10 Ciri-ciri Freon AC Bocor dan Cara Membersihkannya

jasa-service-ac

Bagaimana ciri-ciri freon AC bocor? Simak di sini!

Freon AC merupakan senyawa yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memperlancar sistem kerja AC agar mampu menghasilkan udara yang lebih sejuk. Tidak dipungkiri saat ini peranan AC sangatlah penting untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis.

Hal tersebut membuat ruangan kantor, ruko, hingga rumah membutuhkan AC untuk mendapatkan udara yang lebih sejuk. Ruangan yang sejuk dan dingin mampu memberikan kenyamanan yang maksimal untuk berbagai kegiatan yang dilakukan.

Mengenal Freon AC

HVAC Systems Using R22 (Freon) Phase Out | Modern Mechanical Blog

Meskipun namanya sudah cukup familiar, namun ternyata masih banyak orang yang menanyakan apa itu freon AC. Pertanyaan tersebut timbul karena kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa freon mampu membuat AC dingin namun tak memahami dengan baik seperti apa bentuknya.

Freon adalah campuran zat yang biasanya berbentuk cairan yang dimasukkan ke dalam sebuah pompa yang digunakan untuk membentuk sirkulasi pendinginan. Pada proses sirkulasi, zat tersebut akan mengalami perubahan bentuk dari wujud cair ke gas kemudian kembali lagi.

Senyawa kimia ini biasa digunakan sebagai bahan pendingin untuk kulkas, AC dan barang elektronik lainnya. Jika tidak ada freon, maka alat elektronik tidak akan memiliki bahan bakar untuk mampu menghasilkan udara yang dingin.

Freon berperan sebagai fluida yang mampu menyerap udara kotor atau panas agar suhu di dalam ruangan bisa dikondisikan dengan lebih baik. Wujud freon tidak bisa dirasakan dengan kasat mata, namun tekanannya bisa diukur dengan menggunakan alat khusus.

Freon tidak memiliki warna ataupun bau sehingga mungkin sulit dikenali, namun zat ini berperan penting untuk mengoptimalkan kinerja ac guna mengaturan tekanan udara dalam ruangan.

Ciri-ciri Freon AC Bocor atau Habis

Awas Salah Pilih, Kenali Jenis-Jenis Freon Air Conditioner Berikut Supaya  Kinerja AC Tetap Optimal ยป AC Daikin

Masalah yang paling populer ditemukan ialah terjadinya kebocoran yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan AC mendinginkan ruangan hingga masalah gangguan kesehatan. Jangan anggap remeh dan segera ambil tindakan jika hal ini terjadi. Kenali Ciri ciri freon bocor atau habis sebagai berikut ini.

1. AC tidak terasa dingin

AC memiliki fungsi utama untuk mendinginkan ruangan. Secara normal, dalam 15 menit saja udara dalam ruangan harusnya sudah terasa lebih dingin dan sejuk. Jika AC mulai tidak terasa dingin, maka Anda harus curiga. Biasa saja hal tersebut terjadi karena freon sudah habis atau kebocoran Freon.

Coba perhatikan lagi pengaturan AC pada remote. Jika sudah benar dan masih tidak dingin, sebaiknya Anda memanggil petugas service untuk melakukan pengecekan freon pada AC

2. Ciri-ciri Freon AC Bocor adalah Lampu indikator AC berkedip

Ciri ciri freon bocor selanjutnya adalah lampu indikator timer yang biasanya berkedip jika beberapa komponen AC mengalami berbagai masalah.

Biasanya hal tersebut menandakan bahwa tekanan freon mulai rendah. Untuk itu sebaiknya cobalah lakukan pengecekan untuk mengetahui kondisi pastinya.

Baca Juga: 10 Alasan Memilih Jasa Service AC

3. Terdapat bunga es menempel pada pipa AC

Pertanda fisik yang mudah dideteksi oleh mata telanjang. Gumpalan bunga es pada pipa AC adalah pertanda freon Anda mengalami kebocoran. Selain pada pipa, gumpalan es yang disertai bocor air juga dapat terjadi pada evaporator unit AC jika freon Anda mengalami kebocoran. Hal ini disebabkan oleh kondensasi yang tidak terkendali pada bodi indoor unit AC Anda.

4. AC Mengeluarkan Udara Panas

Pertanda lebih lanjut yang bisa dibilang mengkhawatirkan. Awalnya hanya sebatas kurang maksimalnya kesejukan yang dihasilkan unit AC, namun lama kelamaan udara yang dihasilkan hanya seperti hembusan angin biasa dan malah cenderung hangat yang membuat ruangan menjadi terasa panas. Lakukan percobaan sederhana dengan mengarahkan tangan Anda ke bibir ventilasi unit AC pada ruangan di rumah Anda dan nilai kualitas serta tingkat kekencangan hembusan udara yang dihasilkan. Dari situ Anda dapat menerka sendir apakah unit AC Anda hanya sebatas kekurangan cairan freon atau mengalami kebocoran. Bagaimana pun asumsi Anda nantinya, melakukan pengecekan dengan tenaga profesional adalah solusi yang patut Anda pertimbangkan.

5. Biaya Listrik Membengkak

Kebocoran pada freon yang ditandai oleh poin-poin yang telah disebutkan sebelumnya tidak secara instan membuat AC rusak sampai tidak mampu lagi menjalankan fungsinya. Sampai titik tertentu, AC masih akan tetap dapat membuat udara sejuk namun membutuhkan usaha lebih ekstra untuk bekerja. Usaha ekstra berarti lebih banyak energi diperlukan serta waktu pemakaian. Keduanya pun berujung tagihan listrik membengkak yang harus dibayar. Karena itu, pengecekan kelayakan freon adalah satu tips menekan biaya tagihan listrik sebagai bagian dari cara bijak penggunaan AC di rumah.

6. Merasakan Gejala Keracunan Freon

Inilah pertanda paling mengkhawatirkan jika freon Anda mengalami kebocoran. Freon mengandung senyawa kimia (fluorionated hydrocarbons) yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa gejala yang dapat muncul adalah pusing-pusing, mabuk hingga sesak nafas. Kabar lebih buruknya, senyawa ini tidak berwarna dan berbau. Karenanya, penting bagi Anda untuk rutin melakukan pengecekan kelayakan unit AC rumah dan menerka apakah freon Anda mengalami kebocoran.  

Jangan tunggu sampai kebocoran freon berujung mengakibatkan kerusakan permanen pada unit AC rumah Anda. Segera lakukan pengecekan dan bertindak jika Anda mengalami pertanda yang telah disebutkan dalam pembahasan di atas.

7. Ciri-ciri Freon AC Bocor adalah Bagian Luar AC Tidak Panas

Pada kondisi normal, AC mengeluarkan udara panas, terutama ketika sedang digunakan. Perubahan ini biasanya terjadi karena adanya perubahan suhu. Nah, jika bagian luar AC mulai tak panas, ini tandanya Anda perlu mencari jasa service AC.

8. AC Mengeluarkan Suara Berisik

Ketika AC mulai mengeluarkan suara bising, ini jadi salah satu tanda freon AC perlu diperbaiki. Kebisingan pada AC bisa jadi karena adanya kebocoran gas pada komponen AC.

9. Air AC Bocor

Air AC yang habis juga bisa jadi penyebab penggumpalan yang menghambat di bagian evaporator AC. Jika AC Anda sudah mengalami hal ini, artinya perlu perbaikan berkala.

10. Lampu Indikator Berkelip

Ciri-ciri freon AC rusak selanjutnya adalah komponen AC berkedip. Setiap unit AC indoor pasti memiliki timer. Nah, biasanya lampu ini akan berkedip memberikan signal bahwa ada komponen AC yang perlu perbaikan.

Yuk, cari jasa service AC di Suwun.co.id!

.

Artikel yang Direkomendasikan