Cara Membuat Background Blur di Zoom Via Laptop, Android Hingga iPhone

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Zoom, pastinya tahu bahwa aplikasi tersebut sudah memiliki fitur yang bisa membantu pengguna untuk menjaga privasi pada saat video call, rapat atau lainnya. Cara membuat background blur di Zoom sangat membantu untuk menyembunyikan tampilan latar belakang pengguna yang sedang melakukan Zoom yang mungkin bersifat privasi.

Beberapa pengguna yang sudah update aplikasi ke versi yang terbaru bisa langsung mengaktifkan fitur untuk membuat background blur di Zoom. Namun tidak bagi mereka yang belum update aplikasi, harus dilakukan pengaturan khusus sehingga bisa tetap menikmati fitur tersebut selama menggunakan aplikasi Zoom.

Panduan Cara Membuat Background Blur di Zoom dengan Beragam Perangkat

Berikut panduan cara untuk membuat background blur atau buram dengan menggunakan beberapa perangkat seperti laptop, HP Android hingga iPhone.

  1. Via laptop atau komputer

Tutorial pertama adalah menggunakan laptop atau komputer. Anda bisa melakukan pengaturan untuk cara membuat background blur di Zoom laptop sebelum video meeting dengan aplikasi dilakukan. Caranya adalah dengan masuk terlebih dahulu ke aplikasi Zoom yang sudah terinstal kemudian klik ikon Profil di bagian kanan atas layar.

Setelah masuk ke menu Profil, masuk ke menu Setting untuk memilih opsi Background & Filter di mana Anda akan menemukan menu Blur untuk mengaktifkan latar belakang menjadi buram atau blur.

Bagaimana jika sudah terlanjur memulai video meeting? Anda bisa langsung mengaktifkan fitur dengan klik tombol panah yang ada di samping tombol Start atau Stop Video. Setelah itu cara membuat background blur di Zoom dengan klik menu Blur My Background agar latar belakang buram.

Baca juga: Microphone Zoom Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya yang Efektif

  1. Via HP Android

Berikutnya adalah cara membuat background blur di Zoom HP Android, Anda perlu memastikan terlebih dahulu aplikasi Zoom yang terinstall merupakan versi terbaru. Kemudian buka aplikasi Zoom dan masuk ke ruang video meeting. Setelah itu, di laman Video Preview, klik opsi Change Virtual Background untuk mengaktifkan fitur Blur di tampilan Zoom video meeting.

Biasanya pengaturan tersebut akan berlaku secara otomatis pada setiap video meeting yang dilakukan berikutnya. Jika Anda ingin menon-aktifkan fitur Blur tersebut maka bisa memilih menu None yang terdapat di pengaturan background aplikasi Zoom.

  1. Via HP iPhone

Lalu bagaimana cara membuat background blur di zoom melalui perangkat iPhone? Caranya bisa dilakukan dengan syarat aplikasi sudah menggunakan versi 5.66 atau lebih baru. Untuk mengaktifkan fitur Blur di aplikasi Zoom hanya bisa dilakukan setelah pengguna masuk dan bergabung di sebuah video meeting yang diikutinya.

Dengan masuk ke aplikasi Zoom kemudian setelah meng-klik tombol Gabung, Anda akan menemukan tombol “Lainnya” yang ada di bagian bawah tombol navigasi aplikasi. Klik menu Background and Filters kemudian klik Blur. Pengaturan ini berlaku secara otomatis untuk semua pertemuan Zoom berikutnya.

Alternatif Cara Membuat Background Blur di Zoom

Selain menggunakan cara di atas, ada alternatif lainnya untuk membuat tampilan latar belakang selama video meeting dilakukan menjadi blur. Di antaranya dengan menggunakan gambar latar belakang yang disetting menjadi tampilan virtual background video meeting atau dengan menggunakan  fitur “I Have a Green Screen”.

Sekian tutorial untuk cara membuat background blur di Zoom. Jika Anda membutuhkan jasa kursus komputer seputar cara menggunakannya, maka akan membutuhkan tutor yang andal, profesional dan berpengalaman.

Gunakan layanan situs Suwun.co.id untuk mendapatkan jasa kursus komputer terdekat yang dibutuhkan. Selain itu Anda pun bisa download dan install aplikasi Suwun dari App Store atau Play Store dengan semua fitur lengkapnya. Yuk segera unduh aplikasi secepatnya!

Artikel yang Direkomendasikan