5 Tips Berfoto Keren saat Solo Travelling

tips-berfoto

Bagaimana tips berfoto agar tetap terlihat keren? Simak di sini!

Mungkin kamu seorang yang lebih menyukai traveling seorang diri, menjajaki beragam tempat baru tanpa ditemani siapa pun. Merasakan sensasi kebebasan yang jarang didapat. Tetapi, ada kalanya sebagai orang yang melakukan perjalanan sendiri, kamu sering dibuat gemas dengan dua hal berikut ini: yang pertama, ke toilet umum sementara kamu membawa barang banyak, yang pastinya bikin bingung hendak ditaruh di mana barang-barang itu atau pada siapa kamu menitipkannya. Yang kedua, kamu juga sering gigit jari ketika dihadapi dilema karena tidak bisa berfoto dengan leluasa.

Padahal, sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau sebuah foto diri saat traveling akan membawa rasa kebanggaan tersendiri. Sayangnya, selfie bukanlah pose terbaik untuk mengabadikan secuil kenanganmu. Kamu tidak mendapat komposisi gambar terbaik jika nekat melakukannya. Jadi buanglah jauh-jauh pikiran untuk merogoh kantung, mengeluarkan kamera, lalu menjepret diri sendiri.

11 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Solo Traveling

Lantas, apa yang sebaiknya harus kamu lakukan? Ini dia tips berfoto agar tetap keren walau solo traveling.

1. Pake Tripod dan Tongsis + Timer

Jika foto di wisata alam yang tidak banyak pengunjung, kamu sangat membutuhkan alat penunjang foto, seperti tripod atau tongsis. Tripod sangat penting untuk menopang kamera mengambil panorama yang lebih luas dan tajam tanpa shaking. Sementara tongsis juga diperlukan untuk kamu yang ingin selfie dengan pemandangan lebih luas. Kini, tripod dan tongsis sudah dikemas dengan sangat praktis dan fleksibel hingga mudah dibawa kemana-mana.

Sebagian besar smartphone, kamera, dan GoPro kini memiliki mode timer, yang pastinya sangat bagus digunakan untuk foto perjalanan solo, terutama jika Anda ingin seluruh tubuh Anda dapat terfoto. Seandainya pengaturan ini tak ada pada ponsel pintar Anda, ada banyak apps yang dapat diunduh untuk melakukan foto dengan mode timer.

Satu-satunya yang perlu Anda lakukan adalah mencari sesuatu yang dapat menyangga telepon genggam Anda, kemudian cari sudut pandang yang bagus, tekan timer-nya dan berlarilah sebelum hitung mundur selesai.

2. Coba Teknik Foto yang Unik

Setelah menemukan orang yang tepat untuk kamu mintai tolong, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari tempat kreatif untuk berfoto. Buat kamu yang ingin sensasi berbeda dalam fotomu, latar seperti puncak pegunungan atau pantai mungkin sudah membuatmu bosan. Kamu bisa mengambil tempat-tempat lain yang masih berada di sekitar lokasi. Tentunya jika kamu traveling ke gunung atau pantai, hal-hal menarik dan unik tidak hanya seputar itu saja kan? Mungkin kamu bisa mencoba berfoto di dekat dermaga atau di deretan pepohonan yang menciptakan suasana dramastis. Teknik foto yang unik juga bisa diterapkan di sini. Jika kamu tidak ingin hanya difoto dalam pose berdiri, tersenyum lebar, dan mengacungkan dua jari, kamu bisa melakukan teknik levitasi.

Yang perlu diperhatikan sebelum mulai berfoto, jangan lupa taruh dulu barang-barangmu di area yang terjangkau pandangan. Tentunya kamu tak ingin berfoto bersama bawaan yang banyak sekali itu, kan? Karena itu, ikutilah tips berfoto ini!

3. Minta Tolong Orang

Meminta tolong orang sekitar untuk mengambil foto diri kamu adalah cara manual termudah. Tidak usah ribet membawa alat penunjang foto selfie, kamu hanya perlu siapkan kamera dan keberanian untuk berbicara dengan orang asing. Yang penting kamu harus tetap perhatikan lingkungan sekitar dan orang yang akan kamu minta tolong. Sebaiknya tidak meminta foto saat lingkungan sedang sepi untuk menghindari kejadian yang tidak mengenakkan.

Tunjukkanlah sikap ramah ketika meminta tolong. Beritahu posisi kamera yang tepat untuk membidik diri kamu dan latar belakang foto. Usai berfoto, kamu bisa menawarkan bantuan juga untuk gantian mengambil gambar orang asing tersebut.

4. Pakai Action Camera

Berat bawa kamera professional seperti DSLR? Kamu wajib mempertimbangkan action camera yang berukuran kecil dan praktis dibawa kemana aja. Dengan ketahanan casing yang kuat, kamu tidak perlu takut untuk menggunakan kamera satu ini ketika melakukan aktivitas berat, seperti hiking, menyelam, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Kualitas kamera pun tidak usah diragukan karena beberapa action camera mampu menciptakan ketajaman gambar dengan resolusi 720p hingga 4K (3840 x 2160).

5. Jangan lupa berpose dengan berbagai gaya dan gerakan biar kamu makin terlihat ‘hidup’.

Jangan cuma berdiri kaya patung seperti saat ngambil Pas Foto 4×5. Fotomu akan terlihat kaku dan membosankan. Kamu sedang foto liburan bukan bikin SIM. Berubahlah dari Lusuhnista menjadi Fashionista. Pakai kostum dan sepatu terbaikmu, rapikan rambut dengan gel, putar dan dongakkan kepala sedikit ke atas, sampingin sedikit posisi badan. Khusus cewe, bisa mengibaskan rambut dan menggigit kecil bibir bawah biar makin sexy.

Every detail matters. Berdiri tegak, lalu mainkan pose badan dan tangan, lekukkan salah satu kaki sedikit, show your body curve, rentangkan kedua tangan sambil tersenyum lebar, masukkan tangan ke kantong jacket, tiduran diatas salju, pretend to be candid.

Masih banyak lagi pose yang bisa kamu lakukan dengan kreatif! show your best self! Kalo perlu siapkan jajanan lalu berpose dengannya, biar kaya endorser sejati. Walaupun pada akhirnya snack itucuma kamu makan sendiri.

7 Alasan Solo Traveling Mengasyikkan - Tays Bakers

Nah, itu tadi 5 tips berfoto agar tetap terlihat keren meskipun sedang solo traveling. Selamat mencoba! Yuk, cari jasa tour guide di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan