Cara Mengatasi Flashdisk Is Not Accessible Hingga Normal Kembali

Flashdisk hingga kini masih banyak digunakan untuk penyimpanan file. Bentuknya yang kecil semakin memudahkan penggunaannya karena bisa dibawa ke mana saja. Banyak pengguna flashdisk yang mengalami kendala saat menggunakan flashdisk, di antaranya saat muncul notifikasi flashdisk is not accessible.

Ada berbagai cara mengatasi flashdisk is not accessible dengan mudah dan cepat sehingga flashdisk bisa digunakan kembali dengan normal. Namun sebelumnya ketahui apa saja yang menjadi penyebab dari terjadinya tak bisa diaksesnya flashdisk milik Anda.

Beberapa di antaranya adalah komponen hardware flashdisk yang alami kerusakan, cara melepas flashdisk yang keliru hingga flashdisk yang terkena serangan virus.

Cara Mengatasi Flashdisk is Not Accessible dengan Mudah dan Cepat

Berikut beberapa cara untuk mengatasi tidak terbacanya flashdisk yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Format flash disk

Cara mengatasi flashdisk is not accessible pertama adalah dengan memformat flashdisk menggunakan software Disk Management. Secara umum, fungsi dari Disk Management adalah untuk melakukan pengaturan konfigurasi drive harddisk yang telah terdeteksi oleh sistem komputer. Perlu diingat, bahwa langkah format ini akan menghapus semua data dan file yang tersimpan di flashdisk.

Akses menu software Disk Management yang ada di Menu Control Panel. Buka menu tersebut kemudian lakukan klik kanan pada flashdisk yang ingin diperbaiki, klik Format. Tunggu prosesnya berlangsung hingga format flashdisk selesai.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

2. Via CMD

Cara perbaikan kedua adalah dengan menggunakan alat CMD atau Command Prompt. Merupakan sebuah alat yang memiliki basis perintah dengan beragam fungsi, yang di dalamnya termasuk untuk perintah memperbaiki sistem atau hardware dalam flashdisk.

Cara melakukannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tombol kombinasi Windows+R untuk menjalankan jendela Run. Ketik CMD kemudian klik Enter, akan muncul jendela Command Prompt kemudian ketikan perintah yang harus dilakukan yaitu CHKDSK /R /F E: kemudian tekan Enter. Tunggu proses perbaikannya selesai dan coba flashdisknya apakah sudah bisa terbaca atau belum.

3. Lakukan pengaturan pada Sharing Flashdisk

Anda juga bisa mengatur menu sharing flashdisk yang tersedia di komputer atau laptop. Caranya adalah dengan membuka menu Explore, kemudian klik Kanan pada tab Flashdisk, pilih opsi Properties, kemudian klik Security kemudian lakukan Edit. Setelah selesai melakukan langkah tersebut, klik menu Add kemudian ketik perintah yaitu Everyone, klik opsi Check Names kemudian klik OK.

Jangan lupa untuk menambahkan kategori Everyone pada kolom Username atau Group. Tunggu hingga proses pengaturan berjalan hingga selesai dan ikuti instruksi yang diberikan. Cara ini juga bisa dilakukan untuk cara mengatasi flashdisk is not accessible access is denied dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Flashdisk is Not Accessible Karena Kerusakan Flashdisk

Jika data atau file yang ada dalam flashdisk sangat penting, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki flashdisk di jasa service komputer terdekat untuk menyelamatkan data. Namun jika flashdisk tetap tak bisa dibuka maka flashdisk memang sudah harus diganti dengan yang baru.

Nah jika cara yang disebutkan di atas sudah dicoba untuk mengatasi flashdisk is not accessible namun flashdisk masih tetap belum bisa terbaca, maka kemungkinan besar sudah terjadi kerusakan di bagian hardware atau komponen lainnya yang memang mengharuskan Anda menggunakan flashdisk baru.

Apakah Anda sedang mencari layanan jasa service komputer terdekat? Anda bisa berkunjung ke situs Suwun.co.id untuk menemukan layanan jasa yang dibutuhkan. Selain menggunakan layanan via akses situs, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Suwun yang tersedia secara gratis di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan