Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus dan Tips Mengembalikannya

Beberapa pengguna Facebook mungkin menghapus chat messenger secara berkala. Ternyata di antara pesan teks di chat messenger tersebut ada yang penting kemudian tak sengaja terhapus. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba dengan mudah untuk cara melihat chat messenger yang sudah dihapus dari perangkat.

chat messenger facebook

Anda bisa mengetahui apa isi pesan chat messenger yang sudah terhapus dengan menggunakan beberapa cara yang mudah untuk dilakukan berikut ini.

1. Via browser komputer PC

Cara untuk mengembalikan chat messenger yang terhapus dengan menggunakan browser bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer sekaligus untuk cara melihat riwayat chat messenger yang sudah dihapus.

Caranya adalah dengan membuka akses media sosial Facebook menggunakan browser komputer. Lakukan login dengan akun Facebook Anda, lalu pilih menu pengaturan yang terdapat pada bagian kanan pojok bagian atas laman Facebook.

Lalu lakukan login kembali ke menu “Your Facebook Information” kemudian pilih menu “download your information” untuk memberikan centang di menu message dan klik opsi Create File. Tunggu prosesnya hingga laman menampilkan menu “Download” kemudian klik pada menu tersebut. Dapatkan file dengan format Zip yang sudah terunduh, di dalamnya terdapat semua pesan chat messenger yang sudah terhapus.

Baca juga: 3 Cara Agar Status WA Tidak Pecah Saat Diunggah

2. Periksa obrolan yang diarsipkan

Beberapa pengguna memilih untuk mengarsipkan obrolan yang terjadi di chat messenger khususnya ketika pesan tersebut sudah lama tak diakses atau terjadi kerusakan HP. Nah jika ingin mengetahui chat messenger yang sudah terhapus di Facebook bisa melakukan cara melihat chat messenger yang sudah dihapus di iPhone berikut ini.

Buka aplikasi Facebook untuk kemudian lakukan login pada Facebook messenger, kemudian klik sebuah ikon yang terletak di bagian pojok kanan bagian atas pada jendela messenger Facebook Anda. Pilih menu Archived Threads yang tampil pada menu drop down dan Anda akan melihat beberapa pesan chat messenger yang sudah terhapus sebelumnya.

3. Via pengaturan Facebook

Untuk menggunakan cara melihat chat messenger Facebook yang sudah dihapus sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, di mana Anda hanya perlu untuk login terlebih dahulu ke aplikasi Facebook dengan akun Anda.

Setelah itu masuk ke menu Pengaturan Facebook untuk memilih Akses Informasi Anda. Di menu tersebut Anda bisa menghilangkan tanda centang pada beberapa menu yang dianggap tak perlu atau kurang penting.

Cara melihat chat messenger yang sudah dihapus dengan berikan tanda centang pada menu Pesan. Lakukan pengaturan rentang tanggal yang diubah menjadi Semua Data saya, dengan menggunakan kualitas media yang tinggi dan dengan format HTML.

Setelah itu lakukan Buat File, tunggu beberapa menit hingga muncul notifikasi pemberitahuan lalu tunggu hingga prosesnya selesai baru bisa mengunduhnya untuk kemudian melakukan ekstrak file pesan chat messenger yang terhapus.

4. Gunakan Aplikasi ES Explorer

Ada cara lain untuk melihat pesan messenger yang terhapus, yaitu menggunakan pihak ketiga, ES File Explorer. Aplikasi ini bisa mengembalikan pesan yang dihapus atau terhapus. Berikut ini beberapa langkahnya:

  • Silakan unduh dan pasang aplikasi ES File Explorer di perangkat Android Anda.
  • Buka penyimpanan telepon dan cari folder Android yang berisi semua data aplikasi di Android.
  • Setelah itu, cari file data di dalam folder android dan kamu akan menemukan folder “com.Facebook.orca” yang merupakan milik Facebook Messenger.
  • Untuk menemukan file cadangan Facebook yang sudah tersimpan secara otomatis, klik folder cache dan cari folder “fb_temp”.

5. Meminta Salinan dari Pengirim Pesan

Anda juga bisa meminta salinan pesan dari si pengirim. Pesan tersebut bisa berbentuk file. Pesan tersebut bisa di-export dan dikirimkan kepada Anda. Hal itu bisa dilakukan dengan catatan si pengirim pesan belum menghapus pesannya.

Hal Penting dalam Cara Melihat Chat Messenger yang Sudah Dihapus

Mengingat cara tersebut di atas dilakukan dengan menggunakan akses internet, maka sebelum melakukannya sebaiknya pastikan akses internet Anda cukup stabil. Sehingga proses mengembalikan chat messenger yang sudah terhapus bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa kesulitan berarti.

Itulah ulasan singkat tentang bagaimana cara melihat chat messenger yang sudah dihapus dalam media sosial Facebook. Jika Anda sedang mencari jasa layanan dan informasi di bidang digital terdekat, maka bisa mengunjungi laman situs Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan jasa yang direkomendasikan.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Suwun yang tersedia secara gratis dan mudah untuk diinstal via Play Store atau App Store untuk menikmati layanan serta fitur lengkapnya. Cari layanan jasa? Ke Suwun aja yuk.

Artikel yang Direkomendasikan