Cara Memperbaiki Headset yang Rusak

cara-memperbaiki-aki-kering

Sebenarnya cukup sulit untuk memperbaiki headset yang mati sebelah. Jika tidak ahli dalam memperbaiki, bisa saja menyebabkan kedua headset mati semuanya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara memperbaiki headset yang rusak sebelah berikut agar bisa menggunakannya seperti semula.

Cara Memperbaiki Headset yang Rusak Sebelah dengan Tutorial Mudah Tanpa Bongkar

Begini cara untuk memperbaiki headset yang rusak tanpa membongkarnya.

1. Mencari posisi kabel agar audio terdengar

Kabel headset seringkali dilipat agar lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Namun seiring waktu headset dapat menjadi rusak dengan salah satu speaker headset mati atau tidak terdengar audionya. Anda jadi harus mendengarkan hanya lewat headset sebelah saja.

Tentu tidak nyaman jika harus menikmati musik atau audio menggunakan satu speaker headset. Bagi Anda yang mengalami hal seperti ini dan bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki headset yang rusak sebelah tersebut, bisa coba tutorial ini.

Langkah pertama yang diperlukan adalah mencari posisi kabel yang pas agar bisa mengeluarkan suara. Anda dapat mencoba menekuk, meluruskan, dan memutar kabel hingga terdengar audio dari lubang headset yang sebelumnya mati.

2. Menahan posisi kabel headset dengan jari

Jika Anda sudah menemukan posisi kabel yang pas, maka Anda perlu menahan posisi tersebut agar tetap dapat terdengar suaranya. Silahkan gunakan jari Anda untuk memegang dan menahan posisi kabel supaya tidak berubah.

Mungkin sedikit ribet, apalagi jika Anda ingin menggunakannya untuk mendengarkan audio sambil berjalan. Namun apabila posisi kabel bergeser, biasanya headset akan mati lagi dan Anda hanya mendengarkan lewat satu lubang headset saja. Apalagi untuk kabel headset yang sudah terlalu sensitif walaupun kabel hanya geser sedikit.

Anda pun harus melintir kabel headset lagi untuk dapat menemukan posisi yang pas. Ini bisa menjadi lebih merepotkan karena mungkin posisinya berbeda atau sulit ditemukan. Sebaiknya jika sudah ditemukan posisi kabel yang pas, Anda menahannya agar tidak perlu repot-repot lagi mencari posisinya.

Baca Juga: Tempat Service Headset Terdekat

3. Cara memperbaiki headset yang rusak sebelah dengan selotip

Apabila Anda menggunakan headset untuk waktu yang cukup lama atau cukup sering, Anda dapat menggunakan isolasi atau selotip untuk menahan posisi kabel. Silahkan bungkus kabel headset sesuai posisi yang benar menggunakan selotip agar posisi kabel tidak berubah.

Tutorial ini dapat dicoba untuk Anda yang menggunakan headset biasa dengan kabel. Sedangkan untuk headset Bluetooth atau headset tanpa kabel mungkin membutuhkan cara lain. Seperti pada headset iPhone yang tidak menggunakan kabel.

Cara memperbaiki headset iPhone yang rusak sebelah bisa dicari tahu dulu apa penyebabnya, mungkin earpiece mati, steker bermasalah, atau karena pengaturan perangkat yang digunakan untuk mendengarkan audio.

Mungkin saja ada pengaturan yang tidak sengaja membuat fitur headset sebelah tidak berfungsi. Jadi untuk mendengarkan dari headset pun tidak bisa hingga Anda mengembalikan pengaturan tersebut dan mengizinkan audio didengar melalui kedua headset.

Itulah beberapa cara memperbaiki headset yang rusak sebelah yang dapat Anda coba tanpa alat dan tidak perlu bongkar pasang. Solusi untuk Anda yang sering bermasalah dengan headset mati sebelah ini mungkin bisa mencoba headset tanpa kabel. Solusi lainnya jika masih ingin menggunakan headset lama, Anda bisa memperbaikinya ke tukang service elektronik.

Bingung dimana mencari tukang service yang bagus? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan Anda bisa mencari tukang service terbaik dan berbagai layanan jasa lainnya dengan mudah. Jangan lupa download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan