Cara Memperbaiki Timer Mesin Cuci yang Rusak

cara-memperbaiki-timer-mesin-cuci

Timer mesin cuci memiliki peran penting dalam mengatur kinerja mesin cuci. Selain itu, timer spin pada mesin cuci juga mengatur kerja dinamo spin untuk fungsi pengeringan.

Apabila Anda mendapati mesin cuci masih bekerja melebihi waktu yang sudah disetting sebelumnya, mungkin cara memperbaiki timer mesin cuci akan diperlukan agar fungsinya kembali normal.

Cara Memperbaiki Timer Mesin Cuci yang Sudah Rusak

Begini cara memperbaiki timer mesin cuci yang rusak.

1. Lepas timer mesin cuci yang rusak

Cara memperbaiki wash timer mesin cuci Sharp yang rusak adalah dengan menggantinya dengan timer mesin cuci yang baru. Sebelum menggantinya, Anda harus membongkar tempat timer terlebih dahulu agar dapat melepasnya dari mesin cuci.

Gunakan obeng untuk melepas baut-baut yang ada pada tempat timer mesin cuci. Lakukan dengan hati-hati dan congkel timer mesin cuci dari tempatnya hingga terlepas.

2. Perhatikan sistem kabel pada timer mesin cuci

Setelah timer mesin cuci berhasil lepas dari tempatnya, Anda dapat membuka sistem kabel. Perhatikan jalur kabel yang digunakan pada timer wash Anda. Timer mesin cuci ada yang menggunakan 3 kabel dan ada juga yang 6 kabel.

Sebenarnya sistem kabel timer mesin cuci sama, baik pada 3 kabel maupun 6 kabel. Hanya saja untuk timer mesin cuci dengan 6 kabel disambungkan ke bagian drain. Lebih mudahnya untuk mengingat jalur kabel timer mesin cuci adalah dengan foto timer tersebut.

Selanjutnya Anda bisa memotong jalur kabel pada timer mesin cuci. Usahakan kabel pada timer tidak dipotong sampai ujung tetapi disisakan sedikit agar Anda nanti bisa dijadikan panduan dan tidak salah memasang kabel pada timer yang baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

3. Cara memperbaiki timer mesin cuci rusak dengan beli yang baru

Jika timer mesin cuci sudah berhasil dilepas, bawa ke toko elektronik sebagai contoh ketika Anda akan membeli yang baru. Cara memperbaiki wash timer mesin cuci yang akan diganti perlu disesuaikan dengan jenis dan tipe mesin cucinya.

Jadi membawa timer mesin cuci yang lama ini akan memudahkan Anda tanpa harus repot menjelaskan ke karyawan toko. Selain di toko listrik atau elektronik, Anda juga bisa membeli timer mesin cuci secara online. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan mesin cuci.

4. Pasang timer mesin cuci

Setelah mendapatkan timer mesin cuci yang baru, maka Anda perlu memasangnya ke wadah timer mesin cuci. Sambungkan semua kabel pada timer dengan mesin cuci dan pastikan kabel tidak saling bersinggungan. Cek dengan menyambungkan mesin cuci ke stop kontak.

Apabila putaran motor mesin cuci dan pulsator bekerja dengan normal, berarti pemasangan kabel timer mesin cuci sudah benar. Cara memperbaiki timer mesin cuci LG yang sudah benar pemasangannya ini perlu dirapikan dulu sambungannya. Gunakan juga isolasi bakar untuk mencegah kabel bersentuhan maupun konsleting arus listrik.

Lakukan pembautan pada tempat timer mesin cuci dengan benar. Pasang tombol putar pada timer mesin cuci dan posisikan tanda panahnya pada angka 0.

Itulah beberapa langkah yang diperlukan untuk mengganti timer mesin cuci yang sudah rusak dan tidak berfungsi. Cara memperbaiki timer mesin cuci ini mungkin dapat Anda praktekan sendiri di rumah. Namun bagi Anda yang tidak mau repot, ada jasa service mesin cuci yang bisa diandalkan untuk memperbaikinya.

Anda bingung mencari jasa service mesin cuci yang bagus? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan gunakan fitur pencarian untuk menemukan pilihan layanan jasa terbaik yang Anda butuhkan. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan