Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

Terhubungnya laptop dengan jaringan WiFi memang membuatnya bisa digunakan untuk banyak hal seperti browsing, mengakses aplikasi bahkan ada beberapa laptop yang memang didesain memiliki aplikasi yang hanya bisa berjalan dengan koneksi internet. Jika terjadi kendala tersebut maka ketahui terlebih dahulu, kenapa laptop tidak bisa connect WiFi?

Ketahui Alasan Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Ketika sebuah perangkat tak bisa terhubung dengan WiFi maka bisa menghambat pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan tentang kenapa WiFi di laptop tidak bisa connect. Misalnya karena akses WiFi yang bisa tersambung terdapat pembatasan, masalah pengaturan akses WiFi hingga kesalahan konfigurasi laptop.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah yang terjadi ketika laptop tak bisa terhubung dengan WiFi.

  1. Terjadi eror pada jaringan

Apabila Anda sedang menggunakan laptop kemudian tiba-tiba terdapat notifikasi yang memberitahukan bahwa kenapa laptop Asus tidak bisa connect WiFi adalah karena terjadi eror atau kerusakan sistem jaringan WiFi . Untuk itu, sebaiknya tetap tenang dan hindari langsung mengecek pengaturan jaringan WiFi untuk melakukan pengubahan.

Karena jika tak terhubungnya laptop dengan WiFi bukan karena ada kesalahan dalam sistem laptop, Anda bisa memperbaikinya dengan mudah dan cepat yaitu hanya dengan mengaktifkan mode pesawat terbang di laptop selama beberapa waktu lalu menon-aktifkannya kembali. Cara ini efektif untuk memperbarui jaringan WiFi sehingga bisa normal kembali.

Baca juga: 8 Cara Merawat Laptop agar Lebih Tahan Lama

  1. Lakukan pengaturan ulang

Terkadang alasan kenapa laptop tidak bisa connect WiFi Windows 7 adalah karena masalah laptop yang tak bisa mendeteksi atau mengenali alamat IP address dan DNS server yang berasal dari hotspot WiFi yang digunakan. Jika hal itu terjadi maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

Cek menu notification area, jika terdapat pemberitahuan Unidentified Network maka cari tanda WiFi yang biasanya terletak di bagian bawah kanan layar. Klik nama jaringan WiFi yang digunakan atau sudah pernah terhubung sebelumnya, pilih menu Disconnect. Tunggu beberapa saat untuk kemudian menghubungkan kembali laptop dengan jaringan WiFi dengan klik Connect.

  1. Terjadi pembatasan akses WiFi

Kenapa laptop Acer tidak bisa connect WiFi juga bisa terjadi ketika pengaturan jaringan WiFi disetting dengan pembatasan unit akses yang bisa terhubung. Jika terdapat pembatasan, maka secara otomatis jika jumlah perangkat yang terhubung sudah melebihi kuota maka laptop tak akan bisa terhubung.

Untuk mengatasinya Anda bisa masuk ke menu Start untuk akses menu Control Panel kemudian pilih menu Network and Internet, klik pada menu Network and Sharing Center. Lalu pada jendela Manage Wireless Networks muncul tampilan berupa cache data dari jaringan WiFi yang sudah pernah terhubung dengan laptop. Hapus semua cache WiFi dengan klik menu Remove. Laptop pun bisa terhubung dengan WiFi kembali.

Alternatif Cara Untuk Atasi Kendala Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun tetap tak membuat laptop terhubung dengan WiFi maka kemungkinan perlu dicoba alternatif lainnya. Misalnya mengecek pengaturan pada driver network laptop yang mana jika terdapat masalah akan menunjukkan tanda berwarna kuning pada network adapter.

Sekian ulasan singkat tentang beberapa cara untuk mengatasi kendala kenapa laptop tidak bisa connect WiFi. Kunjungi situs Suwun.co.id untuk mendapatkan banyak sekali rekomendasi layanan jasa terdekat dari kantor atau tempat tinggal Anda.

Misalnya jika Anda sedang membutuhkan jasa perbaikan jaringan WiFi , bisa langsung menghubungi jasa terkait untuk segera mendapatkan layanan yang dibutuhkan. Aplikasi Suwun juga bisa diunduh dengan mudah dan gratis melalui App Store atau Play Store untuk mendapatkan informasi beragam layanan jasa hanya dalam genggaman tangan Anda.

Artikel yang Direkomendasikan