Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak

kartu-memori

Sebagian orang mungkin sudah pernah mengalami kartu memori rusak atau error. Penyebab kartu memori rusak hingga tidak terbaca ini bisa karena berbagai hal seperti kartu memori kotor, tergores, jatuh ke air, atau terkena virus.

Cara memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Total dan Tidak Terbaca di HP atau PC

Berikut beberapa cara memperbaiki kartu memori yang rusak total yang bisa Anda coba tanpa harus pergi ke tempat service.

1. Membersihkan bagian lempengan kuning pada kartu memori

Pertama-tama keluarkan kartu memori dari HP dengan kondisi HP sudah dimatikan terlebih dahulu. Dorong ke dalam agar kartu memori dapat lepas atau keluar dari slot MMC di hp. Usahakan untuk tidak memegang bagian kuning, Anda dapat memegang bagian ujung lainnya.

Setelah itu, silahkan bersihkan bagian lempengan kuning menggunakan benda yang lembut seperti spons atau penghapus karet. Lakukan secara perlahan dengan gerakan searah agar kotoran tidak kembali lagi.

Jika sudah dirasa bersih, Anda dapat memasangnya kembali di slot kartu memori hp. Nyalakan hp dan cek apakah kartu memori sudah terbaca atau belum. Cara ini seharusnya berhasil dan kartu memori langsung terdeteksi di perangkat hp.

2. Cek kartu memori menggunakan perangkat lain

Setelah dibersihkan tetapi kartu memori tetap tidak bisa dibuka, Anda bisa mengeceknya di perangkat lain. Silahkan gunakan hp lain untuk memastikan apakah kartu memori benar-benar error.

Apabila di perangkat lain ternyata terbaca, mungkin ada yang bermasalah pada slot SD card di hp Anda. Selain itu, bisa juga karena penyimpanan pada perangkat Anda sudah terlalu penuh sehingga banyak error termasuk memori eksternal yang tidak bisa terbaca.

Jika dirasa kerusakannya ada pada kartu memori, maka Anda mungkin memerlukan format kartu memori. Format ini akan menghapus semua data yang tersimpan pada kartu memori sehingga kartu benar-benar kosong seperti baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

3. Cara memperbaiki kartu memori yang rusak total dengan format

Apabila dengan dibersihkan tetap tidak berhasil, tips memperbaiki kartu memori yaitu dengan jurus format. Pada kasus kartu memori rusak, peringatan untuk melakukan format mungkin akan muncul. Jadi hal tersebut harus dilakukan agar kartu memori dapat digunakan lagi.

Anda dapat melakukan format melalui HP di menu pengaturan atau setting. Scroll ke bawah hingga menemukan menu “Hapus SD Card” atau “Erase SD Card”. Klik opsi menu tersebut dan tunggu hingga proses format selesai.

Jika format di hp bermasalah, Anda dapat format kartu memori lewat komputer atau laptop. Silahkan masukan kartu memori ke komputer menggunakan USB OTG atau card reader. Lakukan format dengan klik kanan pada Letter Disk dan pilih “Format”.

Format kartu memori juga dapat Anda coba dengan bantuan software atau aplikasi pihak ketiga. Lakukan proses format sesuai dengan software yang Anda gunakan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk kartu memori rusak total. Cara memperbaiki kartu memori yang rusak total di atas tidak membutuhkan orang yang ahli dan tidak perlu melakukan root. Jika masih tidak berhasil, mungkin Anda perlu menggantinya dengan yang baru atau coba perbaiki ke tukang service.

Apakah Anda membutuhkan jasa service yang bagus? Berbagai pilihan jasa service terbaik dapat Anda cari di Suwun.co.id. Silahkan gunakan fitur pencarian yang tersedia untuk menemukan layanan jasa yang Anda butuhkan. Fitur lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan dengan download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan