4 Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

bagian kipas angin

Kipas angin menjadi salah satu peralatan elektronik yang banyak dipakai di berbagai rumah tangga. Tapi, apa jadinya jika kipas angin tersebut mengalami kerusakan? Tentu saja Anda perlu mencari cara memperbaiki kipas angin mati total jika mengalami kendala tersebut.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total Semua Merk

Sejatinya, perbaikan kipas angin yang rusak dapat dilakukan secara mandiri meskipun tetap harus membutuhkan keahlian dan peralatan yang memadai. Berikut sejumlah langkah-langkah perbaikan yang bisa Anda jalankan.

1. Memeriksa kabel pada kipas

Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya sangat penting mengingat kabel kipas harus terpasang dengan benar jika ingin memastikan bahwa kipas berfungsi dengan normal. Pastikan kembali tidak ada sobekan atau hal-hal lain yang membuat kabel menjadi konslet.

Selain itu, Anda kabel yang putus atau rusak tentu juga akan mengganggu performa kipas angin itu sendiri. Termasuk jika kabel tersebut merupakan bagian dari kipas gantung. Oleh karena itu, memeriksa kondisi kabel adalah cara memperbaiki kipas angin gantung mati total yang pertama perlu Anda lakukan.

2. Cara memperbaiki kipas angin mati total dengan mengecek pemutus sirkuit

Langkah lain yang bisa dijalankan yakni dengan memeriksa apakah ada aliran listrik yang masuk ke stopkontak. Untuk itu, bukalah panel pemutus sirkuit dan cek apakah sudah tersambung dengan benar.

Bila Anda menggunakan kipas dengan usia yang sudah sangat tua, tentunya perlu diperhatikan lebih karena tarikan listriknya bisa membuat pemutus sirkuit listrik menjadi terkendala. Untuk itu, ada baiknya mengganti kipas angin dengan yang lebih baru guna mencegah arus pendek dan mengurangi risiko kebakaran karena listrik tersebut.

Baca Juga: Cara Menemukan Service Kipas Angin

3. Membersihkan bilah kipas

Salah satu cara lain yang juga terbilang sederhana adalah memeriksa bilah kipas. Kadangkala, bilah kipas bisa macet karena adanya kotoran yang menyangkut. Anda bisa menggunakan kompresor udara atau vakum cleaner untuk membersihkan kotoran tersebut secara hati-hati.

Adapun cara memperbaiki kipas angin Miyako mati total di atas dapat dilakukan juga dengan cara membuka penutup kipas lalu mengelapnya secara manual. Jangan lupa bersihkan sela-sela penutup bilah kipas dan tempat bantalan belakang kipas tersebut dengan teliti.

4. Memberi pelumas pada mesin kipas

Pernahkah Anda mencoba menyalakan kipas namun bilah tidak bergerak? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh roda gigi yang macet. Hal ini dapat terjadi jika pelumas di dalamnya kering atau tidak terlumasi dengan baik. Oleh karena itu, coba buka penutup pada motor untuk mengecek apakah suku cadang motor pada kipas masih bagus atau tidak.

Anda dapat memberikan pelumas pada roda gigi dan knop kopling yang biasanya ada di bagian tengah tempat bilah kipas berputar. Untuk itu, lepas dulu penutup tengah kipas dan arahkan nosel pelumas ke bagian dalam. Putar bilah untuk menyebarkan pelumas secara merata sebagai lanjutan cara memperbaiki kipas angin Maspion yang mati total.

Itulah 4 cara mudah untuk memperbaiki kipas angin yang terkendala mati total. Jika cara di atas sudah dilakukan namun masih terkendala, maka saatnya memanggil jasa service kipas yang handal. Anda dapat memanggil jasa terbaik dari Suwun.co.id yang bisa diakses dari web atau aplikasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi Suwun dari Play Store atau App Store untuk mendapatkan jasa cara memperbaiki kipas angin mati total yang profesional!

Artikel yang Direkomendasikan