Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

cara-memperbaiki-kulkas-tidak-dingin

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh para pengguna kulkas adalah mesin yang tidak dingin, padahal lampu kulkas masih menyala. Tentunya, ada beberapa cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala untuk berbagai merk yang bisa Anda jalankan.

Mudahnya Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan apabila kulkas Anda tidak dingin, namun lampu masih menyala normal. Berikut penyebab dan langkah-langkah perbaikan yang bisa Anda lakukan.

1. Selalu tutup pintu kulkas secara rapat

Pintu kulkas yang dibuka secara terus menerus sudah pasti akan menaikkan suhu pada kulkas. Hal ini karena semakin lama kulkas dibuka, maka semakin banyak energi yang harus dikeluarkan. Pasalnya, kulkas perlu menjaga temperatur supaya tetap dingin dan berada di bawah suhu 5 derajat celcius.

Salah satu cara memperbaiki kulkas Polytron tidak dingin tapi lampu menyala yang bisa dilakukan adalah tidak terlalu sering membuka pintu kulkas. Anda juga tidak boleh terlalu lama membuka pintu kulkas sehingga suhu pada kulkas tetap terjaga.

2. Memastikan kembali penempatan bahan makanan

Salah satu hal yang membuat kulkas tidak berfungsi dengan maksimal yakni penempatan makanan yang kurang tepat. Oleh karena itu, pastikan kembali bahan makanan yang Anda masukkan ke kulkas selalu berada di tempat yang tepat dengan tidak sembarangan.

Sebagai contoh, pastikan Anda menyimpan bahan makanan dan sayuran pada rak khusus yang ada di dalam kulkas. Selain itu, produk susu atau minuman juga harus ditempatkan dengan benar seperti selain di pintu kulkas karena pintu kulkas merupakan bagian paling hangat dari mesin pendingin ini.

Selain itu, pastikan Anda juga tidak menyimpan terlalu banyak bahan makanan di dalam kulkas. Hal ini karena udara pada kulkas bisa jadi tidak dapat bergerak dan suhunya menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, cara memperbaiki kulkas LG tidak dingin tapi lampu menyala bisa dilakukan dengan mengeluarkan bahan kadaluwarsa atau yang tidak perlu disimpan dalam kulkas.

Baca Juga: Tarif Bengkel Kulkas Terdekat

3. Cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala karena masalah temperatur

Kulkas yang tidak dingin umumnya juga berasal dari temperatur kulkas yang tidak diatur dengan baik. Meski demikian, Anda juga masih bisa membeli temperatur khusus untuk memastikan berapa suhu yang sebenarnya ada di dalam kulkas.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur kembali temperatur kulkas melalui knop pengatur suhu yang ada di dalam kulkas. Atur knop ini ke pengaturan suhu yang ideal dengan temperatur di bawah lima derajat sehingga tetap dingin dan menjaga kulkas lebih awet.

4. Cek permasalahan pada freon

Kendala lain yang seringkali terjadi pada kulkas yang tidak dingin ini adalah adanya permasalahan pada freon dalam kulkas. Untuk itu, Anda wajib mencari cara memperbaiki kulkas Sharp tidak dingin tapi lampu menyala supaya bisa cepat tertangani.

Jika kulkas Anda termasuk jenis kulkas satu pintu, biasanya masalah ini disebabkan oleh kompresor yang tidak menyala atau adanya penyumbatan pada freon. Hal yang sama juga seringkali terjadi pada kulkas dua pintu di mana freon yang mengalami kerusakan atau adanya penyumbatan pipa kulkas.

Agar lebih jelas dalam menentukan cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, ada baiknya Anda segera menghubungi pihak teknisi. Anda dapat mencari jasa service ini melalui platform Suwun.co.id, yang dapat diakses lewat aplikasi atau website.

Download aplikasi Suwun di App Store maupun Play Store untuk kemudahan mencari jasa yang Anda butuhkan!

Artikel yang Direkomendasikan