Langkah-langkah Cara Memperbaiki Aki Kering

cara-memperbaiki-aki-kering

Aki kering memang merupakan komponen yang cukup penting bagi sebuah kendaraan. Komponen ini nantinya akan menjadi penyuplai tenaga kelistrikan untuk berbagai hal, termasuk dalam menyalakan starter elektrik, lampu kendaraan, dan sebagainya. Jika mengalami kendala atau bahkan rusak, tentu kita harus mencari cara memperbaiki aki kering yang mengalami kerusakan tersebut.

Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Berbagai Kendala

Tahukah Anda, cairan yang ada dalam aki sejatinya berwujud seperti gel. Tentu, penguapan gel ini termasuk sangat minim. Bahkan meski menguap, alih-alih uap tersebut akan dibuang keluar, namun sejatinya akan tetap berada di wadah tersebut.

Meski aki tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus, terkadang kita menemui adanya aki yang sudah tidak mampu berfungsi. Oleh karena itu, berikut sejumlah langkah cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum.

1. Lepas/putus hubungan arus

Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni dengan melepaskan atau sekaligus memutuskan hubungan arus aki terlebih dahulu. Adapun caranya juga tidak terlalu sulit, yakni dengan melepaskan kedua kabel yang terpasang, masing-masing dari positif kemudian ke negatif.

Lakukan langkah awal cara memperbaiki aki kering yang lemah ini dengan hati-hati supaya nantinya tidak ada permasalahan pada arus pendek. Jika kedua kabel sudah terlepas, keluarkan aki kering dari box-nya.

2. Buka penutup aki

Selanjutnya, buka penutup aki tersebut sekaligus membuka penutup karetnya. Sama halnya dengan langkah yang pertama, sebaiknya lakukan langkah membuka penutup aki ini dengan hati-hati supaya tidak merusak komponen tersebut.

3. Pengisian air zuur sebagai cara memperbaiki aki kering

Langkah berikutnya yakni dengan mengisi aki kering menggunakan air zuur dan alat pengisi yang berupa suntikan. Air zuur ini agak berbeda dengan air Accu di mana air zuur mempunyai kandungan elektrolit yang lebih pekat. Biasanya, air zuur ini memiliki kemasan berwarna merah yang menandakan kalau air ini cukup berbahaya jika terkena kulit.

Oleh karena itu, penggunaannya juga musti benar-benar teliti dan hati-hati. Caranya dengan langsung memasukkan air zuur ke dalam suntikan, kemudian suntikkan air tersebut ke lubang aki. Pastikan kembali volume pengisian berada di batas yang tepat, sebab jika tidak akan muncul kerusakan lain pada aki tersebut.

Baca Juga: Kisaran Harga Perbaikan Mobil Penyok

4. Tutup aki dan pasang kabel kembali

Langkah atau cara memperbaiki aki kering yang ngedrop belum selesai sampai di sini, sebab Anda harus segera menutup aki tersebut secara rapat. Pastikan juga penutup karetnya sudah menutup aki dengan sempurna sehingga tidak ada lagi udara yang masuk ke dalamnya.

Jika sudah, maka Anda bisa segera memasang kabel aki kembali. Sama halnya seperti langkah-langkah sebelumnya, pastikan proses pemasangannya dilakukan secara hati-hati supaya tidak menciptakan arus pendek listrik. pastikan kembali kabel positif dan negatif sudah terpasang dengan baik dan sempurna sehingga arus listrik dapat mengalir secara maksimal.

5. Coba hidupkan mesin

Langkah terakhir yakni dengan melakukan pengetesan. Coba hidupkan kembali mesin mobil dan pastikan RPM stationer mesin tidak berada di bawah 600 RPM karena pengisian daya aki masih belum maksimal. Namun jika sudah di atas angka tersebut, tentu Anda sudah berhasil memperbaiki masalah ini.

Itulah sejumlah langkah-langkah cara memperbaiki aki kering. Meski terlihat mudah, ada baiknya dilakukan oleh ahlinya.

Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Menyewa Jasa Ahlinya

Untuk memilih jalur aman, ada baiknya Anda menyewa ahli dalam memperbaiki aki kering. Nah, Anda dapat menghubungi teknisi handal melalui platform Suwun.co.id dengan mengunjungi web dan cari jasa yang Anda butuhkan.

Anda juga bisa download aplikasi Suwun untuk lebih memudahkan Anda menemukan jasa yang Anda butuhkan. Silakan dicoba!

Artikel yang Direkomendasikan