Macam-macam Ukuran Kabel Lengkap

ukuran-kabel-lengkap

Sebagian orang mungkin belum mengenal ukuran dan jenis kabel listrik meski setiap hari menggunakannya. Jenis dan macam-macam ukuran kabel ini digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Penasaran apa saja ukuran kabel listrik? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda yang penasaran dengan ukuran kabel listrik beserta jenis dan fungsinya.

Macam-macam Ukuran Kabel Beserta Jenis dan Kegunaannya

Kabel listrik yang sering ditemui pada perangkat elektronik rumah tangga biasanya merupakan kabel bertegangan rendah dengan ukuran yang berbeda-beda. Berikut beberapa ukuran kabel listrik dengan jenis dan kegunaannya.

1. Kabel NYY

Jenis kabel NYY merupakan kabel listrik yang sering ditemui pada instalasi lampu taman. Harganya sedikit mahal karena memiliki banyak lapisan isolasi. Ukurannya beragam mulai dari 2,4 mm hingga 4×4 mm.

2. Kabel BC

Jenis kabel ini dikenal juga sebagai kabel penangkal petis. Kabel BC mampu menahan tegangan hingga 500 Volt. Ukurannya bervariasi, ada yang kecil dengan ukuran 6 mm hingga yang besar berukuran 500 mm.

3. Kabel NYB

Jenis-jenis kabel yang digunakan untuk pemasangan di dalam tanah biasanya memiliki isolasi yang kuat seperti kabel NYBY. Kabel listrik ini memiliki ukuran 2,5 mm untuk bagian inti kabel. Sedangkan ukuran kabel lengkap beserta tutupnya bisa 2,4 mm hingga 4×4 mm.

4. Kabel NYA

Kabel listrik NYA yang digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga merupakan kabel dengan inti tunggal berbahan tembaga yang ditutup isolasi PVC. Ukurannya bervariasi, mulai dari diameter 1,5 meter hingga 2,5 mm.

5. Kabel NYAF

Kabel dengan inti serabut ini paling cocok dipasang untuk jalur listrik yang memiliki belokan tajam. Ukuran kabel lengkap NYAF adalah 2,5 mm dengan beberapa warna isolasi. Pemasangan kabel listrik ini sebaiknya menggunakan pipa untuk melindungi dari lembap dan basah.

Baca Juga: Permasalahan Kulkas Rusak yang Sering Terjadi

6. Kabel NYM

Jenis kabel NYM biasanya digunakan untuk kabel listrik gedung bertingkat dan rumah tangga. Varian ukurannya antara 2,4 mm hingga 4×4 mm. Kabel ini tidak boleh dipasang secara tanam.

7. Kabel NYCV

NYCY merupakan salah satu tipe kabel yang paling tahan lama dan kuat. Memiliki 4 lapisan PVC yaitu insulation, outer sheathed, metallic screen, dan conductor screen yang berfungsi untuk melindungi bagian konduktor. Jenis kabel yang dirancang untuk penggunaan outdoor maupun di dalam tanah ini memiliki ukuran 4,4 mm.

8. Kabel NYMHYO

Kabel ini sering digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga. Ukurannya 3 x 2,5 mm yang terbuat dari tembaga murni atau tembaga campuran. Kabel NYMHYO kebanyakan hanya mampu menahan tegangan listrik yang rendah.

9. Kabel AAAC

Kabel AAAC tersedia dengan pilihan ukuran kabel lengkap mulai dari 2,5 mm hingga 500 mm. Kabel yang terbuat dari campuran logam, aluminium, dan magnesium ini memiliki sifat tanti karat. Memiliki isolasi yang tebal dan cocok untuk penggunaan sebagai penghantar pada penangkal petir.

Itulah macam-macam ukuran kabel yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda seputar kabel listrik.

Mengetahui Macam-macam Ukuran Kabel Lengkap dari Tukang Listrik Profesional

Ukuran kabel sangat beragam, begitu juga dengan jenisnya, fungsinya, dan kemampuannya. Oleh sebab itu, pemasangan kabel sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan.

Jika Anda tidak terlalu paham dengan kabel listrik dan instalasinya, sebaiknya gunakan jasa tukang listrik atau yang sudah ahli. Tenang, Anda bisa mencari jasa instalasi listrik di Suwun.co.id dengan masukan jenis layanan atau jasa yang Anda butuhkan.

Pada situs Suwun akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang sesuai dengan pencarian yang sudah Anda masukan. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur selengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan