Tips Mencuci Pakaian di Hotel Saat Travelling

cara-cuci-pakaian

Bagaimana cara mencuci pakaian di hotel? Simak tipsnya di sini!

Jika Anda ingin bepergian secara ringan alias membawa baju dalam jumlah sedikit, maka Anda perlu tahu cara mencuci selama traveling. Cara termudah memang memanfaatkan jasa laundry yang disediakan hotel. Namun, Anda perlu merogoh kocek yang dalam. Jadi, cara termudah sekaligus hemat adalah mencuci sendiri. Anda bisa mencuci baju di kamar mandi yang tersedia di kamar hotel. Selain berhemat, Anda juga tidak perlu membawa baju dalam jumlah yang banyak. Strategi mencuci sendiri saat traveling sangat cocok jika Anda bepergian lebih dari tiga hari. Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin mencuci baju sendiri selama traveling. Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin mencuci baju sendiri selama traveling.

1. Bawa deterjen di kemasan kecil

10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020) | mybest

Pastikan Anda membawa deterjen dalam kemasan kecil saat traveling. Di Indonesia, deterjen dalam bentuk sachet mudah dibeli di warung-warung. Anda bisa membawa sendirinya dari rumah dengan mengemas deterjen bubuk dalam plastik-plastik kecil. Beberapa orang lebih memilih deterjen bubuk untuk mencuci selama traveling. Sebab, khawatir jika deterjen cair mudah tumpah dan mengotori tas atau koper. Saya pribadi lebih menyukai deterjen cair karena lebih mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan sisa-sisa deterjen seperti halnya deterjen bubuk.

Jika Anda memilih membawa deterjen cair, pastikan Anda menaruhnya di botol plastik kecil  dengan tutupan rapat. Lalu taruh botol ini di dalam plastik ziploc ukuran besar. Plastik ziploc tidak hanya berfungsi agar cairan deterjen tetap terjaga, tetapi juga berguna saat mencuci.

Deterjen cair cocok dibawa untuk traveling domestik. Jika bepergian ke luar negeri, lebih baik membawa dalam bentuk bubuk karena ada aturan ketat membawa cairan dalam pesawat ke luar negeri.

2. Mencuci di wastafel

Ingin merendam pakaian, tapi nggak ada ember? Manfaatkan saja wastafel di hotel. Tips mencuci pakaian di hotel ini nggak ribet, kok!

Biasanya, wastafel hotel dilengkapi penyumbat air, bukan? Nah, sumbatlah wastafel lalu isi dengan air secukupnya.

Setelah itu, tuangkanlah deterjen ke wastafel dan kocok-kocok. Jika sudah berbusa, kamu bisa mulai mencuci pakaian di dalamnya seperti biasa, deh!

3. Menggunakan ziplock

tips perawatan pakaian

Plastik ziploc memiliki perekat yang bisa dibuka dan ditutup. Anda tinggal memasukan baju seperti kaus atau pakaian dalam ke dalam plastik. Jadi pastikan membawa plastik ziploc ukuran besar yang bisa memuat minimal satu kaus lengan pendek Anda.

Setelah kaus dimasukan dalam plastik, tuang sedikit deterjen dan air secukupnya. Lalu tutup plastik dan kocok-kocok beberapa waktu. Kemudian bilas kaus dan gantung agar kering. Teknik ini tidak bisa diterapkan pada celana panjang terutama yang berbahan kaku (seperti celana jins), jaket, dan baju-baju tebal lainnya.  

4. Bilas dengan shower

cara mencuci pakaian

Ketika mencuci baju di hotel saat liburan, tentunya kamu ingin cepat selesai dan praktis bukan? Nah, shower kamar mandi bisa kamu manfaatkan, nih!

Gunakanlah shower untuk memastikan pakaianmu sudah bersih dari sisa deterjen setelah dicuci. Tekanan air yang kencang dari shower bisa meluruhkan sisa deterjen dan kotoran dari pakaian lebih cepat, tuh!

Baca Juga: Tips Memilih Pemandu Wisata Terbaik

5. Peras pakaian menggunakan handuk

cara cuci pakaian

Tips mencuci pakaian di hotel saat liburan selanjutnya adalah menggunakan handuk untuk mengeringkan lebih cepat. Cara ini cukup efektif karena handuk yang tebal mampu menyerap banyak air.

Caranya: letakkanlah pakaian basah di atas handuk besar. Lalu pilinlah gulungan handuk perlahan sambil ditekan. Dengan begini, air dari pakaian akan terperas dan terserap oleh handuk.

6. Manfaatkan pengering rambut (Hairdryer)

cara mencuci pakaian di hotel

Jika benar-benar kehabisan baju, Anda bisa mengeringkan baju dengan hairdryer. Peras baju hingga benar-benar kering lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, keringkan dengan hairdryer.

Caranya adalah gantung pakaianmu di suatu tempat menggunakan hanger baju. Lalu, kamu cukup arahkan pengering rambut ke pakaian sambil dikibas-kibaskan agar cepat kering. Trik ‘kepepet’ ini cukup efektif, lho!

7. Jemur baju Anda

Hampir setiap kamar hotel atau hostel memiliki beberapa pilihan untuk menggantung cucian jika Anda cukup kreatif, misalnya pembatas tempat tidur. Atau barangkali Anda membawa hanger dari rumah? Namun, pastikan Anda mencari tahu di mana Anda akan menggantung baju Anda sebelum dibasahi.

Lebih baik mencuci pakaian saat malam hari. Mengapa? Tentu saja agar kamu bisa segera menggunakannya besok pagi saat jalan-jalan. Yuk, cari jasa cuci pakaian di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan