Cara Merawat Kulit Sofa agar Tetap Awet & Terlihat Seperti Baru

jasa-cuci-sofa

Perlu kamu ketahui bahwa cara merawat sofa kulit memiliki perawatan yang sedikit berbeda dengan jenis sofa berbahan lainnya. Sofa jenis ini membutuhkan perawatan khusus agar kebersihan dan kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Jika tidak dilakukan dengan benar, furnitur dengan material kulit seperti ini akan lebih cepat rusak dan terlihat usang.

Tak bisa dipungkiri, sofa berbahan kulit memang mampu memberikan sentuhan elegan pada dekorasi rumah kamu. Namun,sofa yang tergolong mewah ini membutuhkan sejumlah perawatan yang tak bisa dilakukan sembarangan. Yuk, cari tahu bagaimana cara merawat kulit sofa!

Lenyapkan Kotoran Sedini Mungkin

3 Cara untuk Menghilangkan Noda Tinta pada Sofa - wikiHow

Kotoran di sofa kulit harus segera dilenyapkan. Pasalnya, semakin lama didiamkan, kotoran akan mengkristal alias membandel. Kotoran atau noda bandel tersebut asalnya bisa dari tumpahan air minum, debu, jamur, ataupun keringat. Lengan sofa kulit Anda biasanya merupakan bagian yang paling mudah kotor dan menghitam.

Adapun cara membersihkannya yakni basahi dengan air bersih kemudian lap dengan kain halus. Jangan menggosok-gosoknya, cukup tekan bagian sofa kulit yang kotor hingga kotoran terserap.

Bersihkan Secara Rutin

Jangan Salah! Begini 11 Cara Merawat Sofa Kulit Tetap Cemerlang dan Awet -  Artikel SpaceStock

Sofa kulit yang dibersihkan secara berkala, warna dan teksturnya akan terjaga. Bersihkan setiap bulan dengan sikat khusus yang aman untuk material kulit. Kalau Anda membersihkan sofa kulit dengan mesin pengisap debu, gunakan ujung yang berbulu halus dan waspadai jangan sampai menggores permukaan kulit sofa.

Selain untuk melenyapkan debu, langkah ini juga untuk menghilangkan partikel-partikel kulit mati dan kotoran lain yang menumpuk pada permukaan kulit sofa. Pastikan Anda juga membersihkan pinggiran, jahitan, dan celah-celah sofa karena di daerah tersebut kotoran sering berkumpul. Jangan gunakan sembarangan sikat atau lap. Kalau sudah bersih, keringkan menyeluruh.

Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

cara merawat kulit sofa

Jangan gunakan sembarang cairan pembersih untuk sofa kulit Anda. Pasalnya, pori tekstur kulit yang asli cepat menyerap cairan. Nah, penggunaan cairan pembersih yang tidak tepat bisa menyebabkan sofa kulit Anda menjadi belang warnanya. Penggunaan lotion untuk kulit lebih baik dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Baca Juga: Cara Mencuci Sofa Kain

Antisipasi Kerusakan dengan Pelapisan

Jangan Salah! Begini 11 Cara Merawat Sofa Kulit Tetap Cemerlang dan Awet -  Artikel SpaceStock

Kalau Anda punya sofa kulit baru, coba lapisi dulu sofa kulit Anda dengan pelapis khusus sebelum digunakan. Tapi, kalau telanjur sudah digunakan, ya apa boleh buat, lakukan saja pelapisan setelah membersihkannya lebih dulu dari semua debu dan kotoran.

Selain dilapisi material pelapis khusus, kulit sofa Anda juga bisa dilapisi pelembap kulit. Material kulit memang pada dasarnya memproduksi minyak untuk melapisi dan melindungi permukaannya dari retak-retak atau pecah-pecah karena terlalu kering. Kalau sudah cukup lama digunakan, sofa kulit mengalami penurunan produksi lapisan minyak alaminya. Untuk mengantisipasi hal ini, ganti kandungan minyak aslinya dengan produk perawatan bahan kulit yang tepat.

Jauhkan dari Sinar Matahari atau Panas Tinggi

Letakkan sofa kulit di ruangan yang tak terkena sinar matahari langsung atau paparan panas yang tinggi. Kalau hal ini terjadi untuk jangka panjang, jangan heran kalau sofa kulit Anda warnanya jadi kusam dan tekstur kulitnya berubah. Letakkan sofa kulit Anda setidaknya satu meter dari sumber panas.

Percayakan Perawatan pada Ahlinya

Cuci Sofa Bogor Anti Tungau | Grades Cleaning Service

Kalau Anda ragu membersihkan sendiri sofa kulit Anda, percayakan saja perawatannya kepada profesional yang memang lebih memahami dan berpengalaman. Yuk, cari jasa cuci sofa di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan