8 Tips Mudah Menata Isi Kulkas agar Lebih Rapi

cara-menata-isi-kulkas

Menata isi kulkas harus dilakukan dengan rapi. Yuk, simak tipsnya di sini!

Lemari es memang menjadi barang wajib di dapur untuk menyimpan bahan-bahan perlengkapan memasak agar tetap awet. Namun, yang terkadang membingungkan adalah apabila bahan perlengkapan yang ingin disimpan terlalu banyak, tetapi ruang di dalam lemari es yang terbatas karena kecilnya ukuran kulkas.

Cara Menata Isi Kulkas Agar Lebih Rapi dan Menarik | Resepkoki.co

Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah mudah menata isi kulkas yang bisa kamu lakukan untuk mengubah cara penyimpanan di dalam lemari es supaya lebih praktis dan efisien. Mau tahu gimana caranya? Simak tips berikut dalam menata isi kulkas:

1. Keluarkan semua yang tidak digunakan

Cara Merawat dan Membersihkan Kulkas dari Bau, Jamur, Serta Karat |  Pricebook

Langkah pertama dalam menata isi kulkas adalah mengeluarkan semua isi kulkas yang sudah tidak digunakan lagi, seperti botol saus yang sudah kedaluarsa, sayur atau buah yang sudah tidak segar atau daging yang sudah menurun kualitasnya. Perhatikan baik-baik setiap bahan makanan.

2. Taruh Wadah untuk Menyimpan Makanan yang akan Dimakan

Supaya kamu enggak ‘asal’ mengambil makanan di dalam kulkas dan membuat susunan menjadi berantakan, cobalah untuk menaruh wadah untuk menyimpan makanan yang akan segera dimakan, atau untuk menyimpan bahan makanan yang akan segera digunakan. Selain bakal membuat penyimpanan di dalam kulkas lebih rapi, kamu pun jadi lebih mudah mendeteksi makanan mana yang akan segera kadaluwarsa.

3. Gunakan alas di rak kulkas

Begini 14 Trik Cerdas Supaya Berbagai Bahan Makanan di Dapur Awet  Berhari-hari

Berikan alas dengan motif yang cerah di masing-masing bagian rak kulkas untuk menghindari tumpahan jus atau agar-agar yang berceceran. Penggunaan alas di bagian rak akan mempercantik penampilan kulkas sekaligus menjaga rak kulkas menjadi tetap bersih.

4. Gunakan kontainer di dalam kulkas

Jual Food Container Kulkas Murah - Harga Terbaru 2020

Beberapa blogger menyarankan penggunaan kontainer di dalam kulkas agar semua bahan makanan dapat tersimpan dengan rapi. Dengan cara ini, Anda bisa langsung mengetahui bahan makanan apa yang sudah habis dan perlu dibeli tanpa harus mengobrak-abrik kulkas. Ide lain untuk anak-anak, taruh camilan anak di bagian bawah rak kulkas sehingga memudahkan mereka untuk mengambilnya sendiri.

5. Gunakan label di setiap rak

Selain menggunakan kontainer di dalam kulkas, tambahkan label nama untuk memudahkan penataan. Sehingga setelah membeli bahan makanan Anda bisa langsung menaruhnya di tempat yang sesuai dengan namanya. Bahkan Anda juga bisa meminta bantuan kepada anak-anak untuk memasukkan belanjaan bahan makanan ke dalam kulkas.

6. Masukkan alas tempat bumbu ke dalam kulkas

Aturan Menyimpan Bumbu dan Saus dalam Kulkas yang Perlu Kamu Tahu

Jika Anda memiliki sebuah alas tempat bumbu yang dapat diputar-putar (biasa disebut lazy susan), gunakan di dalam kulkas. Kumpulkan semua saus dan bumbu-bumbu yang berserakan di bagian pintu kulkas ke alas tersebut. Kini Anda memiliki ruang lebih untuk menaruh kotak jus.

7. Buat zona camilan di dalam kulkas

Ciptakan sebuah zona camilan untuk mencegah anak-anak membuat isi kulkas berantakan saat mereka ingin makan. Letakkan di bagian bawah dan beri label di bagian rak. Hal ini akan menghindari anak-anak mengambil camilan milik orang tua.

8. Kombinasikan tempat camilan dengan kontainer plastik

Ide lain untuk membuat zona camilan di kulkas menjadi lebih rapi, gunakan kontainer plastik untuk menyimpan potongan buah atau kacang edamame.

7 Tips Merapikan Isi Kulkas - Kanya.ID

Ternyata trik-trik sederhana bisa mengubah kerapian di dalam kulkas, bukan? Yakin, mau membiarkan kulkas berantakan begitu saja? Yuk rapikan dari sekarang! Apakah anda sedang mencari jasa Perbaikan Kulkas atau Elektronik lainnya ?

Artikel yang Direkomendasikan