Cara Menjaga Suhu Kulkas agar Tetap Dingin

jasa-service-kulkas

Mau tahu cara menjaga suhu kulkas? Yuk, simak lengkapnya di sini!

Kulkas menjadi salah satu barang penting yang harus ada dirumah karena dapat berfungsi untuk mengawetkan dan menyegarkan makanan. Karena memiliki fungsi yang penting untuk kehidupan sehari-hari, maka wajib merawatnya agar tidak mudah rusak. Selain itu, pastikan kulkas selalu dingin, agar memaksimalkan fugsinya.

Pernahkah Anda menemukan sayuran atau buah membusuk terlalu cepat saat disimpan di kulkas? Jika pernah, berarti kulkas tidak berada pada suhu ideal untuk menjalankan tugasnya.

Sebagian bahan makanan memang lebih awet saat disimpan di kulkas. Namun, Anda juga perlu memperhatikan suhu kulkas dengan cermat. Suhu kulkas paling tidak mencapai kurang dari 4 derajat Celcius.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar suhu kulkas tetap stabil.

Tips Menjaga Suhu Kulkas

Berikut Tips agar suhu di kulkas satu atau dua pintu tetap dingin :

1. Pantau dengan termometer

Meski kulkas sudah dilengkapi dengan termometer, namun pengukuran sering kali tidak akurat. Sebaiknya gunakan termometer sendiri untuk terus memantau suhu kulkas.

Mengutip Real Simple, suhu kulkas ideal berada di antara 35-38 derajat Fahrenheit (1,6-3 derajat Celcius). Sedangkan untuk pembekuan bahan pangan, kulkas perlu berada di suhu 32 derajat Fahrenheit (0 derajat Celcius).

2. Periksa segel pintu

Gasket atau karet di sekitar tepi pintu kulkas menjaga suhu dingin masuk dan suhu hangat keluar.

Jika ada kebocoran di salah satu gasket itu, udara dingin dari dalam kulkas mungkin keluar. Itu bisa membuat pendinginan kulkas lebih sulit dan menghabiskan lebih banyak listrik, sehingga dapat meningkatkan tagihan listrik bulanan Anda.

3. Kenali ‘titik panas’ kulkas

Kulkas memang didesain memiliki suhu lebih dingin daripada suhu ruangan. Namun, Jackson mengingatkan bahwa kulkas pun punya ‘titik panas’ atau lebih hangat dari area lain. ‘Titik panas’ utama kulkas, berada di area pintu.

Anda musti mempertimbangkan bahan pangan yang disimpan di area pintu. Area pintu ideal untuk menyimpan minuman soda, bumbu-bumbu, juga jus.”Tiap kali Anda membuka pintu kulkas, udara hangat masuk dan akan memerlukan waktu lama untuk kembali ke suhu awal.

Sementara untuk telur, sebaiknya disimpan di area rak dengan menyiapkan wadah tersendiri. Hal ini juga berlaku untuk bahan pangan yang cepat membusuk seperti sayur serta produk susu seperti keju.

4. Jangan terlalu sering buka tutup kulkas

Membuka kulkas terlalu sering dapat membawa bakteri dan kuman ke dalam kulkas. Udara dingin dari dalam kulkas akan banyak keluar sehingga kulkas akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya.

5. Jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas

Jika Anda mempunyai makanan panas yang ingin dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu hingga suhu nya menurun secara alami. Karena jika di masukkan ke dalam kulkas, maka kompresor pada kulkas akan dipaksa menurunkan suhu makanan dengan cepat sehingga mudah rusak.

6. Jaga kulkas tetap penuh

Suhu kulkas bisa tetap dingin lebih lama dan menjaga makanan tetap dingin paling baik jika rak dan laci sebagian besar penuh.

Namun, pastikan Anda tidak memenuhi ruangan dan mengurangi aliran udara. Itu bisa membuat pergerakan udara dingin menjadi sulit dan meningkatkan risiko meningkatnya udara hangat.

Itulah beberapa tips menjaga suhu kulkas agar selalu dingin yang bisa Anda coba dirumah. Semoga bermanfaat !

Booking jasa service atau perbaikan Kulkas atau Electronik lainnya melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan