arti Bunyi Beeping Adalah

Bunyi yang dihasilkan BIOS ini juga menunjukkan pemberitahuan ketika sistem mengalami masalah ketika sedang melakukan POST maupun tes awal ketika booting. 

Dapat disimpulkan bahwa bunyi beep atau tit ini adalah metode komunikasi audio yang dipakai BIOS dalam memberikan informasi terkait status sistem maupun masalah yang mungkin terjadi. Perlu diketahui juga bahwa masing-masing produsen motherboard mempunyai kombinasi bunyi bunyi berbeda-beda yang bisa memberikan indikasi terkait masalah spesifik.

– Bunyi short beeping adalah

Bunyi pertama yang biasa Anda dengar adalah satu beep pendek. Jika mendengar bunyi ini artinya POST atau Power On Self Test berhasil dilakukan dan artinya sistem berfungsi dengan baik. Jadi bunyi beep ini merupakan bunyi beep normal.

Beep tiga kali berulang

Jika Anda mendengar bunyi beep sebanyak tiga kali berturut-turut maka hal ini mengindikasikan adanya masalah pada modul RAM. Ada kemungkinan terjadi masalah pada modul RAM yang tidak berfungsi maupun tidak terdeteksi sebelumnya.

Baca juga: Harga Jasa Service Komputer Panggilan

– Bunyi beep panjang berulang

Selanjutnya jika terdapat bunyi beep panjang dan berulang pada komputer Anda artinya terdapat masalah di kartu grafis. Selain itu bunyi ini juga menunjukkan adanya masalah koneksi pada kartu grafis dengan motherboard. Hal tersebut terjadi apabila kartu grafis tidak terpasang baik maupun apabila terdapat masalah di slot PCIe.

– Bunyi beep pendek berulang

Bunyi beeping adalah pendek berulang, Anda mungkin pernah mendengar bunyi beep pendek berulang disertai dengan pesan kesalahan pada layar. Jika Anda menemukan hal ini maka dapat dipastikan terdapat masalah pada keyboard ataupun kesalahan deteksi perangkat keras lainnya.

Itulah beberapa bunyi beeping yang biasa Anda dengar. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa setiap bunyi beeping menunjukkan arti berbeda.

Mau order jasa service komputer secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan