Tips Memilih Jasa Pembuatan Web Design

jasa-pembuatan-web

Ingin memilih jasa pembuatan web? Simak tipsnya terlebih dahulu!

Kebutuhan akan jasa web design beberapa tahun belakangan ini memang semakin meningkat. Hal tersebut merupakan dampak dari semakin maraknya teknologi digital berbasis internet yang digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hampir semua urusan di zaman sekarang dilakukan dengan cara digital yang membuat semakin banyaknya orang, organisasi ataupun perusahaan yang memilih untuk menggunakan website.

Website Development and Digital Marketing Company for Startup – DVS & Team  Blogs

Setiap sebab pasti akan mendatangkan akibat sebagaimana supply dan demand. Kebutuhan akan web designer membawa celah kesempatan tumbuhnya jasa pembuatan website yang sekarang mulai banyak tersebar di berbagai tempat. Hanya saja tidak semua penyedia jasa tersebut mampu memberikan pelayanan yang baik dan hasil yang memuaskan. Jadi sebagai calon klien Anda harus mengetahu trik bagaimana memilih yang terbaik.

Baca Juga: Cara Membuat Desain Produk Menarik

Tips Memilih Jasa Pembuatan Web Design Professional

Trustme | Tool dan Service Web Desain Responsif

Nah, sebelum kalian terjebak di satu agency tertentu, akan lebih baik kalau cari tahu dulu. Ini penting, apalagi jika kalian ingin punya tampilan website professional. Uraian berikut bisa bantu kalian menemukan satu jasa pembuatan website yang cocok sesuai selera.

1. Perhatikan Tampilan Website Agency

Don’t judge the book by its cover. Tapi, mari sejenak kalian hiraukan petuah bijak ini. Semisal tampilan situs penyedia jasa pembuatan website tak menarik, apalagi yang bisa kalian harap dari agency ini. Dan inilah cara paling mudah menilai sebuah agency.

Tapi, ukurannya tak melulu di tampilan yang keren. Bisa saja desain website dibuat biasa supaya lebih ringan saat loading, atau demi kepentingan SEO. Yang terbaik, cari situs yang punya tampilan keren plus loading cepat. Itu bukti kecil kalau mereka benar-benar ahli di bidangnya.

Percaya atau tidak, desain web yang unik bisa menarik visitor jadi customer. Rata-rata, cuma butuh 90 detik untuk menilai, dan 75% visitor akan menilai suatu produk atau jasa berdasar pada tampilan website. Begitu bunyi survey yang dimuat di salah satu laman Entrepreneur.

2. Pastikan Ada Garansi

Idealnya, agency professional tak cuma fokus bikin website saja. Mereka juga akan memberi garansi atau jaminan kalau website buatan mereka benar-benar bisa diandalkan. Klaim atau garansi bisa memberi kalian rasa aman.

Semisal ada error code saat install plugin, agency siap kapanpun menangani masalah seperti ini. Hanya saja, pastikan kalau garansi yang diberi bersifat gratis. Karena tak jarang agency meminta biaya tambahan dengan mengatakan error yang terjadi terlalu parah.

Gangguan teknis di website bisa terjadi kapanpun, dan garansi juga harus mencakup masalah seperti ini. Sebagai konsumen, kalian berhak tanya atau bahkan meminta garansi. Jangan takut dianggap cerewet, karena ini merupakan hak yang harus kalian dapat.

3. Kelengkapan Fitur yang Disediakan

Agency satu pasti menawarkan fitur berbeda dari agency lain. Wajar, ini karena persaingan usaha antar jasa pembuatan website yang makin marak. Dari sekian banyak, pilih satu agency yang menawarkan fitur yang sekiranya kalian butuh di website.

Kualitas website dinilai dari fitur yang diterapkan, dan ini harus kalian pelajari. Fitur yang mumpuni bisa meningkatkan kinerja website kalian di peramban. Dan jelas, ini akan membantu sekali meningkatkan rating website kalian di mesin pencari.

Untungnya, banyak jasa pembuatan website yang menjelaskan fiturnya secara gamblang ditiap daftar paketnya. Tugas kalian cuma cari tahu, fitur apa yang sekiranya tepat sesuai kebutuhan website? Lagi-lagi, bertanya adalah langkah tepat.

4. Keamanan Data

Isu paling santer di dunia online yaitu keamanan data. Memang, tak ada yang sempurna di ranah maya, semua pasti ada celah atau bug yang bisa disusupi siapapun. Meski tak akan setenar kasus Cambridge Analytica, tapi ini harus jadi perhatian serius.

Kalian pasti tak ingin database yang berisi seluruh file website terekspos. Yang tak kalah penting, bagaimana tanggung jawab agency jika masalah seperti ini terjadi. Pastikan kalian tahu lebih detil tentang isu keamanan data dari agency tersebut.

5. Apa Ada Biaya Maintenance?

Kebanyakan agency menarik biaya maintenance pada bulan pertama sebagai bagian dari layanan, tapi ada juga yang tahunan. Tergantung paket yang diambil, kalian bisa mengambil paket sebatas pembuatan website saja atau plus maintenance.

Ini yang harus kalian pahami jika tak ingin ribut-ribut masalah invoice. Tegaskan, berapa lama maintenance yang didapat, juga adakah biaya tambahan untuk ini. Maintenance bisa mencakup apapun, termasuk saat plugin dalam wp-admin minta upgrade.

6. Memperhitungkan Biayanya

Sebagai pembeli atau pengguna jasa tentunya wajar kalau Anda menanyakan terlebih dahulu tentang harga. Seberapa besar biaya yang harus Anda bayarkan untuk menyewa jasa web design tersebut dan jenis layanan apa saja yang akan diberikan. Tidak ada salahnya juga kalau Anda mencari informasi tentang hal ini tidak hanya pada 1 penyedia jasa saja sebagai perbandingan. 

Setelah semuanya jelas barulah Anda bisa memilih mana yang bisa memberikan pelayanan yang sepadan dengan harga yang harus dibayarkan. Tidak ada kata mahal kalau memang apa yang kita keluarkan akan sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan serta sesuai dengan kebutuhan.

7. Lihat Portfolio dan Rekomendasi Teman

Kalau masih merasa bingung untuk memilih penyedia jasa pembuatan web yang bagus dan berkualitas Anda bisa menggunakan cara yang sebenarnya cukup mudah. Lihat saja portfolio yang dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa tersebut, apa saja yang pernah mereka buat dan bagaimana hasilnya.

Anda bisa juga memilih jasa web design terbaik dengan bertanya pada teman atau kenalan yang pernah membuat website. Mintalah rekomendasi dari kenalan atau teman Anda tersebut dimana bisa menemukan jasa pembuatan website yang bagus dan berkualitas. Biasanya rekomendasi dari orang yang pernah menggunakan jasa pembuat website akan lebih obyektif dan bisa dipertanggungjawabkan.

7 Tantangan Terbesar Dalam Membuat Desain Website - Blog & Articles Mark  Design - Jasa Pembuatan Website Surabaya Jakarta

Pada akhirnya, keputusan untuk memilih satu jasa pembuatan website ada di tangan kalian. Tapi, agency apapun yang kalian sewa, setidaknya barus memiliki unsur-unsur penting di atas. Sekali lagi, ini bukan kontes mencari pasangan hidup, jadi tak harus ribet untuk menemukan satu agency yang tepat.

Anda sedang mencari jasa layanan Web Design?

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april