Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai yang Tidak Menyala

cara-memperbaiki-kompor-gas-rinnai

Tentu kita akan jengkel dan risau ketika mengetahui kompor gas Rinnai yang sebelumnya berfungsi normal namun tiba-tiba tidak bisa menyala, apalagi jika kita tengah memasak. Tentu, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Dan berikut cara memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala.

Solusi Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai Yang Tidak Menyala

Sebelum memahami solusi apa yang perlu dilakukan jika mengalami kendala pada kompor gas Rinnai, ada baiknya diketahui dulu apa yang menyebabkan hal-hal tersebut dapat terjadi. Berikut penyebab dan solusi yang dimaksud.

1. Gas tabung elpiji yang habis

Aliran gas bisa menjadi salah satu sumber utama yang menyebabkan kompor menjadi tidak menyala. Terlebih jika gas yang ada pada tabung elpiji tersebut sudah habis, maka secara otomatis kompor tidak dapat menyala karena tidak adanya sumber bahan bakar. Solusinya, tentu saja cek gas elpiji tersebut secara berkala.

Pertama, coba angkat tabung gas tersebut apakah terasa berat atau lebih ringan. Selain itu, cek juga pada knop kompor gas dan dengarkan baik-baik apakah ada bunyi desis. Jika ada bunyi desis, maka bisa menjadi tanda kalau gas tersebut habis.

2. Adanya aliran yang tersumbat

Apabila gas masih ada namun kompor masih tidak mau menyala dengan normal, maka bisa saja terjadi hambatan pada saluran yang menghubungkan tabung dengan kompor. Dengan kata lain, aliran gas yang berasal dari tabung elpiji mengalami sumbatan sehingga gas tidak dapat mengalir sempurna.

Penyebabnya bisa karena ada bagian regulator atau selang yang bermasalah. Salah satu solusi cara memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala sebelah awalnya yakni dengan mengetuk selang tersebut sehingga aliran di dalamnya menjadi lancar. Anda juga dapat memindahkan posisi selang kompor dengan tujuan yang sama.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek dan mengganti karet regulator dengan ukuran yang tepat dan rapat sehingga nantinya dapat berfungsi secara maksimal. Hal ini karena karet yang kurang pas dan sesuai akan menyebabkan terjadinya kebocoran gas sehingga menghambat alirannya.

Baca Juga: Ingin Service Kompor Gas Tanam? Yuk, Simak di Sini!

3. Cara memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala karena masalah knop

Penyebab selanjutnya yang bisa saja terjadi adalah adanya masalah knop pada kompor. Hal ini karena spuyer yang terdapat pada knop kompor berfungsi mengatur besar kecilnya aliran gas sehingga jika bagian ini ada masalah, maka kompor yang awalnya nyala tiba-tiba bisa mati seketika.

Salah satu penyebabnya adalah spuyer yang kotor sehingga aliran gas menjadi tidak lancar dan api tidak bisa menyala. Solusinya yakni dengan membuka bagian knop tersebut menggunakan tang atau kunci khusus, kemudian membersihkan bagian pemutar dan spuyer hingga kembali bersih.

4. Pemantik kompor yang tidak mengeluarkan api

Kerusakan lain yang bisa terjadi adalah pemantik kompor yang rusak karena kotoran yang menyumbat. Untuk memperbaikinya, letakkan kabel pemantik pada posisi yang tepat, bersihkan ujungnya dari kotoran yang menempel, bahkan menggantinya jika kondisi pemantik sudah aus.

Apabila cara memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala sudah dilakukan namun masih ada masalah pada kompor, segera hubungi teknisi dari jasa yang ada di Suwun.co.id menggunakan website atau aplikasi yang dapat di-download pada App Store atau Play Store.

Melalui aplikasi ini pula, Anda dapat memilih layanan dan jasa yang sesuai kebutuhan. Nah tunggu apa lagi, segera download aplikasi Suwun sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan