Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

cara-memperbaiki-flashdisk-yang-tidak-terbaca

Flashdisk selama ini digunakan untuk menyimpan berbagai data yang penting seperti foto, dokumen, video, dan sebagainya. Flashdisk yang berisi data penting bisa saja mendadak rusak dan kita pun harus mencari cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini.

Langkah dan Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Anda tidak perlu panik jika flashdisk tidak terbaca atau mengalami indikasi rusak. Tentunya, langkah-langkah perbaikan perlu dilakukan dengan mengetahui penyebabnya. Berikut sejumlah penyebab dan cara memperbaiki flashdisk yang mengalami kerusakan tersebut.

1. Adanya data yang corrupt

Salah satu penyebab paling umum yang membuat flashdisk menjadi tidak terbaca merupakan keteledoran pemiliknya, salah satunya karena mencabut flashdisk bersamaan dengan proses transfer data yang sedang berlangsung. Anda perlu mencari cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan cmd untuk memperbaikinya.

Sebagai contoh, Anda tengah membuka file dari flashdisk kemudian melakukan transfer data seperti copy-paste. Akan tetapi, setelah proses tersebut selesai, Anda langsung mencabut USB Flashdisk tanpa menutup file atau melakukan prosedur yang salah. Tentu saja, hal ini dapat menyebabkan data corrupt sehingga membuat flashdisk menjadi error.

2. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca karena tiba-tiba mati daya

Hampir sama dengan penyebab yang pertama, tentunya disebabkan karena komputer atau laptop yang mati mendadak pada saat flashdisk sedang dipakai. Hal yang seringkali terjadi seperti mati listrik ketika proses transfer sedang berjalan.

Tentunya, flashdisk bisa saja menjadi error dan data-data di dalamnya tidak dapat terbaca. Bahkan tidak jarang, muncul notifikasi yang mengharuskan Anda untuk mem-format flashdisk sebelum menggunakan flashdisk tersebut.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat mencoba menghubungkan flashdisk ke port USB yang lain atau menggunakan tools Repair Logical Errors sebagai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca tanpa diformat flashdisk.

Akan tetapi, jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun masih tidak terbaca, maka dengan terpaksa Anda perlu memformat flashdisk tersebut.

Baca Juga: Cara Merapikan File di Laptop dan Komputer

3. Adanya malware/virus komputer

Tentunya tidak dapat disangkal kalau flashdisk bisa dengan mudah membawa data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Karena kemudahannya ini, tidak jarang ada virus atau malware yang malah menginfeksi perangkat USB tersebut.

Flashdisk yang terkena virus atau malware sudah pasti berisiko membuatnya sulit dibaca. Bahkan, dalam jangka panjang juga dapat membuat komputer atau laptop Anda terkena virus dan merusak sistemnya.

4. Port USB yang rusak

Bukan tidak mungkin juga, salah satu penyebab flashdisk tidak dapat terbaca yakni adanya kerusakan yang terjadi pada port USB yang ada di PC atau laptop. Port USB yang rusak sudah pasti akan membuat flashdisk apapun menjadi tidak mudah dibaca.

Anda dapat menggunakan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca filenya dengan mencoba pada port USB lain. Jika terbaca, sudah pasti port USB tersebut yang mengalami kerusakan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Tentunya jika Anda melakukan langkah-langkah yang benar, flashdisk yang tidak terbaca malah akan kembali normal. Namun, jika masih kesulitan, Anda perlu mencari teknisi yang handal, salah satunya dari Suwun.co.id.

Ada berbagai jasa teknisi yang bisa dicari melalui website atau aplikasi Suwun sebagai langkah jitu untuk cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Nah, tunggu apa lagi. Segera download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan