Cara Mencuci Sofa Kain agar Kembali Bersih & Kinclong

jasa-cuci-sofa

Bagaimana cara mencuci sofa kain agar bersih? Simak tipsnya di sini!

Sofa adalah salah satu furnitur yang pasti ditemukan pada setiap hunian. Ada beragam bentuk sofa, seperti Sofa L, Sofa Bed, Sofa 1 Seater, hingga Sofa 2 Seater. Selain itu, sofa juga terbuat dari berbagai macam material, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah material kain atau fabric. Jika kamu memiliki sofa dengan material kain di rumah, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara membersihkan sofa kain yang baik dan benar?

Membersihkan sofa dan kursi yang memiliki sarung pembungkus berbahan kain lebih mudah karena Anda cukup memasukkan sarung tersebut ke dalam mesin cuci atau membawanya ke penatu jika terlalu besar. Baca dan ikuti petunjuk perawatan kain penutup sofa Anda. Kalau sofa dan kursi Anda tidak memiliki sarung yang dapat dilepas, Jangan khawatir, tips di bawah ini bisa membantu kamu mencuci sofa dengan mudah !

Tips Mencuci Sofa Kain

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membersihkan sofa kain.

1. Cairan Pembersih Sofa Kain

Anda dapat membeli pembersih sofa kain dari toko-toko perlengkapan rumah tangga atau pasar swalayan. Selain produk-produk siap pakai, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan berikut ini yang memberikan hasil tidak kalah bersih dibandingkan dengan produk-produk siap pakai.

Berikut adalah beberapa produk yang dapat kamu gunakan:

Detergen Cair Lembut

Detergen adalah salah satu cairan yang cocok digunakan untuk membersihkan sofa kain. Campurkan detergen dengan air hangat lalu aduk dengan rata untuk menghasilkan busa melimpah.

Cuka

Cuka cocok digunakan untuk menghilangkan noda pada kain sofa. Seusai menggunakan cuka, bilas permukaan sofa dengan air sabun hingga bersih. Ketika membersihkan menggunakan cuka, ada baiknya kamu membuka jendela atau menyalakan kipas angin untuk mengurangi intensitas bau cuka yang menyengat.

Tisu Basah

Tisu basah cocok digunakan untuk menyeka bagian sarung sofa yang kotor. Dalam tisu basah terkandungan yang lembut, sehingga tidak akan merusak kain sofa. Teksturnya juga cukup kering, sehingga tidak berisiko membuat permukaan sofa menjadi terlalu basah.

2. Singkirkan debu dan kotoran

Sebelum menggunakan bahan atau produk pembersih sofa kain apa pun, singkirkan kotoran dan debu di seluruh permukaan sofa dan kursi. Anda bisa memakai lap, kemoceng, sikat berbulu halus, atau mesin pengisap debu dengan ujung berbulu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.

3. Tangani bercak-bercak kotoran

Gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap sofa.

Lap pada bagian sofa yang terkena noda atau bercak kotoran menggunakan tisu basah atau kain mikrofiber.

Sebelum mengelapkan ke permukaan sofa, kamu dapat mengetes dahulu bahan atau produk pembersih yang akan kamu gunakan ke bagian kecil yang tersembunyi di sofa.

Hal tersebut dilakukan untuk melihat apakah produk pembersih aman digunakan di sofa atau tidak.

4. Bersihkan seluruh permukaannya

Pakai kain mikrofiber yang dibasahi larutan detergen untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar kandungan larutan detergennya bekerja mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa. Anda hanya perlu membuat kain mikrofibernya lembap supaya tidak terlalu membasahi sofa, jadi peras kain tersebut hingga tidak ada air menetes.

5. Keringkan

Sebagian orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sofa secara cepat, tetapi membiarkan sofa sampai kering secara alami merupakan pilihan yang terbaik. Untuk mempercepat prosesnya, buka jendela dan biarkan angin masuk.

Nah, itu dia beberapa cara untuk membersihkan sofa kain kesayangan kamu. Agar sofa kain terlihat bersih dan awet, lakukan pembersihan secara rutin ya!

Booking jasa Cuci atau Membersihkan Sofa / Springbed melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan